Spesifikasi Kelebihan dan Harga Toyota Hilux Terbaru 2017

Spesifikasi Kelebihan dan Harga Terbaru Toyota Hilux - Setelah terlalu sering membicarakan mengenai tipe mobil keluarga, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai mobil dari jenis pick up. Mobil yang akan kita bahas ini berasal dari perusahaan kawakan asal Jepang yang sudah lama berkecimpung di duni otomotif Indonesia. Yup, kali ini kita akan membahas produk terbaru dari Toyota. Baru-baru ini perusahaan asal negeri sakura ini merilis kembali mobil tipe pick up nya. 

Seperti tidak mau kalah dengan perusahaan-perusahaan lainnya seperti halnya Ford maupun Mitsubisi, Toyota pun akhirnya merilis pick up terbarunya yang diberi nama Toyota Hilux

Mesikipun waktu rilis dari Toyota Hilux sedikit lebih molor jika dibandingkan dengan para pesaingnya yaitu Ford Ranger dan juga Mitsubishi Strada Triton, namun sepertinya hal ini tidak menjadi masalah berarti untuk Toyota sendiri. 

Toyota Hilux sendiri seakan hadir sebagai sebuah makanan penutup yang akan begitu leza dan mempesona yang tercermin jelas dari bagian interior dan juga eksterior mobil ini. 

Spesifikasi Toyota Hilux
Spesifikasi Toyota Hilux


Kehadiran Toyota Hilux ini sendiri membawa beban dengan pertaruhan nama besar Toyota, karena merupakan ujung tombak Toyota di segmen pasar niaga dan komersial. 

Memang sebelumnya sebelum Hadirnya Toyota Hilux ini, para pecinta otomotif telah terlebih dahulu menggemari mobil-mobil sejenisnya seperti Nissan Navara, Mitsubishi Triton atau yang terakhir ini adalah Ford Ranger. 

Tetapi sepertinya dengan hadirnya salah satu produk buatan Toyota ini, arah haluan pasar ini akan mengalami perubahan. 

Sebagai ujung tombak Toyota dalam menyasar pasar mobil komersial dan bisnis, Toyota Hilux sendiri hadri dengan berbagai kelebihan yang sengaja disematkan agar mobil ini mampu bersaing. 

Dari segi interior tentunya Toyota Hilux dibekali tampilan yang begitu kompak sehingga menimbulkan kesan kenyamanan tingkat tinggi. Sedangkan di bagian luarnya juga nampak begitu apik dan sporty. 

Untuk All New Toyota Hilux sendiri dibedakan menjadi dua macam tipe yaitu Toyota Hilux yang menggunakan mesin diesen dan juga Toyota Hilux yang menggunakan mesin bensin dengan kapasitas mencapai 2.0L. 

Pada Toyota Hilux versi diesel mesin yang disematkan adalah tipe DOHC 4 silinder yang segaris dan mempunyai kubikasi mencapai 2,494 cc. 

Kemudian untuk versi mobil Hilux bensin, mesin yang digunakan adalah tipe DOHC dual VVT-I dengan kubikasi mencapai 1.998 cc.

Tampilan Toyota Hilux
Tampilan Toyota Hilux

Kedua tipe mesin dari Toyota Hilux menggunakan sistem transmisi tipe manual. 

Perbedaannya jika pada Toyota Hilux bermesin bensin menggunakan 5 percepatan manual, sedangkan untuk Toyota Hilux tipe diesel menggunakan sistem transmisi 6 percepatan manual. 

Toyota sendiri menaruh harapan yang besar terhadap pasaran otomotif di Indoensia tentunya agar bisa meraih kesuksesan seperti halnya pada versi-versi sebelumnya. 

Kita tentunya tahu bahwa pasar kendaraan tipe pick up belakangan ini semakin menjamur. Pasalnya memang permintaan akan mobil jenis ini semakin banyak setiap harinya. 

Hal ini sepertinya merupakan salah satu alasan mengapa Toyota juga secara berani ingin ikut meramaikan pasar mobil jenis pick up itu. 

Nah untuk lebih jelasnya marilah kita simak bersama penjelasan berikut ini yang akan secara lengkap mengulas mengenai mobil Toyota Hilux versi terbarunya. 

Tentu saja di bagian akhir kami juga akan menyertakan harga yang dibandrolkan untuk mobil ini.

Spesifikasi Toyota Hilux Versi Terbaru

Tampilan Eksterior Toyota Hilux Versi Terbaru yang Macho

Di kesempatan pertama ini  kita akan lebih membahas mengenai tampilan dari Toyota Hilux secara keseluruhan. 

Jika kita mengamati tampilan dari Toyota Hilux kita akan mendapati bahwa mobil ini memang nampak lebih bongsor dibandingkan dengan versi terdahulunya. 

Headlamp yang diguankan pada Toyota Hilux termasuk cukup besar dengan bentuk trapesiumnya yang melebar ke bagian atas. 

Untuk fornt grillnya Toyota Hilux masih mengusung tipe desain besi dengan tingkatan yang dipadu menggunakan aksen krom pada varian dobel kabin sera menggunakan tipe black doff untuk tipe single cabin. 

Tampilan Eksterior Toyota Hilux
Tampilan Eksterior Toyota Hilux
Untuk semakin memperindah tampilan pada bagian fascianya digunakan foglamp yang lumayan besar dipadukan juga menggunakan desain bumper yang terlihat begitu dinamis. 

Bumper ini juga telah diatur sedemikian rupa sehingga tetap memiliki jarak yang cukup jauh dengan tanah. Selanjutnya kita akan beranjak pada bagian samping dari Toyota Hilux

Di bagian samping terdapat lekukan-lekukan yang sengaja di desain untuk memperindah tampilannya dan tentunya juga mendukung konsep aerodinamis dari sebuah body. 

Sementara untuk kaca sampingnya menggunakan desain standar seperti halnya pada versi sebelmunya. 

Kemudian untuk menambah kegagahan dari Toyota Hilux juga disematkan tubular steep side yang memiliki warna doff hitam. 

Beralih pada bagian belakang dari Toyota Hilux, kita akan mendapati stoplamp berbentuk kotak yang secara apik tersemat pada ekor mobil ini. 

Di samping indikaor sein terdapat aksen berbentuk segitiga yang semakin mempermanis tampilan dari bagian belakang Toyota Hilux ini. 

Berbeda dengan bumper depannya, pada bagian belakang bumper yang digunakan cenderung lebih minimalis yang dilengkapi dengan part baja pada bagian bawah bak dengan balutan warna silver.

Tampilan Interior dari Toyota Hilux Dilengkapi dengan Fitur Canggih

Kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai tampilan interior dari Toyota Hilux

Berbeda dengan mobil-mobil tipe vehicle truck lainnya yang lebih mementingkan performa dan kapasitas dari bak yang dimiliki, Toyota Hilux juga menaruh perharian yang besar di bagian interiornya. 

Bahkan pada varian mobil paling tinggi yaitu Toyota Hilux tipe 2.5 E 4 x 4 Double kabin sudah menggunakan kualitas interior tingkat atas. 

Bisa kita amati di bagian stirnya yang nampak elegan dengan adanya bahan baku kulit serta disemati dnegan panel-panel instrument yang mendukung kerja pengendara. 

Untuk bagian dasbornya sendiri digunakan layar sentuh dengan ukuran 6.1 inci yang memiliki fungsi utama untuk melakukan input audio dan tentunya juga bisa disambungkan dengan iPod menggunakan sambungan Bluetooth. 

Kemudian layar speedometernya sendiri menggunakan teknologi TFT berukuran 4,2 inchi yang berpenampilan begitu futuristic. 

Tampilan Interior Toyota Hilux
Tampilan Interior Toyota Hilux

Dengan demikian panel speedometer dari Toyota Hilux ini mampu secara akuran memberikan informasi seputar mobil yang sedang berjalan. 

Fitur Easy 4x4 Switch juga disematkan pada mobil Toyota Hilux ini. Namun pada varian standar beberapa fitur ini tidak disematkan, sehingga varian standar ini lebih mengandalkan pada materi berkualitas yang digunakan. 

Material ini adalah kulit yang terlihat begitu elegan. Sementara itu teknologi tachometer sudah tersemat baik pada versi standar maupun tipe single cabin. 

Teknologi ini mampu memberikan informasi lengkap mengenai keadaan mobil. Di tambah lagi terdapat lampu eco indikator yagng dapat digunakan utnuk mengatur model berkendara anda.

Untuk daya tampung, terdapat perbedaan pada tiap variannya, pada Toyota Hilux tipe dobel kabin, mampu menampung empat orang penumpang.

Lalu untuk yang memiliki extra kabin pada tipe single kabin, bagian belakang kabin dapat digunakan untuk menampung barang atau sebagai bagasi saja. 

Walaupun sebenarnya bisa juga untuk menampung orang, hanya saja memagn kurang aman, mengingat tidak adanya seat belt pada extra kabin ini.

Selanjutnya untuk Toyota Hilux tipe single kabin mampu menampung penumpang hanya dua orang saja, dan sebagai konsekwensinya bak bagian belakangnya menjdai lebih lega sehingga mampu memuat lebih banyak barang.

Dimensi Fisik Toyota Hilux yang Siap Menempuh Segala Medan

Toyota Hilux memang dirancang untuk melewati berbagai medan baik itu medan yang rata maupun yang kurang bersahabat. 

Dengan konsep ini maka secara sengaja Toyota mendesain Toyota Hilux dengan body yang kokoh dan cukup besar. 

Toyota Hilux mempunyai panjang mencapai 5,285 mili meter dengan lebar mencapai 1,800 mili meter dan tinggi 1,825 mm. 

Ukuran dimensi ini membuat Toyota Hilux nampak begitu bongsor tetapi ukuran ini dirasa pas untuk jenis mobil truck vehicle. 

Sengkan untuk meningkatkan performa dari Toyota Hilux, jarak sumbu roda yang digunakan berukuran 3.085 mili meter dan memiliki bobot dalam keadaan kosong mencapai 2.008 kilo gtam atau 2 ton.

Dimensi ini adalah untuk tipe mobil dobel kabin Toyota Hilux. Sementara untuk Toyota Hilux single kabin memiliki ukuran dimnensi yang berbeda. 

Ukuran untuk varian single kabin tentunya lebih ramping dibandingkan dengan varian dobel kabin. 

Varian single kabin ini memiliki panjang mencapai 4.930 mili meter dengan lebar 1.800 mili metr dan tinggi sekitar 1,685 mili meter. 

Untuk whellbase nya berukuran 2.755 mili meter dan memiliki bobot mencapai 1, 5 ton atau lebih tepatnya 1.583 kilo gram. 

Sebagai mobil tipe pick up, bukan hanya bodynya saja yang didesain untuk sesuai dengan spesifikasinya, tetapi juga ground clearance yang dibuat lebih tinggi sehingga akan lebih mudah dalam melewati berbagai medan bahkan akan tetap lancer untuk digunakan menyebrang perairan dengan kedalaman tertentu. 

Beralih ke bagian suspensi Toyota Hilux menggunakan sistem suspensi dengan jenis dobel whisbone untuk bagian depan dan menggunakan sistem suspensi leaf spring rigid axle untuk bagian belakangnya. 

Sistem suspensi ini sudah cukup terkenal di kalangan mobil tipe vehivle truk sehingga ketangguhannya sudah tidak diragukan lagi. 

Dua tipe suspensi yang dipasangkan pada mobil ini membuat Toyota Hilux mejadi lebih nyaman saat dikendarai. 

Kemudian dibagian kaki-kakinya Toyota Hilux menggunakan ban dengan ukuran 225/70 yang dibalutkan pada velg berukuran 15 inci pada tipe 2.0 L dan velg berukuran 17 inchi untuk Toyota Hilux tipe 2.5 L.

Toyota Hilux dengan Mesin DOHC dual VVT-i Hasilkan Performa Maksimal

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai dapur pacu dari Toyota Hilux. 

Jika sebelumya kita sudah menyinggung bahwa tipe mobil truck vehicle biasanya memiliki mesin berperforma tinggi, maka sekarang mari kita ulas bagaimanakah mesin yang dijejalkan pada Toyota Hilux. 

Kita telah menyebutkan sebelumnya bahwa terdapat dua macam tipe varian dari Toyota Hilux yaitu yang bertipe diesel dan bensin. 

Yang pertama kita bahas mengenai mesi pada tipe diesel. Mesin ini mengusung tipe DOHC 4 silinder dengan 16 valve. 

Mesin Toyota Hilux
Mesin Toyota Hilux

Mesin ini adalah jenis mesin dari Toyota 2KD FTV dan memiliki kubikasi mencapai 2.494 cc. 

Dengan spesifikasi ini, Toyota Hilux tipe diesel mampu menghasilkan tenaga sebesar 144 Ps saat putaran mesinnya mencapai 3.400 rpm. 

Sedangkan untuk torsi maksimalnya bisa mencapai 35 Kgm saat putaran mencapai 1600 hingga 2800 rpm.

Mesin ini didukung dengan adanya teknologi Fuel Injection sehingga pembakaran yang terjadi bisa lebih sempurna. 

Mesin tipe disel yang digunakan ini akan menghasilkan tenaga yang lebih besar dan tentunya tetap responsive.

Tetapi sudah menjadi rahasia umum bahwa mesin tipe diesel akan cukup kasar saat dipacu secara maksimal. Versi kedua dari mesin ini adalah yang menggunakan bensin. 

Pada varian ini digunakan mesin bertipe DOHC Dual VVT-I yang memiliki 4 silinder dengan 16 line 16 Valve. 

Mesin ini merupakan tipe mesin utnuk tipe Toyota 1TR-FE. 

Mesin ini memiliki kubikasi yang lebih kecil yaitu sebesar 1998 cc. 

Dengan spesifikasi mesin ini dipercaya Toyota Hilux dapat memiliki tenaga mencapai 139 PS saat putarannya mencapai 5600 rpm. 

Dan untuk torsinya mampu mencapai 18.7 Kgm saat putarannya mencapai 4000 rpm. 

Sama seperti pada varian diesel, mesin ini juga sudah menggunakan teknologi Fuel Injection yang akan membantu pemakaian bahan bakar secara lebih efisien dan hemat. 

Perbedaan mendasar antara tipe bensin dan tipe diesel adalah terletak pada performa dan kehalusan mesinnya. 

Pada tipe diesel anda akan memperoleh performa mesin yang tinggi sedangkan pada tipe bensin anda akan memperoleh kualitas mesin yang lebih halus. 

Perbedaan lain dari kedua jenis mesin ini adalah terletak pada sistem transmisi yang digunakan.

Pada Toyota Hilux versi diesel digunakan sistem transmisi 6 percepatan manual sedangkan untuk Toyota Hilux versi bensin akan digerakkan menggunakan sistem transmisi 5 percepatan manual.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan Toyota Hilux

Walaupun Toyota Hilux menyasar pada segmen mobil pikup multifungsi atau truck vehicle, namun mobil ini tidak menelantarkan segmen interiornya. 

Pada bagian interior terdapat banyak fitur pelengkap yang menjadikannya begitu nyaman untuk dinaiki. 

Nah sekarang kita akan mulai untuk melakukan pembahasan mengenai fitur penunjang mobil Toyota Hilux ini. 

Toyota menyebutkan bahwa pada mobilnya kali ini, berbagai fitur penunjang telah disematkan dengan harapan akan meningkatkan kenyamanan penumpang saat berkendara. 

Fitur yang akan lengsung mencuri perhatian dibagian dasbornya adalah layar LCD 4,3 inchi yang merupakan layar jenis TFT. 

Fitur Kenyamanan Toyota Hilux
Fitur Kenyamanan Toyota Hilux
LCD ini digunakan untuk menyajikan berbagai informasi berkaitan dengan mobil dengan penampilan yang lebih menarik. 

Fitur Sport Sequential Shiftmatic juga diletakkan pada bagian kemudi sehingga membuat membuatnya lebih menarik. 

Sebagai penunjang fitur hiburan terdapat pula LCD yang bisa dugunakan untuk mendisplay playlist music yang dapat pula diintegrasikan dengan gadget anda. 

Kemudian pada fitur keamanan terdapat teknologi Vehicle Stability Control (VSC) yang membuat mobil akan tetap stabil selama melewati tikungan tajam sekalipun. 

Terdapat pula fitur canggih Hill Start Assistant control yang akan membantu pengemudi dalam mengendalikan mobil selama melewati rute menanjak. 

Di bagian pengereman juga sudah disemati fitur Anti-Lock Braking System (ABS) sehingga pegnereman yang dilakukan akan lebih maksimal.

Toyota Hilux juga memiliki fitur Rear Differential Lock System dan Airbag System yang merupakan sistem keselamatan untuk mengamankan penumpang pada bagian depan. 

Sedikit berbeda untuk versi kabin ganda ada tambahan knee airbags serta curtain side airbags yang semakin meningkankan keamanan dari penumpangnya. 

Terdapat pula fitur-fitur penunjang misalkan Audio 2 Din 4 Speaker, power windows seta AC dobel blower yang akan membuat Toyota Hilux semakin nyaman.

Mesin

  • Mesin Tipe : 2KD-FTV,4 Cylinder, in line 16 valve DOHC
  • Isi Silinder : 2,494 cc
  • Diameter x langkah : 144 ps/ 3,400 rpm
  • Sistem pembakaran : Fuel Injection
  • Bahan Bakar : Diesel
  • Kapasitas Bahan Bakar : 80 L
Dimensi
  • P X L X T : 5,285X1,800X1,815MM
  • Jarak Pijak depan/belakang : 1517/1522
  • Jarak Poros Roda : 3085
  • berat : 2008 kg
  • Kapasitas Tangki : 80 L
  • Panjang dek : 1.525 mm
  • Lebar Dek :1.540 mm
  • Tinggi Dek Kargo : 480 mm
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Suspensi Depan : Doble Wishbone
  • Suspensi Belakang : Leaf Spring Rigid Axle
  • Rem Depan : 16 Disc
  • Rem Belakang : Leading Trailing Drum
  • Pengereman tambahan : ABS
  • Steering : Gear Rack & Pinion
  • Ukuran Ban : 225/70R17 STEEL
Eksterior
  • Lampu Depan
  • Pengatur Ketinggian Lampu Depan
  • Lampu sign Tambahan Samping
  • Velg Roda
  • Kaca spion
  • Wiper Depan
Interior
  • Meter Kombinasi
  • Roda Kemudi
  • Audio
  • Air Conditioner
  • Kursi Depan : Head rest, sliding, height
  • adjuster, receling
  • Arm Rest Belakang
  • Lumbar Support
    Tirai UV
  • Sensor Hujan
Fitur dan Keamanan
  • Anti-Skid Brakes (ABS)
  • Electronic Brake Distribution (EBD)
  • Brake Assist (BA)
  •  Dual SRS Airbag
  • Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter
  • Immobiliser

Harga Toyota Hilux Terbaru

Akhirnya kita sampai pada pembahasan mengenai harga dari Toyota Hilux. Namun sebelum kita mulai membahas berkaitan dengan harga dari Toyota Hilux kita akan menarik kesimpulan mengenai spesifikasi yang dimiliki oleh Toyota Hilux. 

Karena bagaimanapun, Harga Mobil akan dipengaruhi oleh kelebihan dan spesifikasi yang dimilikinya. 

Dari segi penampilan luarnya Toyota Hilux nampak begitu gagah dan kokoh. Dibekali dengan dua macam jantung pacu pada kedua variannya yaitu DOHC kapasitas 2500 cc dan DOHC berkapasitas 2000 cc menjadikan mobil ini semakin tangguh dalam melaju. 

Berbeda dengan mobil tipe truck vehicle lainnya yang biasanya mengabaikan kenyamanan kabin, Toyota Hilux justru menaruh perhatian yang besar pada kabinnya, bahkan salah satu variannya ada yang memiliki kualitas kabin kelas atas. 

Berbagai fitur disematkan pada mobil Toyota Hilux ini, beberapa diantaranya adalah sistem keselamatan seperti Airbags dan ABS lalu untuk fitur kenyamanannya terdapat fitur layar TFT berukuran 4 inchi yang akan memberikan informasi sekaligus kendali audio. 

Dengan spesifikasi yang seperti ini, kira-kira berapakah harga yang dibandrolkan untuk mobil Toyota Hilux  versi terbaru ini?

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman resmi Toyota Indonesia, harga dari Toyota Hilux memang cukup bervariasi, tentu hal ini dipengaruhi oleh varian mobil yang dimilikinya. 

Mobil Toyota Hilux versi bahan bakar bensin dengan kapasitas 2000 cc single kabin memili harga paling murah yatiu dibandrol harga 197 juta.

Kemudian untuk versi disel yang emmiliki tiga pilihan varian juga memiliki tiga macam harga. 

Untuk Toyota Hilux versi diesel dengan harga paling murah ditempati oleh varian Hilux 2.5 Diesel M/T Single Cabin yaitu memiliki harga mencapai Rp 214,9 juta. 

Kemudian untuk Toyota Hilux 2.5 tipe G yang memiliki kualitas interior lebih baik dari pada Toyota Hilux versi E dibandrol harga mencapai Rp 401 jutaan. 

Pada posisi paling mahal ditempati oleh tipe 2.5 V 4X4 A/T dengan kisaran harga Rp 438 jutaan. Dengan adanya banyak pilihan ini membuat anda lebih mudah untuk menentukan mobil mana yang akan anda pilih. 

Daftar Harga Toyota Hilux

Harga Toyota Hilux 2.5 E 4X4 M/T Double Cabin
  • Rp. 377.700.000,-
Harga Toyota Hilux 2.5 G tipe G
  • Rp.401.000.000,-
Harga Toyota Hilux 2.5 V 4X4 A/T Double Cabin
  • Rp.438.000.000,-
Harga Toyota Hilux 2.0 Gasoline M/T single Cabin
  • Rp.197.000.000,-

Yang perlu kami garis bawahi adalah bahwa harga yang dipampang di atas merupakan harga On The Road untuk wilayah DKI Jakarta sehingga pastinya akan mengalami perubahan jika anda membelinya di daerah yang berbeda. 

Dengan adanya perbedaan harga ini, alangkah lebih baiknya jika anda mempersiapkan budget ekstra untuk meminang mobil ini. 

Anda juga perlu lebih memahami masing-masing tipenya sebelum menentukan mobil tipe mana yang akan anda pilih. 

Nah itu tadi review kami mengenai Toyota Hilux. Baca juga review lengkap kami mengenai Ford Ranger dan Mazda CX-9

Spesifikasi Kelebihan dan Harga Toyota Hilux Terbaru 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania