Harga Nissan Cefiro Baru dan Bekas serta Spesifikasi Keunggulannya

Harga Nissan Cefiro | Secara umum Nissan Cefiro memiliki banyak kelebihan yang membuatnya banyak diminati oleh pasar namun bukan berarti kelemahan Nissan cefiro tidak ada. 

Mobil yang sudah mengaspal di Indonesia sejak tahun 1990 ini seringkali mendapatkan modifikasi-modifikasi keren dari para pemilikinya. 

Nissan Cefiro di jual dengan harga yang cukup menarik karena banyak yang ingin memilikinya. Salah satu alasan mengapa mobil ini banyak diburu adalah karena konsumsi bbm Nissan cefiro yang bias dibilang sesuai dikantong pengendaranya.  

Pada tulisan ini akan secara lebih detail dibahas mengenai Cefiro A31.

Nissan Cefiro sendiri sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mobil ini pertama kali diperkenalkan oleh PT Wahana Wirawan pada kisaran tahun 1990 sampai 1991. 

Nissan Cefiro
Nissan Cefiro

Nissan Cefiro merupakan salah satu sedan Nissan yang merambah pada segmen mobil kelas premium dan dating sebagai pesaing berat untuk Toyota Corona dan Honda Accord

Walaupun saat ini mobil Nissan Cefiro sudah tidak terlalu terkenal, namum mobil ini dulunya memiliki fitur yang cukup canggih dibandingkan dengan kedua pesaingnya itu. 

Fitur-fitur yang dijejalkan pada mobil ini benar-benar membuat nya istimewa pada saat itu. 

Menurut Vice President NMI, Nissan Cefiro merupakan mobil canggih yang memiliki banyak fitur keren yang bahkan belum dimiliki oleh mobil-mobil pesaingnya.

Sebagai contoh dari fitur yang dimilikinya adalah pada bagian suspense yang digunakannya. Mobil ini sudah menggunakan double shockbreaker yang mengandung oli dan angina serta sensor sonar yang mampu untuk mnegatur secara otomatis suspense yang digunakan sesuai dengan kontur jalan yang dilalui. 

Fitur suspensi ini merupakan salah satu fitur yang diunggulkan oleh Nissan Cefiro. Sistem suspense ini dapat menegang secara otomatis di jalanan dengan kontur yang rata. 

Apalagi saat anda memacu kendaraan dengan cepat, maka suspense akan mengencang sehingga kesetabilan mobil akan meningkat. 

Tidak hanya itu, mobil ini juga sudah menggunakna auto air conditioner dan headlamp yang akan meningkatkan kenyamanan pengemudinya saat mengendalikan Nissan Cefiro. 

Kemudian untuk mesin yang digunakan juga tidak main-main. Nissan Cefiro menggunakan mesin dengan 6silinder halus yang berkualitas. 

Sayangnya pada saat itu, fitur-fitur yang ditawarkan bias dibilang terlalu canggih sehingga para konsumen belum siap untuk menggunakan kemajuan itu.

Untuk masalah harga Nissan Cefiro baru pada saat itu sebenarnya sudah sangat sesuai dengan kualitas yang ditawarkan yaitu pada kisaran 90 jutaan. 

Namun bagi sebagian besar konsumen harga itu terkesan agak mahal. Hal ini tentunya karena mereka belum siap dengan berbagai fitur unggulan yang dimiliki oleh Nissan Cefiro. 

Nah untuk saat ini mobil Nissan Cefiro telah banyak dijual sebagai barang second yang cukup banyak diminati oleh pecinta otomotif tanah air. 

Pada tulisan ini kami tim GarasiOtoMania akan membahas secara lebih mendetail mengenai spesifikasi dan harga mobil Nissa Cefiro A31 sebagai salah satu seri yang paling diminati oleh konsumen. Berikut spesifikasi lengkap dari Nissan Cefiro.

Spesifikasi Nissa Cefiro A31

Nissan Cefiro versi A31 merupakan jenis mobil sedan dengan ukuran midsize yang diproduksi hingga tahun 1994. Mobil ini mirip dengan saudaranya yaitu Nissan Skyline GTR R32 dan juga Laurel C33. 

Perbedaan mendasar antara Nissan Cefiro dan Sykline GTR R32 adalah pada segmen depannya yang memakai kaki mirip Silvia seri S13. 

Walaupun demikian karena Nissa Cefiro dan Skyline GRT serta Laurel C33 memiliki seri yang seplatform maka ketiganya memiliki kesamaan pada bagian rangka uni body. 

Spesifikasi Nissan Cefiro
Spesifikasi Nissan Cefiro
 Anda dapat mengamati bagian ini jika membuka bagian luar bodynya. 

Sebagai mobil tercanggih pada jamannya dan pesaing sengit dari mobil-mobil sedan kelas atas seperti Honda Accord, Toyota Corona ataupun Mitsubishi Eterna, mobil ini masih mempertahankan layout tipe FR dimana tenaga mobil akan langsung disalurkan pada ban belakangnya. 

Tipe FR ini tentunya lebih stabil dan minim masalah dibandingkan dengan tipe FF yang telah menggunakan penggerak roda depan. 

Dengan demikian hal ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Nissan Cefiro.

Namun pada tahun 1992 Nissan Cefiro mengalami facelift sehingga sudah tidak menggunakna lagi tipe FR dan beralih ke tipe FF. 

Perbedaan lainnya hanya terletak pada desain bumper, beberapa aksesori dan juga penampilan lampu belakangnya saja.

Tampilan Eksterior Nissan Cefiro A31


Pada pembahasan pertama kita akan mengulas mengenai penampilan luar dari Nissan Cefiro A31.
Mobil ini memiliki ukuran yang cukup sesuai untuk mobil jenis sedan. 

Panjang dari Nissan Cefiro adalah 4.690 mili mter dengan lebar 1.695 mili meter dan tinggi mencapai 1.335 mili meter. 

Dengan ukuaran ini Nissan Cefiro juga didukung dengan wheelbase berukuran 2.670 mili meter sehingga akan memudahkan mobil untuk bergerak di medan yang sempit. 

Dari segi penampilan mobil ini menggunakan desain klasik khas mobil-mobil seumurannya. 

Pada bagian depan mobil ini menggunakan lampu utama berbentuk lonjong dengan bantuan dua buah lampu kabut berbentuk lingkaran pada sisi kanan dan kirinya. 

Eksterior Nissan Cefiro
Eksterior Nissan Cefiro
Sedangkan untuk lampu sein diletakkan pada bagian bumper bawah dengan bentuk oval yang melebar ke bagian samping kanan dan kirinya. 

Di bagian tengah grillnya terdapat logo Nissan sebagai salah satu identitas utama mobil ini. Plat mobil ditempatkan tepat di bagian tengah bumper sehingga menimbulkan kesan simetris yang begitu kental. 

Secara umum tampilan depan mobil ini terlihat begitu keren untuk mobil seumuranya. Apalagi dengan lekukan depan yang dibuat kalem namun tetap tajam. 

Selain itu, kaca depan mobil yang terlihat condong ke belakang juga semakin meingkatkan kesan tangguh pada mobil ini.

Selanjutnya pada bagian samping anda akan mendapati desain yang tidak neko-neko dan terlihat begitu elegan. 

Terdapat lekukan tegas berupa garis menonjol pada bagian samping bawahnya. Garis ini menerjang dua buah pintu sehingga membuatnya tampak begitu mewah. 

Spion samping kanan dan kiri didesain dengan bentuk menyerupai trapesium sehingga nampak begitu pas dengan keseluruhan bodynya. 

Kemudian tonjolan bumper depan dan belakang juga terlihat sehingga membuat bagian samping semakin terlihat menarik. 

Pada bagian belakang juga tidak kalah menariknya dibandingkan bagian depan dan sampingnya. Nissan Cefiro dilengkapi dengan tampilan yang begitu gagah pada bagian ini. 

Pada bagian tengah terdapat logo tulisan Nissan yang menandakan bahwa mobil ini merupakan salah satu karya terbaik Nissan Group. 

Kemudian stop lamp didesain berukuran kecil lonjang di bagian kanan dan kirinya. Stop lamp ini dikondisikan pada bagian atas sehingga akan menimbulkan kesan premium yang tinggi. 

Pada bagian kiri atas terdapat tulisan Cefiro yang menjadi identitas utama mobil ini. Selain itu mobil ini menggunakan tipe knalpot ganda yang membuatnya terlihat seperti mobil sport yang tangguh. Bumper di desain agak keatas sehingga akan memberikan keamanan yang lebih tinggi. 

Seperti halnya mobil-mobil tipe lama, pada bagian belakang ini anda akan mendapati bagai yang cukup luas. 

Bagasi ini dapat anda akses dengan membuka penutupnya dari bagian belakang. Secara umum tampilan belakang Nissan Cefiro terlihat begitu menawan.

Tampilan Interior Nissan Cefiro

Setelah memabahas mengenai tampilan eksterior Nissan Cefiro, kini saatnya kita mengulik bagian interior mobil premium di masanya ini. 

Pada saat itu harga Nissan Cefiro terbilang cukup mahal, tentunya hal ini dipengaruhi juga oleh spesifikasi interior yang dibawanya. 

Secara sekilas saat pertama kali memasuki kabin Nissan Cefiro suasana longgar akan anda dapatkan. Tentu saja longgar untuk ukuran dimensi yang dimiliki oleh sebuah mobil sedan. 

Dibagian kemudinya anda akan mendapati tampilan mewah dengan barisan kursi yang terlihat begitu nyaman.

Stir mobil didesain dengan sederhana dengan logi Nissan di bagian tengah yang sekaligus berfungsi sebagai klakson untuk mobil ini. 

Pada bagian speedometernya masih menggunakan tipe analog sebanyak dua buah dengan dua buah analog tambahan untuk ukuran oli dan bahan bakar yang telah digunakan. 

Interior Nissan Cefiro
Interior Nissan Cefiro
Tombol-tombol konsol diletakkan pada bagian tengah sehingga anda dapat mengakses berbagai fitur hiburan seperti audio tape maupun mp3. 

Tak ketinggalan AC pada bagian tengah dan bagian samping kanan kiri pun telah tersemat dengan rapi di dashboardnya. 

Kemudian untuk bahan material penyusun inteirornya secara keseluruhan terlihat begitu menarik.

Dominasi warna silver menyesuaikan dengan warna yang paling disukai di pasaran pada saat itu.  Dari segi keamanan tentunya sudah disediakan sabuk pengaman untuk penumpangnya

Performa Mesin Nissan Cefiro

Kini saatnya kita mengulas mengenai performa mesin yang dimiliki oleh Nissan Cefiro. Mobil ini memiliki performa mesin yang cukup baik dengan mesin RP tipe RP20E SOHC dengan 6 silinder. Mesin ini berkapasitas dua ribu cc dengan rasio kompresi 9.5 : 1. 

Dengan kapasitas mesin seperti ini Nissan Cefiro memiliki tenaga mencapai 130 PS di putaran 5600 rpm dan torsi mencapai 181 Nm pada putaran 4400 rpm. 

Tenaga itu disalurkan menggunakan system transmisi manual lima percepatan atu 4 percepatan otomatis. 

Nah, kami yakin pasti anda berpikiran bahwa tenaga yang dimiliki oleh Nissan Cefiro terbilang kecil. 

Namun jangan khawatir anda dapat dengan mudah mengganti mesin Nissan Cefiro dengan mesin miliki Nissan Skyline GTR yang berseri RB26DET. 

Hal ini dikarenakan ukurannya yang sesuai dengan mesin pada Nissan Cefiro. Kemudian dari segi konsumsi bahan bakar, Nissan Cefiro A31 terbilang irit karena dapat menempuh jarak 6 hingga 7 kilo meter untuk setiap liter yang digunakannya.

Untuk kecepatan mobil ini mampu menempuh jarak hingga mencapai 190 kilo meter perjamnya. 

Tentu saja hal ini akan dicapai jika mesin yang digunakan dalam keadaan yang prima. Sebagai mobil versi lama top speed mobil ini memang dibatasi. 

Pembatasan dilakukan melalui speed limiter yang dijejalkan pada ECU mobil. Jadi jangan heran jika mobil ini tidak mau melaju secepat yang anda inginkan. 

Tetapi secara umum kualitas mesin dari Nissan Cefiro dapat diandalkan.

Fitur Nissan Cefiro

Setelah membahas mengenai berbagai spesifikasi yang dimiliki oleh Nissan Cefiro tentunya tidak lengkap jika kita tidak mengulas mengenai fitur yang dimiliki oleh Nissan Cefiro. 

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian awal, Nissan Cefiro memiliki fitur yang sangat canggih pada waktu itu. 

Saking modernnya fitur yang dimilikinya, masyarakat serasa belum siap untuk menerimanya. Hal ini tentunya mengakibatkan dampak buruk pada mobil ini. 

Peminat mobil ini dipasaran otomotif Indonesia menjadi minim sehingga pasarannya pun ambruk. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Nissan Cefir A31 adalah central lock, power steering, power window dan lain sebagainya.

Fitur Nissan Cefiro
Fitur Nissan Cefiro
 Sebagai pecinta otomotif tentunya anda sadar bahwa untuk ukuran mobil tahun 90 an fitur-fitur ini tergolong cukup canggih. 

Tidak berhenti sampai di situ Nissan Cefiro jua memiliki system suspense multilink yang akan mampu menseting kekerasan shockbreaker yang dimilikinya. 

Anda dapat menyetingya pada standar comfort atau sport. Tentunya kedua tipe ini memiliki fungsinya masing-masing.

Selanjutnya anda para pemiliki mobil mewah tentunya juga taka sing dengan motorized retracable mirror atau yang lebih dikenal sebagai spion elektrik. 

Keberadaan spion ini menjadikan Nissan Cefiro sebagai mobil pertama yang menggunakan spion elektrik. 

Pada bagian depan Nissan Cefiro sudah menggunakan Headlamp projector yang menjadikannya sebagai mobil perdana yang menggunakannya di Indonesia.

 Bahkan antenna luar pun dapat anda gerakkan dari dalam kabin. Untuk urusan AC terdapat fasilitas pengaturan otomatis melalui tombol didekat kemudi anda. 

Fitur keamanan mobil masa kini pun sudah ada pada Nissan Cefiro saat itu. Salah satu contohnya adalah fitur ABS yang akan membantu pengemudi untuk mencegah slip saat dilakukan pengereman mendadak. 

Sayangnya fitur-fitur yang tim GarasiOtomania sebutkan tadi sebagian besar sudah mati karena para pemikinya malas untuk melakukan perawatan. 

Bagi anda yang nantinya ingin memiliki mobil ini dengan fitur prima, mungkin perlu menyiapkan biaya lebih selain harga yang dipatok untuk mobil yaitu untuk melakukan perbaikan fitur. 

Rangkuman Spesifikasi Nissan Cefiro A31

Berikut ini kami telah menyiapkan rangkuman spesifikasi Nissan Cefiro A31 untuk membantu anda mengetahui seluk beluk dari mobil ini. 


Jenis
Sedan
Tipe
A31
Mesin
RB20E SOHC 2000cc
Bore X Stroke
78.0 X 69.7 mm
Sistem Bahan Bakar
Injeksi
Transmisi
Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase
2.670 mm
Panjang
4.690 mm
Lebar
1.695 mm
Tinggi
1.335 mm
 

Review Nissan Cefiro A31

Bagi anda yang lebih suka melihat tayangan review Nissan Cefiro, berikut ini kami juga telah menyiapakn video reviewnya. 

Namun untuk anda yang kurang menyukai tayangan video anda bisa langsung melewatinya dan melanjutkan membaca. 

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Cefiro

Seperti yang telah diuraikan pada bagian-bagian sebelumnya, Nissan Cefiro memiliki banyak sekali kelebihan, walaupun demikian Kelemahan Nissan Cefiro juga banyak ditemukan oleh para penggemar otomotif. 

Hal ini lah yang mungkin menyebabkan mengapa mobil ini tidak begitu mendapatkan respon yang baik dipasaran otomotif nasional. 

Tim GarasiOtoMania telah menyiapkan rangkuman kelebihan dan kekuranggan Nissan Cefiro untuk anda. Berikut adalah rangkuman lengkapnya.

Kelebihan Nissan Cerifo

  1. Memiliki system suspense otomatis yang canggih
  2. Memiliki fitur tercanggih dibandingkan dengan para pesaingnya
  3. Memeiliki system penggerak FR yang lebih minim masalah dibanding tipe FF
  4. Memiliki performa mesin yang baik dibandingkan para pesaingnya seperti Nissan Sykline GTR.
  5. Memiliki kenyamanan ekstra untuk para penumpangnya.
  6. Pajak mobil yang harus dibayarkan terbilang murah.
 

Kekurangan Nissan Cefiro

  1. Pada masanya belum banyak mendapatkan tempat di hati pecinta otomotif
  2. Sparepart yang digunakan susah utnuk ditemukan karena sudah tidak beredar di pasaran.
  3. Harga Sparepart yang dijual terbilang mahal.
  4. Sebagian besar part elektronik canggih seperti halnya shock adjuster sudah tidak berfungsi karena tidak terawatt.

Harga Nissan Cefiro

Pada bagian akhir ini kami, tim GarasiOtoMania akan mengulas secara lebih lanjut mengenai Harga Nissan Cefiro di pasaran. 

Untuk harga Baru Nissan Cefiro tentunya anda sudah tidak membutuhkannya pasalnya mobil ini sudah tidak diproduksi lagi. 

Nah, untuk harga-harga bekas Nissan Cefiro tentunya akan menjadi informasi yang anda tunggu. 

Baiklah, seperti biasa sebelum mengulas lebih lengkap mengenai harga Nissan Cefiro kami akan memberikan sedikit ringkasan mengenai mobil Nissan Cefiro ini.

Sebagai mobil yang dikeluarkan pada tahun 90 an. Mobil ini merupakan salah satu mobil premium yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur kelas atas. 

Sayangnya keberadaan fitur-fitur canggih ini menjadikan Nissan Cefiro menjadi tidak begitu laris di pasaran. 

Hal ini disebabkan banyak masyarakat yang belum siap dengan berbagai fitur canggih ini. Jika diibaratkan mobil ini seharusnya lebih layak jika dipasarkan pada masa-masa sekarang ini. 

Dengan desain mobil klasik khas tahun 90 an mobil ini memiliki tampilan yang begitu menwan. Baik dari sisi luar atau eksteriornya maupun dari sisi kabin dalamnya. 

Pada bagian luar anda akan mendapati desain mengkotak dengan sedikit lekukan yang membuatnya begitu menarik. 

Sedangkan di bagian dalamnya akan menemukan berbagai fitur yang akan menyamankan anda selama perjalanan.

 Dari segi mesinnya, mobil ini menggunakan mesin yang cukup baik namun memiliki performa yang tidak terlalu baik. 

Bagi anda yang ingin memiliki performa lebih, kami menyarankan anda untuk menggantinya dengan mesi-mesin mobil seperti Nissan GTR. 

Hal ini dapat anda lakukan karena ukuran mesin kedua mobil ini sama. Kemudian untuk konsumsi bahan bakar, mobil ini terbilang cukup irit karena dapat menempuh jarak 6 sampai dengan tujuh kilo meter untuk tiap liter bahan bakar yang digunakannya. 

Pada sisi fitur, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Mobil ini bahkan memiliki komponen suspensi yang dapat menegang dan mengendur secara otomatis sehingga akan mampu untuk memfasilitasi anda saat melaju dalam medan yang kurang mendukung maupun yang cocok untuk melaju.

Nissan Cefiro A31 juga menggunakan tipe kaki independen yang membuatnya begitu nyaman seperti mobil-mobil kelas Eropa. 

Sistem suspensi yang digunakan terbilang cukup stabil dan nyaman sehingga tidak akan memberikan masalah saat digunakan untuk melewati tikungan yang tajam. 

Selain itu, fitur ini juga memberikan kesan bantingan yang tetap nyaman meskipun digunakan dijalanan yang kurang rata sekalipun. 

Pada bagian system pengereman sudah digunakan 4 buah cakram sehingga membuat Nissan Cefiro dapat berhenti secara maksimal. 

Walaupun banyak yang berpikiran bahwa Nissan Cefiro merupakan mobil mewah, namun pada kenyataanya banyak yang menggunakan mobil ini untuk balapan. 

Nissan Cefiro sering kali digunakan untuk kebutuhan drifting yang mulai popular sejak dipopulerkan oleh film Fast Furious Tokyo Drift dan juga manga dan anime Initial-D

Penggunaan Nissan Cefiro untuk kepentingan Drifting disebabkan karena harga jual kembalinya yang terbilang murah dan juga mobil ini sudah siap untuk dijejali dengan berbagai part kompetisi seperti miliki Nissan Silvia atau Nissan GTR

Apalagi dengan system penggerak roda belakang garden statis membuat drifting menjadi lebih nyaman. 

Nah, dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya ini, kira-kira berapakah harga yang cocok untuk Nissan Cefiro?

Berdasarkan sumber yang telah dihimpun oleh tim GarasiOtomania berikut adalah daftar harga Nissa Cefiro. 

Harga Nissan Cefiro
  • Rp 40.000.000
Harga Nissan Cefiro Brogham VIP
  • Rp 95.000.000
Harga Nissan Cefiro HA
  • Rp 38.000.000

Tentu saja harga yang kami tampilkan di atas merupakan harga secara umum, sehingga mungkin saja akan berubah atau memiliki perbedaan jika anda mendapatinya di dareah lain. 

Namun secara umum, anda dapat menggunakannya sebagai patokan dan tolak ukur. 

Demikian ulasan lengkap kami mengenai Harga, Sepsifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Nissan Cefiro, semoga dapat membantu anda untuk sebelum membeli mobil lawas nan premium ini.

Jangan lewatkan juga ulasan lengkap kami mengenai Chevrolet Aveo dan Chevrolet Camaro

Harga Nissan Cefiro Baru dan Bekas serta Spesifikasi Keunggulannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania