Kupas Tuntas Spesifikasi Kelebihan Kekurangan dan Harga Ford Escape Terbaru 2016

Harga Ford Escape – Pada kesempatan kali ini tim GarasiOtoMania akan menyampaikan pembahasan mengenai salah satu mobil kebanggaan Ford yaitu Ford Escape. 

Pada pembahasan kali ini kami akan menyampaikan secara lengkap mengenai spesifikasi yang dimiliki oleh Ford Escape dilengkapi dengan pembahasan Kelebihan dan Kekurangan Ford Escape. 

Mobil ini merupakan salah satu mobil Ford yang menyasar pada segmen mobil SUV berukuran menengah yang memiliki banyak keunggulan dan nyaman digunakan.  

Mobil ini sendiri mulai dibuat bersamaan dengan mobil Mazda Tribute dengan menggunakan plate form serupa. 

Ford Escape sudah hadir di pasaran Indonesia sejak tahun 2002 lalu, berbarengan dengan mobil Ford lainnya seperti Ford Everest dan juga Ford Ranger. 

Kami sebelumnya sudah membahas mengenai mobil pick up Ford Ranger, silakan anda baca artikelnya sebelum membaca lebih lanjut mengenai mobil Ford Escape.

Spesifikasi dan Harga Mobil Ford Ranger

Yang menjadikan mobil ini sedikit unik adalah karena Ford Escape belum pernah dibuat model barunya.

 Peningkatan versi hanya sekedar pada batasan pengubahan tampilan dibeberapat sektor saja, biasanya pada penampilan interior dan juga eksterior. 

Dalam sejarah perkembangan mobil Ford Ecape memang baru dua kali mengalami facelift, itu pun dilakukan dalam selang waktu yang cukup lama. 
Foto Ford Escape
Foto Ford Escape

Memang Ford sendiri termasuk perusahaan yang jarang melakukan perubahan pada versi mobilnya. Perubahan ini pun sepertinya hanya dilakukan untuk menghindari kebosanan dari para konsumen saja.

 Sementara itu dalam kelasnya, Ford Escape memiliki banyak pesaing, seperti hanya Honda CR-V (baca : Spesifikasi Honda CR-V) , Mitsubishi Outlander Sport, Nissan X-Trail, Suzuki Grand Vitara, Mazda CX-7, Kia Sportage, Hyundai Tucson dan juga Chevtolet Captiva. 

Sayangnya mobil ini telah dihentikan penjualannya di Indonesia pada tahun 2013 dan digantikan oleh versi yang lebih baru yaitu Ford Ecosport (Baca : Spesifikasi Ford Ecosport) sedangkan di negara Adi kuasa Amerika Serikat dan juga negara-negara Eropa lainnya, Ford Escape masih dijual untuk versi terbarunya.

Sebagai mobil yang berpenampilan maskulin dan memiliki tampilan sporty, mobil ini memang layak bagi anda yang mencintai petualangan. 

Mobil hasil produksi perusahaan Amerika ini memgn memiliki desain yang sesuai utnuk medan yang berat. 

Berkaitan dengan tren di Indonesia saat ini yang semakin berkembang mungkin ada baiknya bagi anda untuk mengetahui seluk beluk mobil Ford Escape sebelum membelinya. 

Apalagi sekarang sudah banyak yang menjual kembali mobil Ford Escape nya dengan harga yang sesuai. Bagaimana apakah anda semakin penasaran dengan mobil Ford Escape ini? 

Mari langsung saja kita simak penjelasnnya berikut ini.

Eksterior Ford Escape

Untuk pembahasan yang pertama, tim GarasiOtoMania akan membahas mengenai tampilan luar dari mobil Ford Escape. Secara umum, tampilan dari Ford Escape terlihat begitu elegan dan sporty. 

Body dari mobil Ford Escape ini terlihat begitu kekar dan juga berotot, ditambah lagi mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi sehingga terlihat lebih gahar. 

Harga Mobil Ford Escap memang tidak terlalu mahal, namun bukan berarti bahwa mobil ini tidak berkualitas. 

Mobil ini menggunakan sasis monokok, yang tentunya akan sangat kuat dan memberikan kenyamanan ekstra selama dikendarai. 

Eksterior Ford Escape
Eksterior Ford Escape
Dari segi Spesifikasi Ford Escape sebenarnya memiliki tiga perbedaan seperti halnya varian yang dimilikinya. 

Varian ini terdiri dari model prefacelift yang diluncurkan sampai tahun 2005, model facelift yang diluncurkan perdana di tahun 2006 dan model terakhir yang dipasarkan hingga ditarik pada tahun 2013 adalah model facelift terakhir.

Tampilan prefacelift yaitu model perdana facelift di Indonesia memakai lampu kaca buram dengan bentuk persegi berujung bulat. 

Sedangkan pada bagian grill nya dibuat menggunakan tampilan saang tawon yang menawan. Kemudian untuk mendukung pencahayaan disematkan sepasang foglamp dengan bentuk persegi pada bagian bawahnya.

Selanjutnya perubahan yang dibawa oleh tipe facelift pertama terletak pada front lamp yang memiliki bentuk menyerupai trapesium yang dikelilingi oleh tampilan smoked berwarna hitam. 

Perbedaan lainnya antara versi facelift dan versi prefacelift terletak pada tampilan grill depannya yang kini sudah tidak lagi memakai tampilan sarang lebah melainkan menggunakan model chrome tiga baris. 

Tampilan samping Ford Escape
Tampilan samping Ford Escape
Foglamp yang digunakan pun juga diubah tidak lagi kotak melainkan menjadi berbentuk bulat. 

Pada bagian belakang anda akan menemui perpindahan posisi reflector dengan lampu mundur sehingga nampak lebih gahar. 

Dengan demikian lampu mundur ini kini diletakkkan pada bumper belakang sedangkan untuk refletktornya kini ditempatkan pada area stoplamp. 

Pada versi facelift kedua atau versi yang terakhir terdapat beberapa perbedaan yang lebih mencolok. 

Jika pada perubahan versi sebelumnya hanya ada sedikit saja perubahan pada bagian fascianya, kini perubahan fascianya bisa dikatakan lebih totalitas. 

Bagian Garsi bonnet, grill, lampu depan sampai ke bagian bumpernya mengalami perubahan secara total. Akibatnya kesan kekar yang tadinya melekat pada mobil Ford Escape ini kemudian berubah menjadi tampil lebih maskulin. 

Tampilan Belakang Ford Escape
Tampilan Belakang Ford Escape
Tentunya perubahan ini juga mempengaruhi Harga Mobil Ford Escape sendiri. Lalu untuk penampilan samping dari versi kedua ini tidak mengalami perubahan signifikan tetapi untuk bagian model Velg, sideskirt dan juga spion tetap dirombak habis-habisan. 

Untuk bagian belakangnya kita akan mendapati kesan kekar yang pada bagian depannya sempat menurun. Kesan kekar ini terlihat pada hampir semua bagiannya mulai dari pintu belakang yang dipasangkan. 

Penampilan ini semakin dikukuhkan dengan adanya jendela yang dapat dibua dan ditutup. 

Ditambah lagi penampilan stoplamp dan bumper yang gagah membuat mobil ini menjadi lebih gahar. 

Menariknya semua lampu dipadukan menjadi satu dan dibingkai menggunakan stoplamp hanya reflector saja yang diletakkan di area bumpernya.

Interior Ford Escape

Setelah membahas mengenai tampilan eksterior dari mobil Ford Escape kini kita akan mulai masuk ke bagian interior dari mobil ini. 

Mobil ini memliki ruang kabin yang begitu lega, sehingga akan memberikan kenyamanan ekstra bagi para penumpangnya. 

Di bagian depan maupun bagian depannya anda akan mendapati suasana yang begitu lega. Selain itu mobil ini juga mengijinkan pengendaranya untuk melipat kursi baris keduanya sehingga ruang kabin akan semakin luas.

Sayangnya pada bagian dashboard kualitas bahan yang digunakan belumlah kelas satu, namun jjuga tidak bisa dikatakan bahwa bahannya buruk. Intinya masih dalam kelas sedang untuk bahan dasar yang digunakan. 
Interior Ford Escape
Interior Ford Escape
Harga mobil Ford Escape yang bisa dikatakan tanggung mungkin juga banyak dipengaruhi oleh hal ini. Tidak seperti para pesingnya yang membandrol harga tinggi karena memang menggunakan bahan baku nomor satu.

Penampilan interior mobil Ford Escape dari tahun ke tahun mengalami beberapa perubahan. Pada model pertama yang kita tahu menggunakan sistem transmisi manual 5 speed, tuas transmisinya diletakkan pada bagian konsol tengahnya. 

Pada dua tahun selanjutnya, dimana mobil ini sudah memakai sistem transmisi otomatis 4 percepatan tusshifternya diletakkan pada area kemudi. 

Penampilan ini tentunya merusak pemandangan bagi sebagian besar masyarakan Indonesia, namun di luar negeri peletaan tuas yang seperti ini sudah lazim dilakukan.

Untuk mobil Ford Escape versi facelift yang pertama, terdapat perbedaan pada penempatan shifter, yaitu diletakkan pada bagian area tengah bawah dashbornya. 

Lalu untuk tombol consolnya serta berbagai komponenya diletakkan pada bagain dashboar yang terlihat mirip satu sama lainnya. Perbedaanya terletak pada skema warna yang dipilih saja. 

Pada mobil Ford Escape versi facelift yang kedua terdapat banyak perbedaan jika kita sandingkan dengan kedua versi sebelumnya. 

Di bagian dashboarnya tombol-tomol console disusun ulang menjadi lebih rapil Pada bagian head unitnya sudah tidak terdapat lagi tempat untuk monitor. 

Lalu dengan kekurangan ini, Ford menambahkan fitur lain seperti halnya integrated audio dikombinasikan dengan 6 disc changer yang bisa digunakan untuk menyetel MP3 ataupun CD yang disalurkan secara langsung pada 6 speaker aktif yang menawan. 

Kekurangannya, pada bagian head unit ini belum support dengan kabel USB.

Dimensi Mobil Ford Escape

Tadi kita sudah membahas mengenai tampilan dalam maupun luar dari mobil Ford Escape. Kini saatnya tim GarasiOtoMania menyampaikan mengenai ukuran dimensi Mobil Ford Escape. 

Mobil ini memiliki ukuran panjang 4480 mili meter dengan lebar 1845 mili meter dan tinggi mencapai 1770 mili meter. 

Ukuran ini tentunya cukup lapang untuk digunakan bersama keluarga. Kapasitas dari mobil ini bisa dipakai untuk 5 orang penumpang. 

Selain itu ukurannya yang cukup tinggi memungkinkan Ford Escape untuk menerjang jalanan yang berbatu sekalipun. Ground clearance dari mobil ini mencapai 205 mili meter.

Dalam keadaan kosong berat mobil Ford Escape mencapai 1514 kilo gram. Sedangkan jika mesin dimasukkan maka beratnya menjadi 1986 kilo gram. 

Lalu untuk jarak putar dari mobil ini mencapai 5400 mili meter. Untuk wheel base nya berjarak 2620 mili meter. 
Dimensi Mobil Ford Escape
Dimensi Mobil Ford Escape
Selanjutnya, untuk bagian kaki-kakinya mobil ini juga cukup kuat. Pada abagian sistem suspensinya memakai Independent MacPherson Struts pada bagian depannya sedangkan untuk sistem suspensi bagian belakang menggunakan independent lateral link dengan trailing arm. 

Sistem suspensi ini akan memberikan kenyamanan ekstra bagi para penumpangnya. 

Di bagian roda digunakan velg berukuran 215/ 70 R15 yang akan menambah kestabilan dari mobil ini. 

Pengereman mobil Ford Ecosport ini memakai sistem pengereman tipe ventilated disk untuk bagian depannya, sedangkan untuk sistem pengereman bagian belakangnya menggunakan jenis disck. 

Sistem pengereman ini kemudian dipadukan menggunakan ABS, EBD serta Brake assist sehingga sistem pengeremannya menjadi lebih maksimal.

Fitur Mobil Ford Escape

Pada bagian ini kita akan mulai mengulas mengenai fitur yang dimiliki oleh mobil Ford Escape. Secara umum, fitur yang dimiliki oleh mobil ini memang cukup menarik. 

Pada bagian jok mobil digunakan bahan baku kulit yang lumayan baik. Lalu terdapat pula fitur tambahan berupa power windows, power door, power door lock, tilt adjustable steering wheel, cruise control, serta ada pula sunroof untuk varian tertingginya. 

Berbagai fitur penunjang ini sengaja dihadirkan untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para penumpangnya.

Tidak berhenti hanya sampai di situ berbagai fitur penunjang kenyamanan lainnya juga dimiliki oleh mobil mobil Ford Escape ini.

Fitur seperti AC, dan speaker aktif sudah tersemat untuk memberikan pelayanan audio yang maksimal. 

Fitur speaker ini didukung dengan slot MP3  yang akan semakin menhibur anda. 

Fitur –fitur lain yang ikut disematkan adalah roof rail, center stack, body structure rigid 3H body structure, 12 volt auxiliary outlet, center console box, high mount stop lamp, serta rear seat sistem flexible 60/40 daouble folding. 

Fitur Mobil Ford Escape
Fitur Mobil Ford Escape
Lalu untuk meningkatkan kenyamanan pengemudinya, mobil Ford Escape juga memiliki steering type rack serta pinion with power steering yang akan memberikan kenyamanan ekstera saat berkendara.

Pada bagian fitur penunjang keamanan mobil Ford Escape sudah diberikan perangkat yang cukup mumpuni sehingga anda akan merasa lebih tenang saat berkendara. 

Harga mobil Ford Escape juga nantinya akan banyak dipengaruhi oleh hal ini.

 Fitur-fitur keamanan yang dimiliki oleh mobil Ford Escape di antaranya adalah pyrotechnic searbelt pretensioners, yang akan mencegah cidera serius saat sewaktu-waktu terjadi kecelakaan. 

Mobil ini juga sudah memiliki keyless entery dengan immobilizer untuk mengurangi risiko kemalingan.

 Fitur keamanan standar internasional seperti airbags, child safety lock  dan juga Anti lock system bracking (ABS) juga sudah dijejalkan pada mobil ini.

Pengemudi semakin dimanjakan dengan adanya sensor parkir untuk mempermudah pengemudinya memarkir kendaraan tanpa merasa takut akan menabrak di bagian belakangnya.

Kapasitas Mesin Ford Escape

Harga mobil Ford Escape sangat dipengaruhi oleh mesin yang diusungnya. Sehingga kurang afdol rasanya jika kita tidak melakukan pembahasan khusus mengenai mesin mobil Ford Escape. 

Selama diperjual belikan, telah dikenal tiga macam mesin yang pernah dijejalkan pada mobil gagah ini. 

Masing-masing memiliki kapasitar berbeda yaitu mesin berkapasitas 2.0 L, 2.3 L dan juga mesin berkapasitas 3.0 L v6. 

Pilihan varian mesin ini dihadirkan langsung sejak mobil Ford Escape pertama diluncurkan. Hanya saja pada tahun 2005 pneggunaan versi 2.0 sudah tidak lagi dilakukan. 

Disusul kemudian versi mesin 3.0 V6 yang dihentikan penggunaannya pada model facelift tahun 2006. Mari kita ulas sedikit mengenai ketiga jenis mesin yang digunakan oleh mobil Ford Escape ini. 

Mesin Ford Escape
Mesin Ford Escape
Yang pertama adalah mesin Zetec 2.0. Mesin ini menggunakan 4 silinder berkapasitas 2000 cc dengan 16 buah katup. Mesin ini mampu memberikan tenaga hingga mencapai 130 tenaga kuda diputaran 5400 cc.

Dan torsi maksimal yang dihasilkan mencapai 183 Nm di putaran 4500 rpm. Untuk menyalurkan tenaganya ini digunakan sistem transmisi manual. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya mesin ini hanya dipakai dua tahun yaitu di tahun 2003 dan 2004 saja.

Mesin yang kedua adaah tipe Duratec 2.3 L. Mein ini memiliki kapasitas hingga mencapai 2300 cc. 

konfigurasi yang dimiliki masih hampir sama degnan versi mesin sebelumnya, hanya saja mesin ini mampu menghasilkan negaga lebih besar yaitu menacapai 157 tenaga kuda di putaran 6000 rpm. 

Sedangkan untuk torsi maksimumnya bisa mencapai 200 Nm di putaran 4000 rpm. Tenaga ini hampir menyamai tenaga yang dihasilkan oleh mobil Dodge yang merupakan perpaduan antara konsep mobil SUV dan MPV. 

Bandingkan spesifikasinya dengan : Mobil Dodge

Untuk mesin versi yang ketiga yaitu mesin jumbo yang berkapasitas 3000 cc mampu memberikan tenaga hingga mencapai 206 Hp di putaran 600 rpm. Torsi maksimal yang dihasilkan oleh mesin ini mencapai 276 Nm pada putaran 4.750 rpm. 

Mesin tipe ini memiliki akselerasi yang mumpuni namun cukup boros dalam pemakaian bahan bakarnya. Mesin jenis ini memiliki dua macam pilihan sistem penggerak yaitu 2 WD dan juga 4 wd sehingga anda bisa memilih sesuai selera anda.

Sebagai tambahan informasi untuk anda bahwa dari ketiga mesin yang kami sebutkan di atas, untuk mesin tipe 2.0 masih menggunakan timing belt yang akan membutuhkan pergantian dalam suatu interval yang direkomendasikan.  

Tetapi untuk mesin 2.3 dan juga mesin 3.0 liter sudah menggunakan timing chain yang tidak membuthkan perawatan berarti.

Impresi dan Handling Ford Escape

Kita sampai pada pembahasan mengenai impresi dan juga handling yang dimiliki oleh mobil Ford Escape. Mobil Ford Escape tentunya hadir dengan banyak kelebihan dan tentunya juga memiliki kekurangan.

Mobil ini menggunakan sasi mobokok yang kuat sehingga terlihat begitu keren. Jika dilihat dari segi kelebihan yang dimilikinya, mobil ini memiliki kenyamanan yang tinggi. 

Mulai dari kabin yang luas hingga desain mobil yang lumayan tinggi. 

Tetapi jika kita memandang dari segi kekurangan yang dimilikinya maka Mobil Ford Escape ini akan kurangnyaman saat digunakan berkendara didaerah perkotaan yang kurang menantang. 

Mobil ini baru akan terasanyaman handlingnya saat digunakan didaerah yang memiliki tanjakan misalnya puncak.

Kelebihan Ford Escape

  1. Memiliki ruang kabin yang nyaman dan lega
  2. Harga mobil Ford Escape cukup murah
  3. Desain yang dimiliki Kuat dan Tangguh.
  4. Memiliki Visibilitas yang mumpuni
  5. Jok bagian belakang dapat dilipat
  6. Memiliki tenaga yang responsif
  7. Memiliki sistem suspensi yang empuk dan nyaman
  8. Memiliki Ground clearance yang tinggi
  9. Tampilan luar mobil ini tetap modern dan tidak lekam oleh waktu
 

Kekurangan  Ford Escape

  1. Tidak ada versi mesin diesel.
  2. Untuk versi mobil bermesin dieselnya belum ada
  3. Boros bahan bakar, apalagi yang berkapaitas 3.0 L
  4. Memiliki kaki-kaki yang kurang tangguh
  5. Untuk menutup pintu cukup membutuhkan tenaga.
  6. Sparepart sulit ditemukan dan relative mahal
  7. Tempat service terbatas
  8. Desain interiornya kurang menarik
  9. Kualitas bahan interior belum nomor satu
  10. Kualitas peredam kabin kurang baik
  11. Harga jual kembali murah

Review Mobil Ford Escape

Berikut ini kami sudah menyiapkan video review mobil Ford Escap, tetapi jika anda kurang menyukainya anda bisa melanjutkan membaca.

Rangkuman Spesifikasi Ford Escape

Mesin
  • Tipe Mesin yang digunakan Inline 4 cylinders, DOHC 16V with VICS, ETCS and VVT
  • Kapasitas Isi Silinder 2261 cc
  • Daya maksimum mesin L 157/6000 ps/rpm
  • Torsi Maksimum 20.7 /4500 kgm/rpm
  • Kapasitas tangki bahan bakar mencapai 61 L 
  • Sistem transmisi 4 percepatan
System Transmisi
  • Tipe 4 Speed Automatic
  • Sistem Kemudi 4x2
Dimensi
  • Panjang 4480 mm
  • Lebar 1845 mm
  • Tinggi 1770 mm
  • Jarak Poros Roda 2620 mm
  • Jarak Pijak Depan 1545 mm
  • Jarak Pijak Belakang 1535 mm
  • Berat Kosong 1522 kg
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Suspensi Depan : Independent McPherson Strut
  • Suspensi Belakang : Independent Double Lateral Link & Trailing Arm
  • Rem Depan : Ventilated Disc
  • Rem Belakang : Disc
  • Ukuran Ban Depan : 215/70 R16
  • Ukuran Ban Belakang : 215/70 R16
Eksterior
  • Lampu Kabut tipe : Standard with garnish
  • Spion dengan lampu belok
  • Spion Otomatis
Interior
  • AC Dual Zone Control Autoclimate
  • Paddle Shift
  • Sensor Hujan + Auto Wiper
  • Audio   :  Integrated Audio 6CDs, MP3, 6 Speakers + Audio Remote Steering Control
  • Leather Seat  :   Leather
Keamanan
  • Badan Teknologi Struktural
  • Immobilizer tipe Standard
  • Airbags pada Driver + Passenger + Side
  • Sensor Parkir tipe Standard 2 points
  • ABS tipe standar

Harga Ford Escape Baru dan Harga Ford Escape Bekas

Akhirnya kita sampai pada pembahasan mengenai Harga Mobil yang dimiliki oleh Ford Escape. 

Bagaimanapun juga harga sebuah mobil akan sangat dipengaruhi oleh spesifikasi mobil yang dimilikinya. Dari segi tampilan mobil Ford Escape tampil begitu kekar dan juga gagah. 

Mobil ini sendiri dihadirkan dalam tiga pilihan varian yang memberikan penampilan yang berbeda pula.

 Secara umum memang ketiganya tidak memiliki perbedaan yang signifikan, karena kita tahu bahwa Ford sendiri terkesan malas untuk memberikan peruhan mendasar dari setiap produk keluarannya. 

Pada bagian interior mobil ini cukup lega dan memiliki banyak fitur penunjang, sayangnya untuk material yang digunakan belum lah berupa material kelas satu. 

Dibagian kaki-kakinya sudah cukup mumpuni walaupun banyak yang mengatakan bahwa kaki-kakinya ini cukup rapuh. 

Sementara untuk masalah dimensi, mobil ini memiliki ukuran dimensi yang cocook digunakan untuk berkendara di lintasan offroad. 

Nah dengan berbagai kelebihan dan kekurangan Mobil Ford Escape ini kira- kira berapakah harganya? 

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari berbagai sumber terpercaya, berikut ini adalah Harga Ford Escape.

Harga Ford Escape Tahun 2002 : 70 juta.
Harga Ford Escape Tahun 2003 : 82. juta.
Harga Ford Escape Tahun 2004 : 90 juta.
Harga Ford Escape Tahun 2005 : 95 juta.
Harga Ford Escape Tahun 2006 : 107 juta.



Harga Ford Escape Tahun 2007 : 115 juta.
Harga Ford Escape Tahun 2008 : 120 juta.
Harga Ford Escape Tahun 2009 : 130 juta.
Harga Ford Escape Tahun 2010 : 140 juta.
Harga Ford Escape Tahun 2011 : 150 juta.
Harga Ford Escape Tahun 2012 : 158 juta.
Harga Ford Escape Tahun 2013 : 165 juta.

Harga Ford Escape memang tidak terlalu mahal untuk ukuran mobil SUV. Tetapi mobil ini sebenarnya mengusung banyak kelebihan di dalamnya. 

Bagi anda pecinta offroad mobil ini sepertinya akan menjadi jawabannya. Apalagi dengan harganya yang lumayan terjangkau dibandingkan mobil tipe SUV lainnya.

Demikian tadi pembahasan kami mengenai Spesfikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harga Mobil Ford Escape semoga bermanfaat untuk anda.

Jangan lewatkan pembahasan kami tentang mobil Volvo dan juga Mobil Wrangler

Kupas Tuntas Spesifikasi Kelebihan Kekurangan dan Harga Ford Escape Terbaru 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania