Harga Mitsubishi Eterna, Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan Terbaru

Harga Mitsubishi Eterna | Mitsubishi Eterna memiliki banyak kelebihan, walaupun bukannya tanpa kelemahan. 

Mobil ini merupakan produk hasil karya mitsubishi yang menempati posisi mobil big sedan. Mitsubishi Eterna di hadirkan pertama kali di tahun 1988. 

Saat itu mobil ini dijadikan sebagai pengganti dari mobil Galant II. Sebenarnya nama Eterna telah disandang oleh pendahulunya yaitu pada saat mobil Galant II mengeluarkan versi facelift nya. 

Dulunya Eterna gen 1 hanya dipasarkan selama 2 tahun saja dan kemudian dihentikan.

Dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, Mitsubishi Eterna menggunakan dua macam tipe mesin yaitu mesin SOHC dengan karburator sedangkan tipe mesin yang ke dua menggunakan DOHC tipe injeksi. Kemudian mobil ini terus dhipasarkan hingga tahun 1993. 

Mitsubishi Eterna
Mitsubishi Eterna

Menghilangnya mobil ini digantikan oleh Galant Lee yang datang bersamaan dengan Mitsubishi Lancer CG. 

Oh, ya.. Mitsubishi Eterna adalah sangat terberat bagi Honda Accord Maestro, Toyota Corona Twincam ataupun Mazda 626 Capella. 

Sedikit cerita mengenai mobil Mitsubishi Eterna, sebenarnya "Eterna" adalah nama yang diberikan kepada Galant tipe JDM yang dijual di Indonesia. 

Sebelumnya versi mobil ini kalah pamornya dengan para pesainnya. Sehingga untuk meningkatkan minat konsumen, dipilihlah nama ini. 

Dan terbukti dengan dipilihnya nama ini, Mitsubishi Eterna menjadi lebih di minati di pasaran otomotif nasional.

Pada pembahasan kali ini, tim GarasiotoMania telah menyiapkan serba-serbi mengenai mobil Mitsubishi Eterna. 

Tentunya anda penasaran dengan spesifikasi yang diusung oleh mobil ini dan tentunya mengenai harga dari Mitsubishi Eterna. Untuk selengkapnay mari simak review berikut ini.

Eksterior Mitsubishi Eterna

Pada pembahahasan pertama, tim GarasiOtoMania akan mengajak anda untuk menilik pada bagian luar dari Mitsubishi Eterna. 

Jika diamati secara sekilas, Mitsubishi Eterna memiliki tampilan yang gagah dan memiliki tampilan otot yang kuat. 

Pada bagian fascianya didesain dengan tampilan yang menyerupai hewan hiu sehingga terlihat lebih tajam namun tetap mempertahankan desain kotaknya. 

Desain hiu ini sebenarny sudah banyak digunakan di beberapa varian mobil Mitsubishi, seperti halnya varian Galat. 
Eksterior Mitsubishi Eterna
Eksterior Mitsubishi Eterna
Mobil Mitsubishi Eterna juga pernah mengeluarkan versi Facelit. Kehadiran tipe mobil ini terlihat jelas pada tampilan lampu henti belakang yang dilengkapi pula dengan reflektor. 

Ciri yang dimiliki oleh mobil Mitsubihsi Eterna yang dikeluarkan dalam rentang tahun 1988 hingga 1990 adalah memiliki reflektor panjang namun terpotong oleh plat nomor di bagian tengahnya.

Kemudian pada mobil Mitsubishi Eterna versi Facelift tahun 1991 sampai tahun 1992 memiliki tampilan reflektor dengan bentuk trapesium yang dibalik dan dipotong pada bagian atas plat nomor. 

Versi Faccelift ini juga memiliki perbedaan pada tampilan lampu kluster dengan perpindahan posisi.

Sedangkan pada bagian sampingnya, tidak memiliki tampilan yang terlalu mencolok dengan adanay list. Namun secara umum tampilan Mitsubihi Eterna terlihat begitu gagah dan elegan.

Interior Mitsubishi Eterna

Setelah mengamati bagian luar dari Mitsubishi Eterna, kini saatnya kita masuk dalam ruang kabin dari mobil Mitsubihsi Eterna. 

Bagian dalam dari mobil ini tidak kalah kerennya dari penampilan luar yang dimiliki. 

Saat memasuki ruang kabin dari mobil ini, pemandangan yang akan anda temui pertama adalah adanya kesan mewah sebuath mobil sedan klasik. 

Dashboard yang dimiliki oleh Mitsubihsi Eterna ini terlihat masih menggunakan desain mengkotak yang menjadi salah satu cirikhas dari mobil klasik. 

Namun, pada bagian fiturnya, Mitsubishi Eterna sudah memiliki fitur yang cukup mumpuni. Konsol-konsol ini disusun secara rapi dan terlihat cukup menarik. 

Interior Mitsubishi Eterna
Interior Mitsubishi Eterna
Misalnya tampilan pengaturan AC yagn biasanya menggunakan tipe geser, untuk pengaturan AC Eterna ini sudah menggunakan tipe dial menggunakan tombol putar. 

Kemudian tidak ketinggalan, Dashboard Eterna juga memiliki laci yang memberikan ukuran yang cukup semisal anda ingin melakukan upgrad head unit double din dengan layar sehintuh.

Keberadaan kotak ini akan lebih mempermudah karena anda tidak perlu membuat ruang kotak baru.

Kemudian di bagian kursinya, Mitsubihsi Eterna juga telah memiliki fitur yagn cukup mumpuni sehingga akan membuat mobil ini terasa lebih nyaman. 

Jok Mobil Mitsubishi Eterna
Jok Mobil Mitsubishi Eterna
Kenyamanan yang ditawarkan oleh jok mobil ini tidak akan kalah dengan kualitas yang diberikan oleh jok versi semi bucket pada mobil-mobil balap. 

Bahkan untuk versi Faceliftnya sudah terdapat jok elektrik pengemudi yang akan memberikan kenyamanan ekstra bagi pengemudi.

Performa Mesin Mitsubishi Eterna

Setelah membahas mengenai tampilan yang dimiliki oleh Mitsubishi Eterna kini saatnya kita untuk mengulas mengenai dapur pacu yang dijejalkan dalam mobil ini. 

Secara umum mobil ini memiliki dua pilihan tipe mesin yaitu tipe SOHC dan dipe DOHC.

Kedua mesin ini sama-sama memiliki kapasitas mesin yang mencapai 2.0 L (2000cc). Perbedaan di antara keduanya terletak pada sistem penyuplai bahan bakar yang digunakan dan juga terletak pada sistem pengaturan katub yang dimiliki. 

Pada mesin yang pertama, digunakan jenis SOHC yang mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 102 tenaga kuda diputaran 5500 rpm dan mampu menghasilkan torsi mencapai 159 Nm diputaran 4500 rpm. 

Mesin Mitsubishi Eterna
Mesin Mitsubishi Eterna
Namun, untuk masalah peredaran dipasaran mesin tipe pertama ini lebih sudakar untuk ditemui jika dibandingkan dengan tipe yang kedua.

Pada mesin yang kedua, digunakan tipe DOHC. Mesin ini cukup terkenal di kalangan kaula muda pasalnya mesin tipe kedua ini telah terkenal memiliki kecepatan yang memuaskkan. 

Bahkan mesin ini telah mendapatkan label GTi yang merupakan mesin paling cepat yang dimiliki oleh Mitsubihsi. 

Dengan berbagai pamornya, mesin tipe kedua mampu menghasilkan tenaga mencapai 143 tenaga kuda pada putaran mesin 6500 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 172 diputaran 4500 rpm.

Pada dasarnya kedua jenis mesin yang telah dibahas diatas adalah mesin yang mengadaptasi dari mesin mobil Legendaris Mitsubishi berkode 4G63. 

Bahkan untuk stelan konfigurasinya pun memiliki persamaan, dengan 4 silinder segaris dan menggunakan 16 katub. 

Perbedaan mendasar terletak pada penggunaan camshft dan juga pada sistem pasokan bahan bakar.

Mesin Mitsubishi Eterna
Mesin Mitsubishi Eterna
Untuk mesin terdapat pula mesin hasil tuning asal pabrikan terkenal dnegan image Mercedes Benz yaitu AMG. 

Dulunya AMG berlum lah tenar sehingga lebih menangani mobil dari pabrik lain. Mitsubishi Eterna AMG dulu dijual sangat terbatas atau limited edition. 

Mobil dengan tenaga yang sangat mumpuni dengan kualitas nomor satu ini hanya dijual sebagnyak dua ribu unit saja diseluruh dunia sehingga menjadikannya sebagai salah satu mobil paling berkelas saat itu.

Impresi Mesin dan Handilng Mitsubishi Eterna

Kursi mobil Mitsubihishi Eterna mampu menampung hingga tiga orang dewasa dengan tetap menyisakan ruang yang cukup nyaman untuk bahu penumpnag. 

Berbeda dengan Mitsubishi Lancer DanGan karena, Mitsubishi Eterna memiliki kapasitas ruang yang lebih besar. 

Pada masalah handing, Mitsubishi Eterna adalah mobil peralihan 80 ke 90 an yang memiliki handling paling memuaskan. 

Bahkan jika anda menggunakan Mitsubishi Eterna untuk cruising dikecepatan besarpun, mobil ini tidak akan memberikan getaran yang berarti. 

Bagian suspensi pun juga akan memberikan pelayanan prima asalkan anda merawatnya dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Eterna

Pada bagian ini tim GarasiOtoMania telah membuat rangkuman mengenai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Eterna. Secara lebih lengkapnya kelebihan dan kekurangn Mitsubishi Eterna adalah sebagai berikut ini.

Kelebihan Eterna

  1. Memiliki kecepatan dan performa kelas tinggi bahkan untuk mobil yang memiliki kapasitas cc yang sama. Secara umum, Mitsubihsi Eterna ini akan memiliki kecepatan hingga 20 persen lebih tinggi dibandingkan dengan merek mobil lain.
  2. Memiliki kenyamanan mengemudi yang tinggi, karena pengemudi bisa melihat dengan jelas dari kedua sisinya.
  3. Memiliki inteiror yang lega, dan memiliki posisi duduk nyaman karena cukup lega.
  4. Memiliki handling yang menyenangkan dan nyaman
  5. Memiliki bady yang kuat dan memiliki karakteristik versi WRC kuat.

Kelemahan Eterna :

  1. Termasuk mobil yang boros bahan bakar karena memiliki perbandingan rasio 1: 7-8.
  2. Memiliki masalah pada Lash Adjuster (klep hidraulik mesin). Mobil ini haruslah menggunakan oli tipe 10 W/40 serta harus mengalami penggantian oli secara rutin. Jika anda terlambat untuk mengganti oli kemungkinan akan terjadi masalah pada klep nya. 
  3. Memiliki masalah Airflow dan juga idle Up sensor. Gejala yang sering muncul adalah RPM yang naik dan turun apalagi jika tidak melakukan service secara rutin.
  4. Kaki-kaki terkhususnya pada bagian ball joint mudah rusak
  5. Side Skirt kebanyakan sudah tidak mulus. 

Spesifikasi Mitsubishi Eterna

Berikut ini, Tim Garasi Oto Mania telah menyiapkan rangkuman spesifikasi Mitsubishi Eterna untuk mempermudah anda dalam memahami seluk beluk yang dimiliki oleh Mitsubihsi Eterna.
  • Tipe Mesin  yang digunakan  4G63 SOHC karburator dan 4G63 DOHC Injeksi.
  • Tenaga yang dihasilkan  102 HP pada putaran 5.000 RPM (SOHC) ; 144 HP pada putaran 6.500 RPM (DOHC GTi).
  • Torsi yang dihasilkan mencapai  : 154 Nm pada putaran 3.000 RPM (SOHC) ; 172 Nm pada 6.000 RPM (DOHC GTi).
  • Ukuran Bore x Stroke : sama-sama 85 mm x 88 mm.
  • Rasio kompresi mesin : 9:1 (SOHC) ; 9.8:1 (DOHC GTi).
  • Perkiraan Konsumsi BBM mencapai : 11-12 km/L (dalam kota) dan 17-19 km/L (luar kota)
  • Sistem Transmisi yang digunakan : Manual 5-speed dan matic 4-speed (langka).
  • Sistem Suspensi yang dipakai : Depan MacPherson strut independent, belakang double
  • wishbone.
  • Rival : Honda Accord Maestro, Toyota Corona Twincam dan juga Mazda
  • 626 Capella.
  • Tahun penjualan : 1987 – 1992. 1993 merupakan unit sisa.

Review Mitsubishi Eterna

Kami juga telah menyiapkan review Mitsubishi Eterna untuk anda dalam bentuk video, namun jika anda kurang menyukai tampilan video anda bisa melanjutkan pada ulasan berikutnya.

Harga Mitsubishi Eterna

Pada pembahasan yang terakhir kita akan mengulas mengenai Harga Mobil. Tentunya harga sebuah mobil akan sangat dipengaruhi oleh spesifikasi mobil yang diusungnya. 

Untuk mobil Mitsubishi Eterna, memiliki tampilan luar yang terlihat kokoh dan tangguh. Bagian fascianya masih menggunakan desain hiu seperti halnya tipe-tipe mobil Mitsubishi sebelumnya. 

Bagian belakang dan sampingnya mempertahankan kesan kokoh yang maksimal. Sementara di dalam kabinnya, terlihat begitu menarik dengan desain khas mobil sedan klasik. 

Banyak konsol yang sudah tertata rapi pada dashboarnya sehingga terlihat begitu elegan. 

Di bagian dapura pacunya, Mitsubishi hadir dengan dua pilihan tipe mesin yaitu mesin tipe DOHC dan tipe SOHC keduanya memiliki kapasitas yang sama yaitu 2000 cc. 

Perbedaannya hanya terletak pada sitem pengaturan katub dan juga sistem suplai bahan bakarnya. 

Lantas dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya ini, berapakah harga yang dipatok untuk mobil ini? 

Harga Bekas Mitsubihi Eterna  Rp 20 – 35 juta rupiah

Harga mobil ini mamang sangat terjangkau mengingat usianya yang sudah tidka muda lagi. Namun untuk beberapa kolektor ada yang berani menghargai mobil ini sangat tinggi. 

Demikian tadi ulasan tim GarasiOtoMania mengenai Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harga Mitsubishi Eterna.

 Jangan lewatkan pembahasan lengkap kami lainnya mengenai Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Triton

Harga Mitsubishi Eterna, Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi OtoMania