Harga Hyundai Accent, dan Spesifikasi Kelebihan Kekurangannya

Harga Hyundai Accent | Hyundai Accent hadir dengan spesifikasi yang cukup mumpuni sebagai mobil jensi sedan. 

Mobil ini memiliki banyak kelebihan namun juga tak lepas dari kekurangan. Hyundai Accent adalah mobil buatan perusahaan terkenal Hyundai dari negeri Gingseng atau Korea.

Hyundai Accent sudah sejak lama dihadirkan di Indonesia yaitu sejak tahun 1996 oleh perusahaan pemegang brand Hyundai di Indonesia yaitu PT Citra Mobil Nasional. 

Sebenarnya mobil Hyundai Accent memiliki tanam lain sebagai Bimantara Cakra. Nama Hyundai Accent baru dipatenkan pada tahun 1998 oleh PT Hyundai Indonesia.

Pada bagian mesinnya, Hyundai Accent menggunakan mesin berkapasitas mencapai 1500 cc dengan 12 katub dan 4 silinder sohc. 

Hyundai Accent
Hyundai Accent


Tidak hanya itu, mobil ini juga telah dilengkapi dengan mesin ramah lingkungan tipe injeksi. Selama perjalanannya Hyundai Accent telah mengalami perubahan sistem injeksi yang digunakan. 

Pada rentang tahun 1996 samapi tahun 1998 Hyundai Accent memakai sistem Electronic Control Fuel Injection. 

Sedangkan pada tahun 1999 hingga tahun 2001 sistem injeksi yang digunakan lebih condong pada Electronic Multipoint Injection (MPI). 

Tidak hanya ini, pada rentang tahun 1999-2001 juga terdapat pembaruan tampilan Hyundai Accent dari segi facelistnya. 

Selanjutnya pada rentang tahun 2001 hingga tahun 2003 dihadirkan mobil Hyundai Accent Verna yang memiliki tampilan luar begitu berbeda dengan versi-versi sebelumnya.

Tampilan Hyundai Accent Verna terkesan lebih kotak dengan ujung-ujungnya yang lebih tuncing. 

Tampilan Hyundai Accent
Tampilan Hyundai Accent
Selain itu desain Hyundai Accent juga terlihat lebih aerodinamis dan juga berubah 180 derajat dari tampilan sebelumnya yang terkesan membulat. 

Walaupun hadir dengan penampilan berbeda, namum Hyundai Accent Verna tetap mempertahankan mesin tipe 1.500 cc MPI 4 silinder menggunakan 12 valve. 

Untuk variannya, Hyundai Accent Verna memiliki versi Vema GLS yang lumayan mahal, dan juga melansir versi G yang memiliki harga lebih terjangkau. 

Sayang nya tipe mobil sedan ini belum memiliki teknologi power windows, tuas pembuka bagasinya dari dalam interior dan menggunakan veleg tipe alloy.

Kemudian mobil Verna ini kembali meluncurkan versinya yaitu Verna Sporty yang memiliki tampilan lebih sporty dan keren. 

Tampilan sporti ini jelas terlihat mulai dari bagian kemudi, jok mobil hingga velg alloy berukuran 16 incinya. 

Di tahun2004, Hyundai memperbarui mobil Accenya dengan mobil Hyundai new Accent Vema yang merupakan produk terbaru dari versi Verna. 

Mobbil ini memiliki tampilan yang elegan dan juga dinamis. Sedangkan untuk dapur pacunya menggunakan mesin berkapasitas 1500 cc tipe MPI SOHC. 

Di Indonesia sendiri, nama Hyundai Accent sudah tidak dipakai sejak tahun 2006 dan digantikan dengan nama Hyundai Avega pada tahun 2007 sampai saat ini. Kami sudah membahas mengenai spesifikasi Hyundai Avega pada artikel

Lalu jika kita cermati, sebenarnya seberapa tangguhkan mobil Hyundai Accent ini sebenarnya? Dan berapakah harga yang dibandrolkan untuk mobil ini? 

Pada kesempata ini Tim GarasiOtomania akan membahas secara lebih detail berkaitan dengan seluk belum mobil Hyundai Accent. Berikut ulasan lenkapnya.

Spesfikasi Hyundai Accent

Tampilan Eksterior Hyundai Accent

Pada bagian pertama ini, tim GarasiOtoMania akan membahas mengenai tampilan eksterior dari Hyundai Accent. 

Konsep mobil 90 an masih terlihat dari sisi eksterior mobil ini, walaupun sebenarnya mobil ini sudah menjadi salah satu generasi mobil tahun 2000an. 

Meskipun demikian, tampilan dari Hyundai Accent tetap menarik dipandang karena tampilannya yang sporty dan elegan. Pada setiap versinya terdapat sedikit perbedaan untuk masalah tampilan. 

Seperti perbedaan yang dibawa oleh Hyundai Accent Verna yang terlihat begitu tajam dan boxy. 

Eksterior Hyundai Accent
Eksterior Hyundai Accent
Di bagian depan mobil Hyundai Accent terdapat grill dengan bentuk persegi yang dipisahkan oleh garis memanjang yang tegas. Berjarak agak jauh dari grill ini terdapat headlamp yang tegas.

Mobil Hyundai Accent juga telah memiliki sepasang lampu kabut (foglamp) sehingga bisa digunakan untuk menerjang medan yang berkabut. Sayagnnya fitur ini baru terdapat pada versi GLLS dan belum ada pada versi G. 

Untuk mobil Hyundai Accent versi facelift nya yaitu New Accent Verna tampilan yang diusung nampak lebih elegan dan dinamis. 

Sedangkan pada bagian lampunya juga terlihat lebih bulat seperti mata ikan. Untuk foglampnya juga memakai bentuk bulat, sedangkan bagian bumpernya sedikit mengalami perubahan sehingga menjadi lebih menarik.

Tampilan Interior Hyundai Accent

Tampilan inteiror Hyundai Accent terbilang cukup sederhana. Namun kesederhanaan ini tidak membuatnya lekang dari kesan modern yang dimilikinya. 

Tombol-tombol konsol yang dimilikinya tersusun secara rapi pada bagian dashboard. Ac disematkan pada bagian tengah dan samping dashboarnya. 

Interior Hyundai Accent
Interior Hyundai Accent
AC ini dibentuk membulat untuk memberikan kesejukan ekstra. Untuk stir kemudinya memiliki tampilan yang tidak neko-neko seperti halnya pada mobil sedan lainnya. Desain stir ini dirasa cukup baik karena tidak terlihat terlalu kaku. 

Kemudian sisi interior ini didukung oleh banyak fitur penunjnag seperti halnya power steering, central lock, electric mirror, power windown serta antena electrik. Secara umum, tampilan interior Hyundai Accent terlihat sederhana namun tetap modern.

Dimensi Mobil Hyundai Accent

Setelah mengulas mengenai tampilan interior dan eksterior dari Hyundai Accent, sekarang kita akan mulai mengulas mengenai ukuran dimensi yang dimiliki oleh mobil Hyundai Accent ini. 

Ukuran mobil ini termasuk cukup mungil dan tidak terlalu besar. Pada versi mobil sedannya memiliki ukuran panjang 4.117 milimeter dengan lebar mencapai 1620 mili meter dan tinggi 1395 mili meter.

Dimensi Hyundai Accent
Dimensi Hyundai Accent
Sebenarnya ukuran ini cukup mumpuni untuk sebuah mobil tipe sedan. Ukuran seperti ini juga digunakan oleh mobil-mobil tipe sedan lain seperti halnya Honda City maupun Honda Civic.

Sedangakan untuk ukuran wheel basenya cukup panjang yaitu 2.400 mili meter atau 94,5 inchi. 

Pada bagian kaki-kakinya digunakan velg tipe alloy yang didukung menggunakan sistem suspensi Mac Pherson Strut di bagian depan dan menggunakan sistem suspensi belakang dual link independent.

Mesin Hyundai Accent

Untuk bagian mesin, dibagian pembukaan tim Garasi OtoMania Telah menyampaikan perkembangan mesin yang digunakan oleh Hyundai Accent. 

Di bagian ini akan lebih di bahas mengenai mesin yang digunakan oleh mobil Hyundai Accent X3. 

Untuk tipe ini, tenaga yang digunakan tergolong tidak terlalau besar. Tetapi tenaga kecil ini sebenarnya sudah disesuaikan dengan bobot yang memang tidak terlalu berat. 

Dengan demikian, handilng mobil tetap lincah dan pengonsumsian bahan bakar menjadi lebih irit. 

Mesin Hyundai Accent
Mesin Hyundai Accent
Namun, mobil ini memiliki sedikit kelemahan yaitu mesin sedikit mengelitik jika hanya menggunakan jenis bahan bakar preimum biasa.

Jenis mesin yang dipakai adalah tipe Alpha II dengan kapasitas 1500 cc dan memakai 4 buah silinder didukung camshaft tunggal (SOHC). 

Untuk sistem pemasok bahan bakar digunakan Electronic Control Fuel Injectio (ECFI). 

Mesin ini juga didukung dengan teknologi Electronic Multipoint Injection (MPI) sehingga bahan bakar yang digunakan bisa lebih diminimalisir. 

Untuk tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 87 tenaga Kuda di putaran 5500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 131 Nm diputaran 3500 rpm. 

Tenaga ini didukung dengan bobot yang ringan yaitu hanya 945 kg sehingga mobil akan tetap bisa melaju dengan kencang.

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Accent

Beriku ini adalah rangkuman mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Hyundai Accent.

Kelebihan Hyundai Accent

  1. Memiliki model yang luwes
  2. Mesin yang digunakan irit bahan bakar
  3. Mesin Berperforma baik
  4. Memiliki bantingan yang lumayan empuk
  5. Harga Sparepart murah dan banyak dijual
  6. Perawatan terbillang mudah
  7. Memiliki fitur yang lengkap
  8. Suasana kabin nyaman

Kekurangan Hyundai Accent

  1. Sudah mainstream digunakan sebagai taksi
  2. Memiliki mesin yang rawan jika hanya menggunakn besin biasa
  3. Ukuran bodynya terlalu kecil
  4. Ukuran kabin mobil sempit
  5. Power windows hanya ada di deapan
  6. Walaupun banyak dijual tetapi sparepart cenderung mudah rusak
  7. jaringan aftersales yang minim

Rangkuman Spesifikasi Hyundai Accent




Mesin : G4EK 1.5 liter, 4 silinder
segaris 12 katup SOHC.
Tenaga : 92 HP @5.500 RPM.
Torsi : 132 Nm @2.900 RPM.
Bore x Stroke : 75.5 mm x 83.5 mm.
Rasio kompresi : 10:1
Konsumsi BBM : 8-10 km/L (dalam kota)dan 12-14 km/L (luar kota) *perkiraan
Suspensi : Depan MacPerson Strut, belakang dual link independent.
Transmisi : Manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
Rival : Honda City GD8, Toyota Vios Gen1 serta Suzuki Baleno Next-G

Review Hyundai Accent 

Berikut ini kami juga telah menyiapkan review Hyundai Accent dalam bentuk video untuk anda. Bagi anda yang menyukai pembahasan dalam bentuk tayangan, silakan menonton ulasan ini, tetapi bagi anda yang kurang berkenan, silakan melanjutkan membaca. 




Harga Mobil Hyundai Accent Bekas

Sampailah kita pada pembahasan mengenai Harga Mobil Hyundai Accent. Untuk saat ini mobil Hyundai Accent baru sudah tidak tersedia. 

Karena seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa nama Accent telah digantikan dengan nama Hyundai Avega pada tahun 2007, sehingga saat ini yang tersedia hanyalah mobil Hyundai Accent bekas saja. Berikut ini tim GarasiOtoMania telah mengumpulkan informasi berkaitan dengan harga Hyundai Accent Bekas.



Harga Hyundai Accent GLS 1.5 M/T 1996 - 40.000.000
Harga Hyundai Accent GLS 1.5 M/T 1997 - 42.000.000
Harga Hyundai Accent GLS 1.5 M/T 1998 -  43.000.000
Harga Hyundai Accent GLS 1.5 M/T 1999 - 45.000.000
Harga Hyundai Accent GLS 1.5 M/T 2000 - 50.000.000
Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS M/T 2001 - 50.000.000
Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS M/T 2002 - 55.000.000



Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS M/T 2003 - 60.000.000
Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS M/T 2004 - 65.000.000
Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS M/T 2005 - 70.000.000
Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS M/T 2006  - 75.000.000
Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS A/T 2002 - 60.000.000
Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS A/T 2003 - 65.000.000
Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS A/T 2004 - 70.000.000
Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS A/T 2005 - 75.000.000
Harga Hyundai Accent Verna 1.5 GLS A/T 2006 - 80.000.000

Daftar Harga mobil Hyundai Accent Bekas yang kami tampilkan di atas berdasarkan berbagai sumber yang kami rangkum. 

Kemudian mungkin saja terdapat perbedaan harga ditempat anda membelinya, selain itu kami juga tidak menutup kemungkinan jika terdapat perubahan harga sewaktu-waktu.

Nah demikian ulasan kami mengenai Spesifikasi, kelebihan, kekurangan dan Daftar Harga Hyundai Accent bekas. 

Semoga ulasan kami ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lewatkan juga pembahasan kami lainnya mengenai Hyundai Elantra dan juga Hyundai Grand i10

Harga Hyundai Accent, dan Spesifikasi Kelebihan Kekurangannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi OtoMania