Bocoran Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Daihatsu Sigra 2017

Harga Daihatsu Sigra - Dengan kabar akan dikeluarkanya mobil tipe LCGC Toyota Calya, perusahaan Daihatsu pun juga akan mengeluarkan mobil terbarunya yaitu Daihatsu Sigra. 

Seperti halnya mobil-mobil sebelumnya yang mengusung konsep mobil sister, Daihatsu Sigra ini sendiri dikabarkan juga merupakan program sister antara Daihatsu dan Toyota yaitu dengan Toyota Calya. Dengan demikian kemungkinan besar mobil ini nantinya akan memiliki banyak kemiripan dengan Toyota Calya. 

Dari informasi yang didapatkan oleh tim GarasiOtoMania, Daihatsu Sigra akan secara resmi dirilis pada bulan Agustus mendatang. 

Kemungkinan besar mobil LCGC ini akan ditampilkan pada Gaikindo Indonesia Internarional Auto Show (GIIAS) tahun 2016. 

Seperti yang disampaikan tadi bahwa Daihatsu Sigra merupakan program sister dengan Toyota Calya, maka besra kemungkinan bahwa Spesifikasi Daihatsu Sigra pada bagian mesin dan juga tampilan akan memiliki banyak persamaan. 

Hanya saja untuk hal harga tentu akan memiliki perbedaan mengingat keduanya berasal dari dua vendor mobil yang berbeda.

Sebagai mobil yang digadang –gadang akan membawa udara segar pada kelas mobil LCGC tentunya Daihatsu Sigra sangat dinanti – nanti oleh para pecinta otomotif. 

Bahakan banyak yang berspekulasi bahwa mobil ini nantinya akanbisa menyaingi kesuskesan mobil Datsun GO + yang sudah lebih dulu mengaspal.

Pasalnya mobil ini juga sama-sama memiliki kapasitas untuk tujuh orang penumpang seperti mobil Dasun GO +. Kami sudah pernah membahas mengenai mobil Datsun GO + sebelumnya. 

Terdengar kabar bahwa nantinya Perushaan Daihatsu akan meluncurkan mobil ini dalam 4 varian yaitu Daihatsu Sigra tipe M, Daihatsu Sigra tipe D, Daihatsu Sigra tipe X dan juga Sigra tipe R. 

Kemudian masih terdapat juga pilihan sistem transmisi yang digunakan yaitu sistem transmisi otomatis dan juga sistem transmisi manual.

Dari segi spesifikasi, Daihatsu Sigra akan membawa banyak konsep desain menarik yang berkulitas, kira-kira penampilan dari Daihatsu Sigra ini nantiny akan mirip dengan Toyota Calya. 

Jika anda belum mebaca ulasan mengenai Toyota Calya, anda bisa membacanya pada Spesifikasi dan Harga Toyota Calya

Kesan elegan dan modern akan anda temui pada bagian eksterior dari Daihatsu Sigra ini. Bahkan mobil ini secara spintas akan terlihat seperti halnya mobil tipte premium.

Selanjutnya pada bagian dapur pacu, Daihatsu Sigra akan mengusung mesin yang cukup mumpuni untuk mobil kelas LCGC. 

Dikatakan bahwa mobil Daihatsu Sigra akan memiliki spesifikasi mesin yang berkapasitas antara 1000 cc sampai dengan 1200 cc menyesuaikan dengan varian mobil yang anda pilih. 

Kemudian Daihatsu Sigra juga memiliki banyak fitur penunjang yang disematkan didalam kabinnya, Nah sebenarnya seperti apa Spesifikasi dan Harga Daihatsu Sigra? Mari kita simak secara lebih lengkapnya.

Foto Daihatsu Sigra dan Warna Daihatsu Sigra

Sebelum membahas mengenai spesifikasi dan Harga Daihatsu Sigra sebelumnya akan kami tampilkan Foto Daihatsu Sigra yang telah kami peroleh. 

Di foto ini anda akan bisa melihat tampilan dan Warna Daihatsu Sigra secara lebih jelasnya. Berikut adalah fotonya.

Warna Daihatsu Sigra
Warna Daihatsu Sigra

Foto Daihatsu Sigra
Foto Daihatsu Sigra


Spesifikasi Daihatsu Sigra

Desain Eksterior Daihatsu Sigra dengan Konsep Keen Look

Untuk pembahasan yang pertama, Tim GarasiOtoMania akan mulai mengulas mengenai tampilan luar dari Daihatsu Sigra. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa, Daihatsu Sigra memiliki penampilan yang cukup menarik.

Pada bagian depannya anda akan mendapati penampilan yang begitu elegan terutama pada bagian deretan lampu utama dan lampu sein nya. 

Sedangkan untuk penampilan bumpernya, Daihatsu Sigra memiliki tampilan yang juga cukup elegan mendekati sporty. Bumper ini dipadukan dengan adanya grill berbentuk trapezoid yang dipercantik dengan adanya tampilan aksen krom di bagian lampu horizontalnya.

Pada bagian sampingnya anda akan menemui tampilan yang lebih halus dengan adanya beberapa lekukan sehingga semakin nampak stylish. 

Pada bagian buritan, seperti halnya Toyota Calya, Daihatsu Sigra jufa mengusung konsep lampu model L terbalik yang dikombinasikan dengan reflector horizontal. 

Tampilan ini kemudian ditambah dengan adanya logo Astra Daihatsu Motor yang ada pada bagian sudut kiri bawah pintu bagasinya.

Daihatsu Sigra juga secara terang-terangan memasangkan emblem Dual VVT-I yang menunjukkan bahwa mesin inilah yang diusung pada mobil Daihatsu Sigra.

Lalu terdapat pula tulisan logo Sigra pada bagian bawah kanan bintu bagasi. Untuk secara umum, Daihatsu Sigra mengusung konsep tampilan eksterior yang elegan dan juga stylish.

Interior Sigra yang Menawan dan Modern

Jika tadi kita sudah mengulik pada bagian luar dari Daihatsu Sigra, selanjutnya tim Garasiotomania akan membahas mengenai tampilan Interior Daihatsu Sigra. 

Pada tampilan luarnya Daihatsu Sigra menusung konsep yang elegan dan stylish, nah untuk bagian interiornya tentunya juga tidak kalah. 

Sebagai mobil LCGC, Daihatsu Sigra membawa konsep interior tiga baris yang cukup lega. Kabin Daihatsu Sigra ini mampu menampung hingga tujuh orang penumpnag. 

Kelonggaran ini juga didukung dengan digunakannya bagasi berukuran cukup besar yaitu mencapai 263 liter, ukuran ini setara dengan bagasi yang mampu digunakan untuk membawa gallon air berukuran Sembilan belas liter.
Interior Daihatsu Sigra
Interior Daihatsu Sigra
Untuk tampilan dasbornya Daihatsu Sigra membawa bentuk yang sederhana namun terkesan cukup futuristic dan modern. 

Sedangkan untuk lingkar kemudinya memiliki penampilan yang mirip dengan mobil Great New Xenia.

Anda bisa membaca ulasan kami tentang Spesifikasi dan Harga Great New Xenia

Kemudian tuas transmisi didesain gabung dengan dasbor sehingga akan lebih mudah terjangkau oleh pengemudinya. 

Di bagian tengah dasbor anda akan menemui beberapa konsol penunjang seperti tombol pengaturan AC, dan juga Layar MID atau multi Information Display di bagian panel instrument.

Terdapat sedikit perbedaan tampilan dasbor untuk Daihatsu Sigra varian tinggi yaitu dasbor mobil ini nantinya akan menggunakan desain akses two one dipadukan dengan fitur penghibur 2DIN yang diapit oleh kisi – kisi Ac. 

Lalu untuk jok depannya digunakan konsep menyatu dengan headrest sesuai dengan ciri khas yang dimiliki oleh mobil LCGC. 

Di bagian bawahnya anda tidak akan menemui konsol diantara bangku depan, hal ini akan memudahkan penumpang untuk bisa bergeser secara lebih mudah.

Beralih ke bagian kursi baris keduanya anda akan menemukan headset yang dapat anda atur sesuai keinginan anda. 

Di baris kedua ini akan anda temui juga tuas one touch tumble yang berfungsi untuk melipat kursi dnegan menarik tuas tersebut. 

Dengan adanya fasilitas ini, penumpang akan lebih mudah untuk masuk ke dalam ruang kursi baris ke tiga. Baris ke tiga sendiri memiliki ruang yang cukup lega. Secara umum interior Daihatsu Sigra memiliki ruang yang cukup lega.

Dimensi Daihatsu Sigra Lumayan Bongsor

Puas membahas mengenai tampilan Interior dan Eksterior Daihatsu Sigra, Tim GarasiOtoMania kini akan membahas mengenai dimensi yang diusung oleh mobil tipe LCGC ini. 

Secara kasat mata, dimensi dari Daihatsu Sigra ini memang mirip dengan saudara kembarnya yaitu Toyota Calya. Dengan demikian penampilan dari Daihatsu Sigra akan terlihat bongsor seperti halnya Toyota Calya. 

Ukuran matematis dari Daihatsu Sigra adalah memiliki panjang 4070 mili meter dengan lebar mencapai 1655 mili meter dan tinggi 1600 mili meter. 

Dimensi Daihatsu Sigra
Dimensi Daihatsu Sigra
Jika anda membandingkannya dengan Mobil Daihatsu Xenia, maka Daihatsu Sigra akan memiliki ukuran yang sedikit lebih pendek yaitu 70 mili meter dan lebih ramping 5 mili meter serta akan lebih rendah 95 mili meter dengan mobil MPV sejuta umat Xenia.

Untuk ground clearance nya atau jarak terendah mobil ke tanah,  Daihatsu Sigra memiliki ukuran lebih pendek sekitar 20 mili meter jika dikomparasikan dengan Great New Xenia. 

Di bagian kaki – kakinya Daihatsu Sigra memiliki suspensi yang cukup kuat. Pada suspesi belakangnya digunakan sistem suspensi Torssion Beam sedangkan untuk suspensi bagian depan digunakan MacPherson Strut. 

Kedua sistem suspensi ini digabungkan dengan peer ulir untuck meningkatkan kenyamanan dari penumpangnya.

Lalu disektor pengereman, Daihatsu Sigra menggunakan teknologi pengereman cakram untuk bagian depannya, tentu fitur pengereman ini akan meningkatkan keamanan dari penumpang Daihatsu Sigra.

Sayangnya untuk fitur pengereman bagian belakangnya masih menggunakan rem tromol saja. Untuk rodanya, Daihatsu Sigra dikabarkan akan menggunakan velg tipe Alloy berukuran 16 inchi.

Mesin Daihatsu Sigra Tipe DOHC VVT-I yang Gahar

Pada segmen ini kita akan mengulas mengenai mesin Mobil Toyota Sigra. Jika sebelumnya kita sudah tahu bahwa spesfikasi interior dan eksterior dari Daihatsu Sigra cukup mumpuni, lalu bagaimanakah dengan mesin yang digunakan? 

Kabarnya Toyota Sigra akan membawa dua spesifikasi mesin yang berbeda yaitu mesin Tipe 1.0 untuk Daihatsu Sigra varian D dan Sigra M sedangkan mesin berkapasitas 1.2 liter untuk Daihatsu Sigra tipe X dan Sigra tipe R. Mari kita ulas satu persatu. 

Untuk mobil yang menggunakan mesin 1.0 Liter akan menggunakan mesin tipe DOHC VVT-I dengan 3 silinder dan menggunakan 12 katub yang berkapasitas mencapai 998 cc.

Untuk mesin jenis ini Daihatsu Sigra akan mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 65 PS saat putarannya mencapai 6000 rpm. 

Mesin Daihatsu Sigra
Mesin Daihatsu Sigra
Sedangkan torsi maksimalnya bisa mencapai 8.7 Nm untuk putaran 3.600 rpm atau torsi mencapai 8.9 pada putaran hingga 4.400 rpm. 

Yang kedua mesin tipe 1.2 Liter menggunakan mesin tipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-I yang akan menggunakan 4 silinder dengan 16 katub bersamanya. 

Kapasitas dari mesin ini mencapai 1.197 cc. Untuk mesin dengan spesifikasi ini Daihatsu Sigra mempu menghasilkan tenaga hingga mencapai 88Ps pada putaran 6000 rpm. 

Lalu torsi maksimumnya mencapai 10.8 Nm diputaran ke 4400 rpm.

Pada bagian sistem transmisinyaToyota Sigra menggunakan sistem 5 percepatan manual untuk mesin 1.0 liter, sedangkan untuk mesin 1.2 liter diberi tawaran sistem transmisi lima percepatan manual dan juga otomatis.

Dengan digunakannya mesin bertipe VVT-I diharapkan Daihatsu Sigra akan lebih hemat bahan bakar. Selain itu msin Daihatsu Sigra memiliki perbandingan kompresi 10.5 : 1. 

Angka ini menyiratkan bahwa mesin Daihatsu Sigra akan cocok bila menggunakan bahan bakar dengan oktan 88 ataupun premium.

Fitur Kenyamanan, Keamanan dan Keselamatan Daihatsu Sigra

Kita akhirnya sampai pada pembahasan mengenai fitur penunjang Daihatsu SIgra. Kali ini tim GarasiOtoMania akan membahas mengenai fitur penunjan secara lebih lengkap. 

Walaupun Daihatsu Sigra merupakan salah satu mobil murah LCGC namun, mobil ini tetap dilengkapi dengan fitur penunjang yang cukup. Baik fitur keselamatan, keamanan maupun fitur hiburan di persiapkan oleh Daihatsu secara baik.

Pada bagian fitur keselamatan, Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan teknologi ABS pada pengeremannya yang akan mencegah terjadinya ban terkunci saat dilakukan pengereman mendadak. 

Selain itu Daihatsu Sigra juga memiliki Brake Assistan, seat belt Air Bags pelindung dari benturan serta dilengkapi pula dengan crash sensor. 

Lalu untuk fitur keamanannya, Daihatsu Sigra sudah disemati dengan sistem alarm anti maling dan juga Centra Lock.

Terakhir pada bagian kenyamanannya, beberapa fitur penunjang secara rapi disematkan pada Dihatsu Sigra yaitu diantaranya adalah Power Steering, Audio 2 DIN, Port Soket USB, Bluethooth, AC, serta Audio visual. Secara umum, Daihatsu Sigra memang memiliki fitur penunjang yang cukup mumpuni.

Kami juga menyiapkan tampilan video bagi anda yang menyukai tampilan visual video mengenai Review Daihatsu Sigra

Namun bagi anda yang kurang menyukai video anda bisa melewati bagian ini, karena pada dasarnya kami sudah menguraikan secara gamblang mengenai spesifikasi Daihatsu Sigra.


Kelebihan dan Kekuranga Daihatsu Sigra

Setelah membahas mengenai Spesifikasi Daihatsu Sigra kini, kami akan menyamapaikan beberapa Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra. 

Sebagai salah satu mobil karya Daihatsu tentunya, mobil ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk memiliki banyak kelebihan, namun tidak mungkin ada gading yang tidak retak. 

Berikut ini adalah rangkuman yang kami buat mengenai Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra.

Kelebihan Daihatsu Sigra

  1. Kabin yang dimiliki cukup luas
  2. Mesin yang digunakan cukup bertenaga
  3. Penampilan yang stylish dan elegan untuk sebuah mobil LCGC

Kekurangan Daihatsu Sigra

  1. Tampilannya cukup bongsor
  2. Untuk varian rendah, fitur yang dibawa kalah dengan varian tingginya
  3. Pengereman bagian belakang masih menggunakan tromol
  4. Belum memiliki kamera parkir

Rangkuman Spesifikasi Daihatsu Sigra

 Dari uraian yang sudah disampaikan sebelumnya kami membuatkan rangkuman Spesifikasi Daihatsu Sigra sebagai berikut ini.

Dimensi Daihatsu Sigra
  • Memiliki Ukuran Panjang 4.070 mm lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm
  • Jarak terendah ke tanah 180 mm
  • Menggunakan sistem suspensi MacPherson Strut dan Torsion Beam
Mesin Daihatsu Sigra
  • Menggunakan tipe Mesin DOHC VVT-i atau Dual DOHC VVT-i menyesuaikan variannya
  • Kapasitas mesin 1000 cc atau 1200 cc
  • Tenaga maksimum 74 hp atau 80 hp
  • Menggunakan sistem transmisi FWD
Interior Daihatsu Sigra
  • Memiliki 5 pintu
  • Memiliki kapasitas untuk 7 orang
Fitur Keamanan dan Keselamatan
  • Menggunakan sistem pengereman Ventilated Disc (F) dan Disc (R)

Harga Daihatsu Sigra

Pada segmen terakhir ini kita akan membahas mengenai Harga Mobil Daihatsu Sigra. Tentunya Harga Mobil Daihatsu Sigra ini akan sangat dipengaruhi oleh Spesifikasi Kelebihan dan juga Kekurangan dari Daihatsu Sigra sendiri. 

Oleh karenanya, sebelum membahas lebih lanjut mengenai Harga Mobil Daihtasu Sigra, Tim GarasiOtoMania akan sedikit mengulas kembali mengenai spesifikasi mobil ini. 

Daihatsu Sigra mengusung konsep yang begutu elegan dan stylish. Mengingat bahwa mobil ini adalah kemmbaran dari Toyota Calya maka Daihatsu Sigra memiliki cukup banyak persamaan dengan tampilan Toyota Calya. 

Untuk bagian kabinnya, Daihatsu Sigra memiliki interior yang cukup lega dengan kapasitas mencapai tujuh orang. Kabin Daihatsu Sigra ini didesain secara rapi dan juga terkesan futuristik.

Selain itu di dalam kabin juga terdapat banyak fitur-fitur penunjang yang akan memanjakan penumpangnya, terutama pada segmen fitur kenyamanannya. Fitur kenyamanan ini terdiri atas fasilitas Audio sampai ke bagian AC mobil yang digunakan. 

Sedangkan untuk mesin yang digunakan, Daihatsu Sigra akan memberikan dua pilihan tipe mesin yaitu mesin dengan kpasitas 1000 cc atau 1200 cc. 

Kesemua mesin ini nantinya akan menggunakan teknologi VVT-i yang akan semakin meningkatkan performanya. Dengan spesifikasi yang diusungnya ini, kira-kira berpakah Harga Daihatsu Sigra?

Nah untuk harganya sendiri Daihatsu akan memasang cukup banyak harga pada mobil Daihatsu Sigra, hal ini dikarenakan terdapat beberapa pilihan varian dari Daihatsu Sigra. 

Beberapa varian yang ditawarkan adalah Daihatsu Sigra tipe 1.0 M MT, Daihatsu Sigra 1.0 D MT, tipe 1.2 X MT Daihatsu Sigra 1.2 R MT, Sigra 1.2 X MT dan juga Daihatsu Sigra 1.2 R AT. 

Untuk Daihatsu Sigra yang menggunakan mesin berkapasitas 1.0 liter akan menggunakan sistem transmisi 5 percepatan manual sedangkan Daihatsu Sigra yang menggunakan mesin berkapasitas 1.2 liter akan menggunakan sistem transmisi otomatis maupun manual.

Dengan beberapa tipe varian yang ditampilkan ini, tentunya masuk akal bila Daihatsu memasang beberapa harga yang berbeda untuk masing-masing varian Daihatsu Sigra. 

Dari berbagai sumber yang dikumpulkan oleh tim GarasiOtoMania kami mendapati bahwa untuk mobil Daihatsu Sigra varian terendah disandang oleh Sigra 1.0D MT dan Sigra 1.0 M MT. Harga untuk Daihatsu Sigra 1.0 D MT adalah Rp 79 juta sedangkan untuk Daihatsu SIgra 1.0 M MT mencapai Rp 86 juta.  

Untuk varian 1.2 X MT bisa anda dapatkan dengan harga Rp 92 Juta, untuk varian 1.2 R MT senilai Rp 96 juta lalu untuk Sigra varian 1.2 X AT Rp 101 juta dan varian Sigra termahal adalah Sigra 1.2 R AT dengan harga mencapai 106 juta. 

Nah harga ini nantinya jika kita pandang dari faktor PKB dan BBN maka harga untuk varian terendahnya akan mencapai 100 jutaan dan untuk varian tertinggi bisa mencapai Rp 150 jutaan.

Berikut ini adalah perkiraan Harga Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra 1.0 D M/T                Rp 79 juta
Daihatsu Sigra 1.0 M M/T               Rp 86 juta
Daihatsu Sigra 1.2 X MT                 Rp 92 juta
Daihatsu Sigra 1.2 R MT                 Rp 96 juta
Daihatsu Sigra 1.2 X AT                   Rp 101 juta
Daihatsu Sigra 1.2 R AT                   Rp 106 juta

Note :
  • Harga Daihatsu Sigra ini masih berupa perkiraan
  • Perbedaan lokasi pembelian akan mempengharuhi harga yang ditawarkan

Sekali lagi kami sampaikan bahwa harga yang ditampilkan diatas masih berupa perkiraan yang akan berubah saat Daihatsu secara resmi meluncurkan mobil ini. 

Kemudian harga ini juga masih berupa harga Off The Road yang masih perlu ditambah untuk harga Pajak Kendaraan Bermotor ataupun Bea Balik Nama (BBN).

Jika dilihat dari spesifikasi yang dibawanya, sepertinya Daihatsu Sigra nantinya akan cukup bisa memberikan warna baru pada dunia otomotif Indonesia terutama pada segmen mobil LCGC. 

Nah, demikian tadi ulasan kami mengenai Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Daihatsu Sigra, semoga bermanfaat untuk anda. 

Baca juga ulasan lengkap kami tentang mobil murah Datsun Redi GO dan juga Toyota Avanza Veloz.

Bocoran Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Daihatsu Sigra 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania