Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga Mazda RX-8 Terlengkap

Spesifikasi dan Harga Mazda RX-8 – Mobil Mazda RX-8 dihadirkan dengan konsep sport car yang begitu handal dan keren. Mobil ini menggunakan mesin tipe rotary yang terkenal sangat kuat. 

Mobil Mazda RX-8 memiliki tampilan dengan empat buah pintu berdesain unik. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada sebuah pameran North American International Auto Show di tahun 2001. 

Namun mobil Mazda RX-8 diproduksi secara masal pada tahun 2003. 

Mobil ini digadang-gadang akan meneruskan kesuksesan yang telah ditorehkan oleh mobil Mazda RX-7. 

Tetapi mobil ini sepertinyaa juga akan bersaing secara ketat dengan mobil-mobil sekelasnya seperti Honda S2000 , BMW M3, Mercedes SLK series Audi TT dan Toyota Celica.

Banyak yang mengatakan bahwa setelah mengendarai mobil ini, anda akan mendapatkan pengalaman berkendara yang sangat sangat menyenangkan. 

Penumpang Mazda RX-8 akan mendapatkan pelayanan ekstra dari mobil mewah ini. Mobil ini memberikan kenyamanan tingkat tinggi bagi setiap penumpangnya. 

Hall ini menjadikan mobil Mazda RX-8 sebagai salah satu mobil tipe sport yang banyak diburu oleh para penggemar dunia otomotif sport. 
Mazda RX-8
Mazda RX-8
Mobil Mazda RX-8 Sport memang sudah berhasil mencuri banyak pasang mata hanya dengan memperlihatkan penampilan luarnya saja.

Desainnya yang sporti membuatnya nampak begitu gagah dalam menapaki aspal di Indonesia.

Dengan konsep mobil sport yang diusungnya, Mobil ini didesain sedemikian rupa sehingga tidak hanya terlihat gagah namun juga mewah.

Pada bagian depannya sudah dilengkapi dengan lampu kabut yang dapat menembus pekatnya kabut di jalanan. 

Lalu untuk semakin meningkatkan penampilan pada bagian belakangnya juga di diberikan perpaduan antara lampu belakang dengan lapisan warna hitamnya. 

Dari segi keamanan pun mobil ini juga telah memiliki fitur air bag SRD Front side yang akan menjamin keselamatan penumpangnya.

Kemudian bagian yang biasanya paling dibanggakan dari sebuah mobil sport adalah daerah dapur pacunya. Nah pada dapur pacu mobil ini juga dijejali dengan mesin bertenaga besar. 

Tampilan Mazda RX-8
Tampilan Mazda RX-8
Pada salah satu variannya yaitu Mazda RX-8 Spirit digunakan mesin Renesis Rotary Engine yang mempunyai dua buah totoe dengan kapasitas 1.3 liter. 

Mesin ini dikatakan mampu menhasilkan tenaga hingga 11 Ps saat mencapai 7500 rpm. Tentunya dengan digunakannya mesin bertenaga seperti ini, Mazda RX-8 menjadi sangat tangguh untuk diajak melaju.

Nah sebenarnya sejauh manakah kualitas dari mobil sport Mazda RX-8 ini? Tim GarasiOtoMania telah menyiapkan pembahasan mengenai Spesifikasi Mazda RX-8 dan juga Harga Mazda RX-8 untuk menjawab berbagai pertanyaan yang anda miliki.

Desain Eksterior Mazda RX-8

Pada bagian pertama ini, tim GarasiOtoMania akan mengulas mengenai tampilan luar dari mobil Mazda RX-8. Dari segi desain luar mobil ini nampak begitu sporty dan juga elegan. Mobil ini memakai desain lampu yang terlihat runcing pada ujungnya sehingga terlihat begitu agresif. 

Pada beberapa versinya mobil ini telah dilengkapi dengan lampu kabut yang akan membuat pengemudinya tidak kehilangan pandangan saat kabut turun. 

Lalu untuk mobil Mazda RX-8 versi prefacelift pada desain depannya terutama di bagian bumper belum memiliki foglamp. 

Sedangkan pada versi facelift 2009, lampu kabut ini telah disematkan secara rapi di bagian bumpernya. 

Desain Ekterior Mazda RX-8
Desain Ekterior Mazda RX-8
Beralih ke bagian samping mobil, Mazda RX-8 mengusung konsep tampilan 4 pintu yang begitu menarik.
Anda bisa membayang kan tampilan dari pick up offroad extra cab saat membuka pintu yang dimilikinya.

Oh ya,, mobil ini juga digolongkan sebagai couple sport car dengan mobil tampilan yang diusungnya ini.

Hal ini berbeda dengan mobil Sport milik Honda yang hanya mengusung dua jok saja yaitu mobil Honda CR-V. Dengan demikian mobil ini akan memiliki kabin yang lebih longgar.


Kemudian kita berlanjut ke bagian belakang dari mobil sport ini. 

Di bagain belakang anda akan mendapai tampilan sporty yang tidak kalah dengan tampilan depannya. Tipe Stoplamp yang digunakan berpenampilan sporty seperti halnya headlamp yang digunakan. 

Jika anda memandangnya secara sekilas anda bisa membayangkan tampilan dari lampu belakang mobil Honda S2000, karena tampilannya memang sangat mirip.

Interior Mobil Mazda RX-8

Selanjutnya kita akan membahas mengenai tampilan dalam dari mobil Mazda RX-8. Sedikit menengok kembali kebagian desainnya, mobil ini mengusung desain tampilan dengan 4 pintu sebagai identitasnya sebagai mobil sport. 

Dengan demikian mobil ini tidak mengorbankan kenyamanan dan juga ruang yang dimilikinya. Selain itu terdapat pula, konsep pintu belakang dengan dengan engsel yang memberikan fasilitas bukaan pintu berukuran besar. 

Fitur ini memungkinkan penumpang yang memiliki postur tubuh besar untuk bisa masuk kedalam mobil secara lebih mudah. 

Selain itu dengan diaplikasikannya desain ini akan semakin mempermudah penumpang ketika membawa bayi di kursi bagian belakang. 

Interior Mazda RX-8
Interior Mazda RX-8
Kabin dalam mobil RX-8 juga terbilang cukup luas untuk membawa empat orang dewasa sekaligus. 

Sebagai tambahan informasi bagi anda bahwa kebanyakan mobil tipe couple sport belum memiliki kualitas kabin seperti yang dimiliki oleh Mazda RX-8 ini.

Over all mobil ini memang memiliki suasana interior yang begitu nyaman dan mewah. Posisi lantai kabin yang termasuk rendah untuk kelas mobil sport mengijinkan kursi untuk ditematkan pada bagian terendah di bagian sasisnya. 

Anda bisa menempatkan kursi ini bersama dengan instrument cluster yang rendah yang nantinya akan semakin meningkatkan visibilitas dari sopirnya. 

Salah satu yang menjadi cirikhas utama dari mobil Mazda RX-8 adalah unsur rotary yang disematkan pada bagian-bagian interior dari mobil ini, misalnya pada bagian konsol tengah, rem darurat, sift knob dan juga bagian kursinya. 

Kesan mewah dari mobil ini juga semakin meningkat dengan digunakannya kabin berkualitas tinggi berpenampilan stylish. 

Suasana driver oriented juga berhasil ditampilkan secara elegan oleh mobil Mazda RX-8, sehingga pengemudi akan merasa begitu nyaman saat berkendara. 

Kenyamanan berkendara juga semakin dikukuhkan dengan digunakannya lampu pencahayaan berwarna biru di bagian clusternya. Dengan dipakainya lampu ini, diharapkan pengemudi tidak akan merasa terlalu lelah.

Dimensi Mobil Mazda RX-8

Setelah membahas mengenai tampilan luar dan dalam dari mobil Mazda RX-8 yang begitu keren, kini saatnya kita mengetahui ukuran yang sesungguhnya dari mobil Couple Sport ini. 

Mengingat konsep mobil Couple Sport yang diusungnya mobil ini memiliki dimensi tanggung seperti mobil sport pada umumnya. 

Untuk Panjang Mazda RX-8 memiliki panjang mencapai 4470 mili meter dengan lebar mencapai 1770 mili meter dan tinggi yang mencapai 1340 mili meter. 
Dimensi Mazda RX-8
Dimensi Mazda RX-8
Sementara untuk sistem suspensi yang diusung juga cukup mumpuni dan dijamin akan meningkatkan kenyamanan dari para penumpangnya. 

Pada bagian depan digunakan sistem suspensi tipe aluminium double wishbone sedangkan untuk sistem suspensi bagiian belakangnya digunakan model suspensi yang berupa tabung.

Performa Mesin Mazda RX-8

Pada bagian dapur pacu, mobil Mazda RX-8 masih mempertahankan mesin yang dulunya digunakan pada Mazda RX-7. 

Hanya saja mesin terbaru ini sedikit mendapatkan sentuhan ulang sehingga menjadi lebih ganas. Mesin rotary 13 B kini radlinenya mampu mencapai angka 9000 rpm pada sistem transmisi manualnya sedangkan pada tpe otomatisnya mampu mencapai 7.500 rpm. 

Dengan rancangan terbarunya ini, mesin Mazda RX-8 bisa dikategorikan dalam tipe naturally aspirated renesis. Mesin ini memiliki kapasitas cukup kecil yaitu hanya 1.3 L saja. 

Mesin Mazda RX-8
Mesin Mazda RX-8
Tetapi banyak yang mengatakan bahwa mesin ini merupakan salah satu tipe kecil-kecil cabe rawit, pasalnya dengan sedikit sentuhan saja bahkan mesin berkapasitas kecil ini mampu bersaing melawan mesin-mesin besar dengan dukungan V8 maupun V6 sekalipun. 

Mesin pada dapur pacu Mazda RX-8 ini bisa menghasilkan tenaga hingga 232 Hp pada sistem transmisi manyalnya sedangkan pada sistem transmisi otomatis tenaga yang dihasilkan sedikit lebih kecil yaitu 212 Hp. 

Untuk torsi yang dimilikinya, mobil Mazda RX-8 bisa mencapai 215 pada putaran 5.500 rpm.

Handling dan Impresi Mazda RX-8

Mobil Mazda RX-8 memiliki handling yang cukup mengesankan. Berdasarkan testimony dari para pemiliknya mobil ini memiliki handling yang begitu impresif karena didukung dnegan adanya sistem suspensi aluminium double wishbone di bagian depannya. 

Sistem suspensi ini cukup banyak mendapatkan kepercayaan karena sudah dikenal memiliki kekuatan tinggi dengan bobot yang lebih ringan. 

Fascia Mazda RX-8
Fascia Mazda RX-8
Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi motor listik yang akan memberikan rasa berat pada stirnya saat kecepatan nya dinaikkan. 

Selain itu fitur ini juga akan memudahkan mobil untuk diparkirkan. Kemudian Mazda RX memiliki sistem steering rack dan pinion untuk mentransmisi feedback pada jalan kepada pengemudinya. 

Secara umum, handling dari Mazda RX-8 memiliki impresi yang begitu mengesankan.

Fitur Penunjang Mobil Mazda RX-8

Nah kini kita akan membahas mengenai mengenai fitut penunjang yang diusung oleh mobil Mazda RX-8 ini. Pada bagian interior, Mazda RX-8 memiliki fitur yang cukup lengkap. 

Pada fitur kenyamanan audionya, Mazda RX-8 sudah dilengkapi dengan 9 speaker yang membuatnya menjadi mobil yang memiliki fitur penunjang layaknya di dalam bioskop. 

Fitur Mazda RX-8
Fitur Mazda RX-8
Fitur mewah lain juga telah disematkan secara rapi pada mobil ini misalnya fiut aum in jack, Cruse Control, Paddle Shift, stearin wheel dan juga on touch forward tilt serta banya fitur lainnya.

Fitur keamanan berupa airbag SRD front side juga sdah di sematkan pada mobil ini sehingga akan menjamin keselamatan para penumpangnya. 

Pada bagian luarnya mobil Mazda RX-8 juga telah memiliki fitur fog lamp sehingga akan menjamin bagian pencahayaannya.

Kelebihan Mobil Mazda RX-8

  1. Menggunakan mesin kecil namun bisa menghasilkan tenaga yang besar
  2. Mobil ini memiliki sistem Akselerasi yang hebatMemiliki kenyamanan tingkat tinggi
  3. Tampilan Mazda RX-8 begitu Sporty
  4. Harga jual kembali tidak anjlok terlalu jauh setelah pemakaian
  5. Desain mobil tetap stylish dan tidak tergerus oleh jaman.

Kekurangan Mobil Mazda RX-8

  1. Konsumsi bahan bakar mobil ini termasuk sangat boros
  2. Memiliki biaya perawatan yang mahal jika dibandingkan dengan para pesaingnya
  3. Sparepart agak sulit diperoleh
  4. Jaringan utuk penjualan kembali juga termasuk minim

Rangkuman Spesifikasi Mazda RX-8

  1. Menggunakan mesin berjenis  Rotary 13B dengan kapasitas 1,3 liter.
  2. Mesin yang digunakan bisa menghasilkan tenaga hingga mencapai 212 HP (matic) dan 232 HP (manual)
  3. Torsi maksimum yang dihasilkan adalah 215 Nm pada putaran5.500 RPM.
  4. Perkiraan Konsumsi BBM selama berkendara 4-5 km/L (dalam kota) ; 6-7 km/L (luar kota).
  5. Sistem Transmisi yang digunakan adalah tipe manual 5 percepatan dan matic triptonic 6 percepatan. Opsi paddle shift hadir pada tahun 2007.
  6. Model Suspensi yang digunakan adalah depan aluminium double wishbone, belakang model tabung.
    Pesaing mobil Mazda RX-8 adalah Honda S2000, Toyota Celica, Audi TT, BMW M3 E92, Mercedes SLK series.

Review Mobil Mazda RX-8

Berikut ini kami juga menyiapkan Review Mobil Mazda RX-8 dalam bentuk video untuk anda, jika anda kurang menyukai tampilan video, anda bisa melanjutkan membaca.

Harga Mazda RX-8 Terbaru

Sampailah kita pada pembahasan mengenai Harga Mobil Mazda RX-8 ini. Tentunya Harga Mobil ini akan sangat dipengaruhi oleh spesfikasi yang dimilikinya. 

Seperti biasa sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga Mazda RX- 8 tim Garasi Oto Mania akan memberikan sedikit rangkuman mengenai spesifikasi yang diusung oleh mobil Mazda RX-8. 

Sebagai mobil Couple Sport, Mazda RX-8 memiliki tampilan yang begitu elegan dan mewah. 

Kesan sporty dari mobil ini begitu mencruat dari sisi luarnya. Mobil ini mengusung konsep 4 pintu yang memungkinkan orang berpostur besar untuk tetap keluar masuk mobil secara nyaman.

Kapasitas mobil ini mencapai 4 orang dewasa. Mobil ini juga sudah memiliki foglamp yang akan memberikan pencahayaan mumpuni di malam hari. 

Pada bagian interior, Mazda MX-8 memiliki banyak fitur yang sisematkan diantaranya adalah 9 speaker yang akan membuatnya memiliki kenyamanan ekstra. Pada bagian dapur pacu, Mazda RX-8 mengusung mesin berkapasitas kecil yaitu 1.3 L namun dikenal mampu menghasilkan tenaga yang begitu besar. 

Lalu kira-kira berapakah harga yang dibandrolkan untuk mobil ini?

Dari berbagai sumber berikut ini adalah harga terbaru dari Mobil Mazda RX-8

Harga Mobil Mazda RX-8 – Rp. 682.000.000

Demikian tadi pembahasan kami mengenai spesifikasi, kelebihan, kekurangn, serta Harga Mazda RX-8. Semoga pembahasan kami ini dapat bermanfaat bagi anda. 

Jangan lewatkan pula pembahasan lengkap kami lainnya mengenai Mobil Land Rover, Mobil Rolls Royce dan Mobil Jaguar.

Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga Mazda RX-8 Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania