Harga Hyundai Tucson dan Spesifkasi Kelebihan dan Kekuranannya

Harga Hyundai Tucson | Spesifikasi Hyundai Tucson memang begitu menawan dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya dan tentunya tetap dengan kekurangan yang dimilikinya.

Hyundai Tucson adalah mobil yang berasal dari keluarga SUV Hyundai yang kedua. Mobil ini sendiri pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2010.

Pada awal dikeluarkan, Hyundai Tucson tidak memberikan pilihan mesin diesel bagi para konsumennya.

Saat itu hal ini dianggap sebagai kemunduran mengingat pada mobil sebelumnya, Hyundai telah menyediakan versi mesin dieselnya.

Namun, pada akhirnya kekurangan ini mampu dipecahkan oleh Hyundai dengan memberikan pengembangan yang menawan pada mobil Hyundai Tucson.

Alhasil mobil ini pun telah berhasil menjadi pesaing ketat mobil SUV kelas menengah seperti halnya Mobil Ford Ecosport, Honda CR-V dan juga Mazda CX-5.

Sebagai salah satu perusahaan asal negeri Gingseng, Hyundai tentunya tidak main-main dalam menggarap setiap mobil buatannya.
Hyundai Tucson
Hyundai Tucson


Berkat kerja keras dari Hyundai, jika dulu anda jarang menemui mobil-mobil produksi Hyundai di jalanan kini sudah semakin banyak Mobil beremblem huruf H ini di jalanan nusantara.

Hyundai Tucson pun sekarang menjadi salah satu ujung tombak penjualan mobil SUV Hyundai karena memang memiliki cukup banyak penggemar.

Secara tampilan Hyundai Tucson cenderung terlihat begitu sederhana dan juga simple. Mungkin ini mengadaptasi dari namanya yang juga terdengar simple di telinga kita.

Walaupun mengusung konsep yang simple, namun penampilan luar Hyundai Tucson tetaplah terlihat begitu menarik.

Tampilan Hyundai Tucson
Tampilan Hyundai Tucson
Apalagi dengan adanya aksen menarik pada bodynya. Pada pembuatan Huyundai Tucson ini, Hyundai melakukan desain secara mandiri mulai dari bagian lampu utama hingga grill depan yang dipakainya.

Karena hal ini, tampilan Hyundai terlihat menjadi lebih menawan dan terlihat modern.

Pada bagian interior pun tidak kalah mewah dengan tampilan eksteriornya, mobil ini memiliki desain ornament interior yang begitu menawan, baik itu pada bagian dashboardnya maupun pada bagian tempat duduknya.

Bahkan pada detail kecil sekalipun, Hyundai sepertinya sangat memperhatikannya.

Hal ini terlihat pada bagian spion pun dilenkapi dengan panel display dengan ukuran 4.3 inci. Panel ini akan mempermudah pengemudi dalam melihat keadaan di belakang mobil saat berkendara.

Tidak ketinggalan masalah performa mesin, Hyundai Tucson juga tidak kalah dengan mobil-mobil SUV lainnya. Mesin yang digunakan oleh mobil ini berkapasitas mencapai 2000 cc.

Mesin ini juga dipadukan dengan berbagai teknologi yang canggih sehingga akan membuat para penggunanya merasakan kenyamanan berkendara yang lebih maksimal.

Nah, dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya tentu Harga Hyundai Tucson juga akan menyesuaikan. Berapakah kira-kira harga yang dibandrolkan untuk mobil Hyundai Tucson ini?

Mari langsung saja kita simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini.

Tampilan Eksterior Hyundai Tucson

Pada pembahasan yang pertama tim GarasiOtoMania akan menyampaikan mengenai tampilan ekstrior dari Hyundai Tucson.

Secara sekilas tampilan dari mobil Hyundai Tucson ini memang begitu menawan. Desain yang digunakan berlandaskan prinsip alam yang stylish dan juga menarik.

 Pada tahun 2014 Hyundai Tucson mendapatkan sentuhan baru yaitu faclelift sederhana yang membuatnya tampil semakin elegan.

Pada bagian lampu utamanya digunakan DRL sehingga memiliki pencahayaan yang mumpuni. Lalu grill yagn digunakan pun juga mengalami peremajaan sehingga terlihat lebih modern.

Untuk velg yang digunakan terlihat begitu kokoh dengan warna chrome andalannya.

Untuk bagian belakang digunakan lampu LED yang akan membantu pengemudi lain dibelakang mobil untuk lebih bisa mengidentifikasi kehadiran mobil ini.

Head Lamp Hyundai Tucson
Head Lamp Hyundai Tucson
Lalu ada pula fitur panoramic sunroof pada bagian atas, sehingga penumpang bisa menikmati keindahan alam di luar mobil.

Jika kita kembali mencermati di bagian depannya tuntu akang banyak yang beranggapan bahwa mobil ini mirip dengan Hyundai Santa FE.

Memang benar Karena tampilan dari Hyundai Tucson ini memang hampir sama dengan tampilan mobil Santa FE.

Sebelumnya kami sudah pernah memabahas mengenai mobil ini, bagi anda yang belum membacanya, anda bisa membaca pada artikel

Spesifikasi dan Harga Hyundai Santa FE

Nah, kemudian pada mobil Hyundai Tucson ini digunakan grill baru dengan tampilan hexagonal terbaru sehingga terlihat begitu menawan.

Apalagi dibagian tengahnya terdapat emblem Hyundai yang khas dan menarik. Perawakan Hyundai Tucson ini benar-benar serasa ingin menyampaikan bahwa dirinya adalah salah satu mobil andalan dari Hyundai.

Kemudian kembali juga ke bagian lampu utama, ternyata bagian ini mengadopsi rectangle bi projector yaitu sebuah teknologi yang dirancang untuk memberikan penerangan maksimal di malam hari.

Eksterior Hyundai Tucson
Eksterior Hyundai Tucson
Kelebihan lain yang terdapat pada pencahayaan mobil Hyundai Tucson khususnya pada bagian headlamp adalah adanya fitur auto light control yaitu fitur yang akan aktif secara otomatis jika disekitas mobil pencahayaannya dirasa kurang begitu terang.

Dan tentunya tidak lupa, Hyundai Tucson ini juga memiliki lampu kabut (FOG lamp) yang siap digunakan untuk menerjang kabut yang pekat sekalipun.

Foglamp yang digunakan oleh Hyundai Tucson juga dilengkapi dengan LED DRL yang merupakan salah satu trend baru di kalangan mobil SUV.

Harga Hyundai Tucson memang lumayan tinggi, sehingga desain yang diusungnya pun tidak main-main.

Jika kita beralih ke bagian samping mobil Hyundai ini, kita akan mendapati bahwa tampilan Hyundai Tucson memang begitu modern, dengan berbagai perpaduan fitur berteknologi terbarunya.

Bahkan pada bagian spionnya terdapat fitur turning signal LED plus electric folding mirror yang bisa dilipat secara otomatis dengan menekan tombol dari dalam ruang kabin.

Turun ke bagian bahwanya yaitu di bagian kaki-kaki, anda akan mendapati velg khas SUV yaitu tipe alloy wheel dengan ukuran 17x17 dengan warna polisan gray.

Tidak berhenti sampai disitu saja, mobil ini juga menggunakn velg berukuran cukup lebar yaitu 7 nchi dan menggunakan ban dengan profil 60.

Tampilan Belakang Hyundai Tucson
Tampilan Belakang Hyundai Tucson
Pada bagian pengeremannya dipadukan dengan fitur ABS yang akan membuat mobil ini menjadi lebih mudah untuk dikendalikan.

Indentitas sebagai mobil SUV juga semakin kental terlihat saat Hyundai Tucson juga dilengkapi dengan roof rail pada bagian atapnya sehingga bisa digunakan untuk meletakkan barang bawaan tanpa mengurangi kapasitas ruang kabin di dalam mobil.

Menuju ke bagian belakang, anda akan dihadapkan dengan tampilan yang tidak kalah menariknya.

Konsep modern dari mobil ini tambak begitu jelas dengan adanya kombinasi LED Lamp dan Mufler tip dengan warna chrom yang tampil begitu sporty.

Secara keseluruhan tampilan dari Hyundai Tucson memang begitu menarik dan elegan.

Tampilan Interior Hyundai Tucson

Selanjutnya kita akan berlanjut ke bagian interior dari Hyundai Tucson. Jika mengamati tampilan eksterior dari Hyudai Tucson, tentuna anda sudah bisa membayang kan bagaimana tampilan dari interior Hyundai Tucson.

Di sector kabin ini, Hyundai menyeting tampilan Hyundai Tucson dengan begitu mewah. Tak salah memang, karena pada proyek pembuatan Hyundai Tucson ini, Hyundai meminta desainer professional untuk mendesain tampilan dalam dari mobil SUV ini.

Sayangnya bahan material yang digunakan pada interior ini sebenarnya kurang begitu bagus walaupun memang kualitas bahan ini, berhasil ditutupi dengan desain ergonomis yang begitu menawan.

Interior Hyundai Tucson
Interior Hyundai Tucson
Leg room yang ada pada mobil ini lumayan lega, baik yang ada di depan maupun di posisi belakangnya sehingga penumpang akan merasa nyaman saat menaiki mobil mewah ini.

Lalu pada bagian dashboarnya juga ditata begitu rapi, penempatan konsol dan tombol yang dimilikinya terlihat begitu kompak dan juga tidak membosankan.

Di bagian ini juga terdapat, fitur audio yang telh disinkronkan dengan tombol pada bagian kemudi untuk mengatur volume dari bagian stir kemudinya.

Secara keseluruan, ruang kabin Hyundai Tucson ini terlihat begitu luas, mobil ini bisa menampung hingga tujuh orang penumpang di dalamnya.

Ruangan luas ini juga didukung dengan adanya sun roof yang akan memanjakan penumpang untuk bisa menikmati keindahan langit saat berkendara.

Di bagian spionnya terdapat pula view camera berukuran 4.3 inchhi yang bisa membantu pengemudi saat mobil sedang dikendarai.


Fitur lain yang ada pada mobil ini adalah adanya system smart parking assist system yang akan membantu parker secara lebih mudah.

Terdapat pula fitur autonomous emergency braking system yang bisa dipakai untuk melakukan pengereman darurat.


Dimensi Mobil Hyundai Tucson

Setelah membahas mengenai tampilan dalam dan luar dari mobil ini, kini saatnya kita untuk mengulas mengenai ukuran matematis dari mobil Hyundai Tucson ini.

Sebelumnya telah disinggung bahwa mobil Hyundai Tucson adalah salah satu mobil tipe SUV sehingga tentunya anda bisa mengira-ira ukuran yang dimiliki oleh mobil ini.

Nah untuk panjangnya, Hyundai Tucson memiliki ukuran panjang mencapai 4.475 mili meter dan memiliki lebar 1.850 mili meter. Tinggi dari mobil ini mencapai 1.645 mili meter.

Namun untuk versi mobil Tucson yang lebih baru memiliki sedikit perbedaan yaitu pada bagian panjangnya 65 mili meter lebih panjang dan untuk lebarnya 30 mili meter lebih lebar dari ukuran sebelumnya.

Dimensi Mobil Hyundai Tucson
Dimensi Mobil Hyundai Tucson
Ukuran ini tentunya membuat Hyundai Tucson menjadi mobil yang gagah dan terlihat begitu kokoh.

Kemudian untuk ukuran jarak antar rodanya Hyundai Tucson memiliki ukkuran 2670, ukuran ini lebih panjang 30 mm dari ukuran sebelumnya.

Dan untuk ukuran bagasinya mencapai 513 liter jika joknya tidak ditekuk dan mencapai 519 liter jika bagasinya ditekuk.

Mesin Mobil Hyundai Tucson

Kita sampai pada bagian mesin mobil yang digunakan oleh Mobil Hyundai Tucson. Tim garasiOtoMania telah melakukan pengamatan pada bagian mesin ini dan mendapati beberapa fakta sebagai berikut ini.

Di bagian dapur pacunya ini, Hyundai Tucson menggunakan mesin dengan model NU 2.0 MPI dengan 4 silinder dan menggunakan 16 valve dengan teknologi D-CVVT.

Mesin ini memiliki kapasitas hingga mencapai 1.999 cc. Di putaran 6.200 rpm mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 158 ps. Lalu untuk torsi masimum yang dihasilkan mencapai 19.6 kg. m di putaran 4000 rpm.

Untuk mendukung tenaga besar yang dihasilkannya Hyundai menggunakan system suplai bahan bakar tipe Multi Point Injjection yang menjadikan Hyundai Tucson menjadi tetap ramah lingkungan dan irit.

Mesin Mobil Hyundai Tucson
Mesin Mobil Hyundai Tucson
Mobil ini bisa menggunakan baik itu bahan bakar berupa bensin maupun gasoline tentunya kedua bahan bakar ini adalah yang sudah direkomendasikan oleh pabrikannya.

Kemudian mobil Hyundai Tucson juga didukung dengan kemampuan akselerasi mumpuni menggunakan system transmisi 6 percepatan otomatis tipe shiftronic FWD.

Pada versi terbarunya sebenarnya Hyundai menghadirkan beberapa pilihan mesin yang bisa dipilih oleh konsumennya. Pilihan ini dibagi menjadi beberapa tipe mesin yaitu dua tipe mesin berbahan bakar bensin.

Tipe bensin ini adalah 1.6 liter GDI dengan tenaga 133 tk dan 1.6 liter turbo T-GDI yang mampu menghasilkan tenaga hingga 174 tk.

Sedangkan untuk mesin yang bertipe diesel terdapt beberapa pilihan yaitu diesel 1.7 L yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 113 tk, mesin 2.0 lieter dengan tenaga maksimal mencapai 134 tk dan mesin 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 181 tk.

Sebagai tambahan informasi untuk anda bahwa Konsumsi BBM mobil Hyundai Tucson ini mencapai  7-10 km/L (dalam kota), sedangkan saat digunakan untuk berjalan diluar kota mencapai  9-13 km./ L.

Fitur Keamanan Hyundai Tucson

Tidak ketinggalan Tim GarasiOtoMania juga akan membahas mengenai fitur penunjang keamanan yang dimiliki oleh Hyundai Tucson.

Fitur keamanan yang pertama adalah fitur ABS yaitu fitur yang akan mencagah terjadinya ban mengunci saat dilakukan pengereman secara mendadak oleh pengemudi.

Fitur Keamanan Hyundai Tucson
Fitur Keamanan Hyundai Tucson
Mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur power windows yang akan berhenti menutup secara otomatis jika saat menutup jendela terdapat suatu penghalang.

Terdapat pula fitur headrest protect the head and neck yan berfungsi untuk melindungi cidera di bagian leher dan kepala saat suatu ketika terjadi kecelakaan.

Fitur pelindung standar internasional juga terdapat pada mobil ini yaiut perfect force airbags yang akan mengembang secara otomatis jika terjadi benturan.

Rangkuman Spesifikasi Hyundai Tucson

Untuk mempermudah anda dalam memahami karakteristik dari mobil Hyundai Tucson, berikut ini kami juga menyiapkan rangkuman spesifikasi nya.

Mesin
  • Tipe mesin yang digunakan adalah  NU 2.0 MPI, D-CVVT
  • Memakai 4 buah Silinder
  • Banyak Valves adalah 16
  • Kupasitas mesin mencapai 1,999 cc
  • Tenaga Maksimum yang dihasilkan mesin mencapai 158 ps / 6200 rpm
  • Torsi Maksimum yang dihasilkan mesin mencapai19.6 kg.m / 4000 rpm
  • Kapasitas tangki BBM mobil mencapai 55 L (Gasoline)
Dimensi
  • Ukuran Panjang x Lebar x Tinggi adalah 4,410 x 1,820 x 1,655 mm
  • Jarak sumbu antar roda mencapai 2,640 mm
  • Jarak pijakan bagian depan atau belakang : 1585 x 1586 mm
  • Kapasitas Bagasi yang dimiliki adalah 591 liter
  • Berat dalam keadaan kosong 1,980 kg
Kaki-Kaki
  • Velg yang digunakan adalah  Alloy 17×7
  • ukuran ban yang dipakai : 225/60/R17
Interior
  • Memiliki Rear View Camera 4,3 inch
  • Dilengkapi Panorama Sunroof
Ekterior
  • Honeycomb bold hexagonal grille
  • Chrome Mufler tip
  • Rectangle Bi-Projector head lamp with auto Light Control
  • Roof Rail
  • Rear Lamp : LED combination Lamp
  • Out side mirror with electric folding mirror & turning signal
  • Fog lamp with LED Day Time Running Light
  • Wheel Arch Garnish dan Wheel
Fitur Keselamatan
  • Power window controls
  • Burglar Alarm
  •  Reverse Parking Sensor
  • Headrests protect the head & neck
  • Immobilizer
  • Perfect-force airbags

Review Hyundai Tucson

Di bawah ini adalah video, review Hyundai Tucson menggunakan bahasa inggris pembahasannya lumayan komplit sehingga kami menyarankan utnuk anda. Namun jika anda kurang berminat dengan tayang an video, silakan meloncati bagian ini dan melanjutkan membaca. 

Rangkuman Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hyudai Tucson 

Berikut ini kami telah merangkum, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mobil Hyundai Tucson, rangkuman ini kami buat berdasarkan pengalaman para pemilik Hyundai Tucson.

Kelebihan Hyundai Tucson

  1. Kelebihan Hyundai 
  2. Peningkatan kualitas mesin
  3. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit
  4. Memiliki Ground Clearance yang tinggi
  5. Memiliki pilihan sistem transmisi manual

Kelemahan Hyundai Tucson

  1. Memiliki visibilitas kebelakang yang kurang mendukung
  2. Dirasa kurang nyaman
  3. Tampilan interior terlihat sedikit murahan
  4. Sistem peredam dalam ruang kabin kurang berfungsi maksimal
  5. Memiliki harga baru yang terlalu tinggi
  6. Ukurannya kurang mendukung untuk digunakn bermanuver di daerah perkotaan

Harga Hyundai Tucson

Akhirnya kita sampai pada bagian yang paling ditunggu yaitu mengenai Harga Mobil. Tentunya harga mobil akan sangat dipengaruhi oleh spesifikasi yang diusungnya.

Oleh karena itu sebelum mengulas secara lebih dalam mengenai harga mobil Hyundai Tucson, seperti biasa tim GarasiOtoMania akan mengulas mengenai spesifikasi mobil secara lebih ringkasnya.

Hadir pertama kali pada tahun 2010, mobil Hyundai Tucson ini terus mengalai perubahan dan penyempurnaan.

Mobil ini memiliki penampilan yang begitu menawan dengan postur mobil besar yang gagah khas mobil SUV.

Mobil ini merupakan salah satu kandidat terkuat dalam penempatan mobil SUV kelas menengah yang terbaik. Di bagian interiornya pun sangat mumpuni. 

Walaupun bahan baku yang digunakan segikit kurang berkualitas, namun tamplan desain yang ergonomis berhasil menutupi kekurangannya.

Dari segi fitur mobil ini memiliki fitru penunjang yang cukup lengkap. Dan untuk bagian dapur pacunya kapasitas mesin yang dipakai juga sudah begitu mumpuni.

Dengan berbagai kkelebihan yang dimilikinya ini, kira-kira berapakah harga yang dibandrol untuk mobil Hyundai Tucson ini?

Berdasarkan informasi yang diperoleh oleh tim garasi OtoMania, harga Hyundai Tucson baru dan bekas adalah sebagai berikut ini.

Harga Hyundai Tucson Terbaru

Harga Hyundai Tucson GLS AT Baru
  • Rp.352.000.000,-
Harga Hyundai Tucson XG AT Baru
  • Rp.387.500.000,-

Harga Hyundai Tucson Bekas / Second

Harga Hyundai Tucson Tahun 2010 - 140 juta
Harga Hyundai Tucson Tahun 2011 - 150 s.d 160 juta
Harga Hyundai Tucson Tahun 2012 -165 s.d 175 juta
Harga Hyundai Tucson Tahun 2013 - 200 s.d 210 juta
Harga Hyundai Tucson Tahun 2014 - 270 s.d 285 juta
Harga Hyundai Tucson Tahun 2015 - 310 s.d 335 juta

Catatan :
  1. Harga yang kami tampilkan bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu
  2. Kemungkinan terjadi perbedaan harga dimasing-masing daerah
  3. Harga yang kami tampilkan adalah harga untuk wilayah On The Road Jakarta

Memang harga yang disematkan untuk mobil Hyundai Tucson cukup mahal, namun tentunya ini sudah sangat sesuai dengan berbagai fitur yang dimilikinya. 

Nah demikian tadi ulasan kami mengenai Spesifikasi, Kelebihan, Kelemahan dan Harga Mobil Hyundai Tucson. Semoga review kami ini bisa bermanfaat untuk anda sekalian. 

Jangan lewatkan juga ulasan lengkap kami lainnya mengenai Mobil Hyundai i20 dan Hyundai Grand Avega

Harga Hyundai Tucson dan Spesifkasi Kelebihan dan Kekuranannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania