Bocoran Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Toyota Calya 2017

Harga Toyota Calya – Belum lama ini Toyota akan kembali mengeluarkan produk terbarunya pada segmen mobil roda empat yaitu Toyota Calya. Mobil ini disasarkan untuk bersaing pada kancah mobil murah yang belum lama ini menjadi tren dikalangan masyarakat Indonesia. 

Toyota sebagai salah satu perusahaan ototif terbesar, berusaha memberikan warna baru pada kelas mobil murah ini. 

Toyota Calya yang dianggap sebagai adik kandung dari Toyota Avanza sepertinya kali ini akan menarik banyak perhatian dari kalangan otomotif Nasional. 

Toyota akan secara resmi meluncurkan Toyota Calya pada bulan Agustus 2016. Mobil ini adalah tipe mobil MPV murah yang sekarang ini mulai banyak di cari. 

Namun walaupun menyasar pada segmen mobil MPV murah Toyota Calya sendiri telah dilengkapi dengan banyak fitur yang menark dan spesifikasi yang mumpuni. 

Sampai sekarang pecinta otomotif baru bisa melihat tampilah dari Toyota Calya melalui foto-foto yang beredar di dunia maya saja. 

Tetapi untuk beberapa waktu kedepan, Anda semua akan benar-benar melihat bentuk nyatakannya karena Toyota akan segera secara resmi melepas Toyota Calya pada kelas mobil ramah lingkungan LCGC. 

Mobil ini digadang – gadang akan bisa melawan pesaing yang sudah lebih lama mengaspalt yaitu mobil LCGC Datsun GO+ Panca. 

Dari foto – foto yang sekarang ini beredar dikalangan dunia maya, sepertinya Toyota Calya akan hadir dengan tampilan yang lebih besar kira kira akan muat untuk menampung sekitar tujuh orang termasuk sopirnya. 

Tidak hanya itu, tetapi tampilan eksterior dari Toyota Calya sendiri terlihat begitu menarik dan juga elegan. 

Pada bagian dapur pacunya, Toyota Calya dikabarkan akan dijejali dengan mesin dual VVT-I yang memiliki kapasitas hingga mencapai 1197 cc dan menggunakan sistem transmisi lima percepatan. 

Tentunya spesifikasi mesin ini sangat mendukung untuk bisa mengangkut hingga tujuh penumpang sekaligus.

Selanjutnya Toyota Calya juga mengusung konsep pengamanan yang lumayan lengkap seperti halnya telah dilengkapi sistem ABS pada fitur pengeremannya, dan juga menggunakan SRS Airbag.

Sebenarnya Toyota Calya merupakan salah satu mobil sister antara Toyota dan Daihatsu sehingga bisa dikarakan Toyota Calya akan memiliki kembaran.

Nah mobil yang menjadi kembaran dari Toyota Calya adalah Daihatsu Sigra. Mobil ini memiliki penampilan yang begitu mirip dengan Toyota Calya.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca ulasan : Spesifikasi dan Harga Daihatsu Sigra

Toyota Calya sendiri dikabarkan akan diluncurkan dalam beberapa tipe diantaranya tipe AT, E, E MT, G MT, dan tipe G AT. 

Setiap variannya akan memiliki harga berbeda-benar menyesuaikan dengan perbedaan fitur yang diusungnya. Untuk lebih jelasnya Tim GarasiOtoMania akan mengulas mengenai Spesifikasi dan Harga Toyota Calya pada pembahasan di bawah ini.

Bocoran Foto Toyota Calya  dan Warna Toyota Calya

Berikut ini adalah foto tampilan dari Toyota Calya yang belakangan ini sudah menyebar di dunia maya. Mungkin bagi anda yang belum pernah melihatnya, Foto Toyota Calya ini bisa membantu anda untuk melihat tampilannya seta Warna Toyota Calya.

Warna Toyota Calya
Warna Toyota Calya

Foto Toyota Calya
Foto Toyota Calya

Spesifikasi Toyota Calya Terbaru

Desain Eksterior Toyota Calya Elegan dan Simple

Mobil terbaru dari Toyota ini akan tampil secara sederhanda namun tetap menghadirkan kesan kemewahaannya. Sebagai mobil yang akan merambah pada segmen LCGC tentunya tampilan simple adalah salah satu cirikhasnya. 

Pada bagian fascianya anda akan mendapati bahwa Toyota Calya sepertinya tidak jauh berbeda dengan saudaranya yaitu Toyota Agya. Tampilan depan ini masih mengadopsi konsep Keen Look layaknya mobil-mobil garapan Toyota lainnya. 

Untuk lampu depannya, Toyota memberikan penampilan yang meruncing tajam seperti halnya pada Toyota Avanza. Sebelumnya kami sudah pernah membahas mengenai Toyota Avanza.

Pada bagian agak ketengah Toyota Calya memiliki gril beraksen krom yang dilengkapi dengan logi gambar burung garuda. Logo ini disambungkan pada bagian bawah dengan lubang udara trapesium. 

Jika kita menamati dari bagian samping, kita akan mendapati tampilan bongsor dari Toyota Calya, terutama untuk sektor belakang yang terlihat seperti terdapat tambahan ruangan.

Menuju ke bagian agak kebelakang anda akan mendapati tampilan samping yang sangat mirip dengan mobil Datsun GO+ Panca. 

Tampilan kaca samping dari Toyota Calya ini memang begitu mirip dengan kaca samping milik Datsun GO+ Panca. Lalu tampilan buritan di bagian belakang juga mengadaptasi tampilan dari saudara tuanya yaitu Toyota Kijang Innova. 

Untuk tampilan lampu belakang Toyota Calya menggunakan lampu berbentuk huruf L terbalik yang dilengkapi reflector horizontal pada bagian pintu bagasinya. Tampilan luar dari Toyota Calya ini memang cukup simple namun tetap terkesan elegan dan mewah.

Desain Interior Toyota Calya Khas Mobil Toyota

Pada bagian ini tim GarasiOtoMania akan membahas lebih lanjut mengenai tampilan interior dari Toyota Calya. Jika tadi kita sudah mengetahui bahwa tampilan eksterior dari Toyota Calya mengusung konsep simple namun elegan, kira-kira seperti apakah tampilan interior dari Toyota Calya? 

Nah marilah kita uraikan secara lebih jelasnya. Ternyata tampilan interior Toyota Calya juga tidak kalah elegannya. 

Dimulai dari bagian dasbor yang tetap mengusung konsep sederhana nan elegannya. Dasbor ini memiliki audio double din yang ditempatkan di antara kisi – kisi AC.

 Di bagwah sistem audio tersebut terapat switch AC pada bagian samping dari tuas presnelingnya. Di bagian kemudi anda akan mendapati finger rest pada palang stir yang dihiasi logo Toyota di bagian tengahnya.
Toyota Calya Interior
Toyota Calya Interior

Lalu terdapat pula logo SRS Airbag yang ditempatkan pada bagian bawah logo Toyota. Di bagian depan kursi terdapat konsol penyimpanan yang didesain secara rapi untuk bisa menyimpan barang bawaan anda. Di atasnya ditempatkan fitur keamanan airbag. 

Untuk kapasitas kabin, Toyota Calya memiliki ukuran kabin cukup luas yaitu mencapai tujuh penumpang.

Ruang kabin yang luas ini didukung oleh konsep desain bubble head linging, yaitu tampilan atap berbentuk C yang lebih menggembung ke bagian atas. 

Desain ini akan memberikan ruang kabin yang lebih lega bagi penumpnag apalagi didukung dengan desan bangku ke 2 dan ke 3 yagn begitu nyaman dan luas. Untuk pewarnaan, tampilan interior Toyota Calya memiliki banyak kemiripan dengan Toyota Avanza.

Dimensi Toyota Calya Dengan Sistem Suspensi Kokoh

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai Dimensi Toyota Calya. Sebelumnya sudah disinggung bahwa mobil MPV LCGC ini memiliki ukuran yang cukup bongsor. Lalau berpakah sebenarnya ukuran dari Toyota Calya ini? 

Untuk panjangnya Toyota Calya memiliki ukuran 4.070 mili meter, lalu untuk lebar mobil Toyota Calya memiliki ukuran 1.655 mili meter sedangkan tingginya adalah 1.600 mili meter. 

Jarak sumbu roda dari Toyota Calya adalah 2.525 mili meter. Nah ukuran ini tentunya sudah menyiratkan dimensi luas yang diusungnya. 

Untuk ukuran ground clearancenya Toyota memiliki ukuran 180 mili meter. Tinggi Ground clearance ini memungkinkan Toyota Calya untuk bisa dikendalikan secara optimal di daerah yang kurang rata sekalipun.
Toyota Calya 2016
Toyota Calya 2016

Lalu untuk mendukung handling dari Toyota Calya, digunakan sistem suspensi depan tipe MacPherson.

Sedangkan untuk sistem suspensi bagian belakangnya digunakan sistem Semi Independent Torsion Beam. Tentunya kedua sistem suspensi ini sudah terkenal kokoh untuk mendukung kaki-kaki mobil. 

Selain itu sistem suspensi ini juga dipadukan dengan peer ulir yang berfungsi sebagai peredam untuk meningkatkan kenyamanan dari Toyota Calya. 

Pada bagian pengereman digunakan rem cakram untuk bagian depannya sedangkan sistempengereman bagian belakangnya masih menggunakan rem tipe tromol. 

Untuk bagian kaki-kakinya digunakan velg berukuran 13 inci menggunakan penutup plastic  untuk varian terendah sedangkan untuk varian tertinggi akan menggunakan velg tipe Alloy berukuran 14 inchi.

Mesin Toyota Calya Menggunakan Tipe 3NR-VE

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai tampilan interior, eksterior dimensi sampai pada bagian kaki-kakinya, nah pada segmen ini tim GarasiOtoMania akan membahas mengenai mesin yang digunakan pada Toyota Calya. 

Pada bagian dapur pacu, Toyota Calya dijejali dengan mesin tipe 3NR-FE dengan kapasitas mencapai 1.200 cc. Mesin ini menggunakan 4 silinder dan memakai teknologi VVT-i. 

Mesin inidikatakan mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 88 PS untuk putaran yang mencapai 6000 rpm. Sedangkan untuk rotsi maksimal yang dihasilkan adalah 108 per 4.200 rpm. 

Sedangkan untuk menyalurkan tenaga yang dimiliki oleh Toyota Calya ini digunakan sistem suspensi otomatis empat percepatan dan juga sistem transmisi 5 percepatan.
Harga Toyota Calya
Harga Toyota Calya

Walupun demikian, dikabarkan juga ada kemungkinan Toyota Calya nantinya akan menggunakan mesin tipe CVT jika memang dibutuhkan. 

Lalu untuk pengonsumsian bahan bakar Toyota Calya tentunya akan bisa mencapai 1:20 karena itu merupakan salah satu syarat untuk bisa memasuki kelas mobil LCGC.

Dengan perbandingan kompresi yang seperti ini tentunya Toyota Calya akan hemat bahan bakar seperti mobil-mobil tipe LCGC lainnya seperti Karomun Wagon R, Brio Satya, Datsun GO+ dan mobil lainnya. 

Sebelumnya kami sudah pernah mambahas mengenai Spesifikasi dan Harga dari masing-masing mobil tersebut anda bisa membacanya pada :

Sedangakan untuk mobil Datusn GO+ Panca kami juga pernah menulis mengenai Perbedaan Varian Mobil Datsun GO +.

Oke, kembali ke topiknya, mobil ini akan mampu menempuh jarak 20 kilo meter untuk setiap liter bahan bakar yang digunakannya. 

Dengan demikian mobil ini akan cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga maupun mobil harian.

Fitur Keselamatan dan Kenyamanan Toyota Calya yang Canggih

Nah kini kita akan mulai melakukan pembahasan seputar Fitur penunjang yang dimiliki oleh Toyota Calya.

Berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan oleh tim GarasiOtoMania fitur keamanan dan kenyamanan Toyota Calya memang cukup lengkap untuk ukuran mobil murah. 

Kita mulai dari bagian fitur kenyamanannya. Pada bagian kenyamanan ini kita akan disuguhi dengan adanya AC dobel Blower yang dirancang secara khusus untuk mengatur suhu ruang kabin anda. 

Untuk kursi yang ada di dalam kabin, ditata begitu rapi dan dapat dilipat sehingga akan dapat dimuati barang yang cukup banyak. 

Tidak hanya itu Toyota Calya juga memiliki fitur penghibur seperti halnya Sistem audio Video dan juga didukung dengan adanya port USB untuk mengkoneksikan gadget anda dengan mobil. 

Terdapat pula dobel speaker pada mobil Toyota Calya tipe E dan 4 speaker aktif untuk Toyota Calya varian G yang sengaja disematkan untuk menyuguhkan kenyamanan ekstra bagi pengendaranya.

Untuk bagian kemudinya, terdapat penampilan yang begitu nyaman untuk pengemudi. Semua peralatan akan secara mudah diakses oleh pengemudi. 

Di sini juga disemati fitur MID Digital yang akan memberikan data secara uptodate kepada pengemudi. 

Selanjutnya dibagian fitur keamanan, Toyota Calya sudah dilengkapi denga sabuk pengaman PLR yang bisa mengunci secara otomatis. 

Terdapat pula fitur keamanan standar seperti airbags bagi pengemudi dan pengendara. Sedangkan untuk bagian pengeremannya, pada Toyota Calya tipe E sudah menggunakan sistem pengereman berupa rem cakram.

Namun untuk sistem pengereman bagian belakangnya masih menggunakan sistem pengereman tromorl. Walaupun begitu pada Toyota Calya vairan G sudah dilengkapi dengan fitur ABS yang akan mencegah ban terkunci saat dilakukan pengereman secara mendadak. 

Lalu untuk menjaga keamanan dari Toyota Calya, mobil ini sudah dilengkapi dengan immobilizer dan juga remote alarm. Fitur –fitur yang ditawarkan oleh Toyota Calya ini termasuk cukup lengkap untuk ukuran mobil LCGC.

Kami juga mendapatkan video tentang spesifikasi dari Toyota Calya, jika anda ingin melihat Review Toyota Calya dalam bentuk video sialakn menonton pada video berikut ini.


Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya

Setiap mobil tentunya hadir dengan berbagai kelebihan, dan tentu saja juga mengusung beberapa kekurangan. 

Keunggulan dan kelemahan inilah yang nantinya akan mempengaruhi harga Toyota Calya di pasaran. Selain itu kelebihan dan kekurangan dari suatu mobil juga dipengaruhi oleh segmen yang diusungnya. 

Sehingga pada setiap segmen mobil sering kali kita menemui kelemahan secara merata. Berikut ini kami telah merangkum mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Calya.

Kelebihan Toyota Calya

  1. Merupakan mobil LCGC yang ramah lingkungan
  2. Daya tampungnya cukup untuk tujuh orang
  3. Tampilannya simple namun tetap terlihat mewah
  4. Memiliki fitur keamanan yang cukup lengkap

Kekurangan Toyota Calya

  1. Memiliki tampilan yang cenderung bongsor
  2. Tampilan interior masih menadaptasi warna dari Toyota Avanza
  3. Tenaga mesin tidak terlalu besar untuk membawa banyak barang
  4. Rem Belakang masih menggunakan rem tromol

 Rangkuman Spesifikai Toyota Calya 

Dari uraian mengenai Spesifikasi Toyota Calya kami membuat rangkuman mengenai spesifikasi mobil tersebut sebagai berikut ini.
Mesin
  • Toyota Calya menggunakan mesin Tipe 3NR-Ve
  • Tenaga Makmum yang dihasilkan 80 hp
  • Torsi maksimum yang dihasilkan 110 Nm
  • Sistem trasmisi Toyota Calya adalah 5 MT atau 4 Otomatis
Eksterior
  • Tidak memiliki foglamp
  • Menggunakan vel tipe alloy berukuran 13 inchi atau 14 inchi
  • Tidak memiliki Electric Mirror
  • Tidak Memiliki Mirror Turn Lamp
Interior
  • Kapasitas ruang mampu menampung hingga 7 orang
  • Menggunakan tipe Ac Manual dengan kipas belakang
  • Memiliki Eco Indicator
  • Memiliki Power Window
  • Memiliki fitur MID
  • Tidak memiliki tampilan silver dan aksen krom
  • Memiliki Doubel Din CD, AUX USB dan juga speaker
Fitur Keamanan dan Keselamatan
  • Memiliki sistem keamanan berupa remote Alarm dan Immobilizer
  • Menggunakan sistem pengereman standar dan ABS untuk tipe G AT/MT
  • Memiliki airbag baga bagian depan
  • Memiliki sensor parkir
  • Dilengkapi dengan ISOFIX

Harga Mobil Toyota Calya

Akhirnya kita sampailah kepada bagian pembahasan mengenai Harga Mobil Toyoata Calya. Sebelumnya tim GarasiOtoMania sudah membahas mengenai tampilan desain interior, eksterior, dimensi, mesin hingga kelebihan dan kekurangan Toyota Calya. 

Tentunya Spesifikasi Toyota Calya inilah yang akan mempengaruhi harga yang ditawarkan untuk Toyota Calya. 

Jadi mungkin kita perlu membuat sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi Toyota Calya ini. Dari segi tampilan Toyota Calya menggunakan tampilan eksterior yang simple namun tidak meninggalkan kesan mewahnya. Tampilan dari Toyota 

Calya banyak mengadaptasi dari mobil-mobil lain seperti Datsun GO+ Panca dan saudara tuanya Toyota Kijang Innova. Walaupun begitu Toyota Calya ini memiliki ukuran dimensi yang cukup bongsor. 

Bentuk bongsor ini sengaja dibuat untuk menghasilkan ruang kabin yang lebih lega. Lalu untuk bagian dapur pacunya, Toyota Calya menggunakan mesin tipe 3NR-VE yang berkapasitas 1200 cc. 

Secara umum, Toyota Calya berusaha untuk menyasar pada tipe mobil LCGC sehingga kemungkinan harga yang dibandrolkan pun tidak akan terlalu tinggi. Lalu berapakah sebenarnya harga dari mobil ini? Mari kita bahas secara lebih lengkapnya.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa harga dari Toyota Calya nantinya akan terbagi dalam dua pilihan. Hal ini terjadi karena ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa Toyota 

Calya akan tampil dalam2 pilihan tipe yaitu tipe E dan tipe G. Kedua pilihan varian mobil Toyota Calya ini juga akan mendapatkan pilihan lagi sistem transmisinya yaitu otomatis dengan 4 percepatan atau tipe manual dengan lima percepatan. 

Belum ada informasi mengenai perbedaan performa dari kedua pilihan tipe Toyota Calya ini, sehingga perbedaan harga ini nantinya hanya akan mempengaruhi pada berbedaan fitur penunjang yang ditawarkan saja. 

Langsung saja untuk harga Toyota Calya varian E baik yang manual maupun otomatis akan mendapatkan harga yang berkisar antara Rp 132 juta hingga Rp 145 Juta. 

Lalu untuk Harga Mobil Toyota Calya tipe G otomatis dan tipe manual beriksar pada harga Rp 137.5 juta hingga Rp149.5 juta. 

Kisaran harga ini kami dapatkan dari harga On The Road wilayah Jakarta dari berbagai sumber, sehingga kemungkinan akan mengalami sedikit perbedaan harga jika anda membelinya di daerah. 

Melihat harga yang akan dibandrolkan ini kami merasa Toyota Calya nantinya akn sukses dipasaran, mengingat dengan harga yang tidak terlalu mahal, mobil ini sudah memiliki banyak fitur penunjang yang mumpuni.

HargaToyota Calya Tipe E M/T               Rp. 132.000.000,00
Harga Toyota Calya Tipe E A/T               Rp. 145.000.000,00
Harga Toyota Calya Tipe G M/T             Rp. 137.500.000,00
Harga Toyota Calya Tipe G A/T              Rp. 149.500.000,00

Memang untuk kelas mobil LCGC Harga Toyota Calya memang relative sedikit lebih mahal, tetapi mengingat Spesifikasi Toyota Calya, sepertinya harga yang dibandrolkan ini sudah cukup sesuai. 

Nah demikian lah ulasan kami mengenai Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan Toyota Calya serta Harga Toyota Calya, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. 

Baca juga ulasan lengkap kami mengenai mobil murah

Datsun Redi GO  
Toyota Avanza Veloz
Suzuki Karimun Wagon
Honda Brio

Bocoran Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Toyota Calya 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania