Rahasia Spesifikasi Kelemahan dan Kelebihan Yamaha YZF R1 serta Harga all new Yamaha YZF R1 Terbaru 2016

Harga All New Yamaha YZF R1 - Sebagai salah satu perusahaan motor terbesar asal Jepang, Yamaha tentunya memiliki produk andalan yang sengaja disiapkan untuk bertempur melawan motor-motor pesaingnya. Pada segmen motor ber cc besar, salah satu motor yang menjadi andalan dari Yamaha adalah Yamaha R1 1000cc. 

Kelebihan Yamaha R1 memang telah banyak dikenal oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang menyukai motor dengan cc yang besar. 

Nah, pada pembahasan kali ini tim Garasiotomania akan mengulas secara lebih mendalam tentang spesifikasi Yamaha R1 terbaru.

Yamaha pertama kali mengeluarkan motor ini pada ajang kebanggaan EICMA yang bertempat di Milan Italia. Motor ini meluncur ke hadapan publik tepatnya pada empat November 2014 lalu. 

Motor Yamaha R1 terbaru ini hadir sebagai generasi terbaru dari Yamaha R 1 versi 2014. 

Yamaha YZF R1
Yamaha YZF R1


 Motor ini disinyalir akan menjadi salah satu saingan terberat dari motor besutan kawasaki yaitu Kawasaki H2 yang telah terlebih dahulu memasuki persaingan otomotif nasional. 

Dalam penampilan perdananya ini Yamaha R1 sepertinya telah berhasil memikat banyak pasang mata. Hal ini tentu saja karena penampilannya yang begitu mempesona.

Yamaha YZF R1 2015 kali ini hadir secara lebih elegan dengan tampilan body yang terlihat lebih sportu dan lebih futuristik. Badan dari Yamaha R 1 kali ini terlihat lebih ramping sehingga terkesan lebih ringan. 

Tentunya pembaruan Yamaha R1 kali ini juga mengusung pembaruan pada bagian fitur penunjang pada bagian fasilitasnya. 

Pada tampilan barunya kali ini Yamaha R1 hadir dengan dua pilihan warna yang dapat anda pilih yaitu warna merah dan juga warna biru.

Gambar Yamaha r1

Beikut ini adalah beberapa gambar Yamaha R1 yang kami ambil dari laman resmi Yamaha Indonesia. Anda bisa mengamati tampilan keren dari motor ini.
 
Gambar Yamaha YZF R1 merah
Gambar Yamaha YZF R1 merah

Gambar Yamaha YZF R1 Biru
Gambar Yamaha YZF R1 Biru

Selain itu jika anda ingini melihat video review Yamaha R1 anda bisa melihat pada tampilan berikut ini. Namun jika anda kurang menyukainya, anda bisa melanjutkan untuk membaca. 



Fitur canggih yang disematkan pada motor ini tentu menjdai Keunggulan Yamaha R1. 

Karena jika dibandingkan dengan versi sebelumnya teknologi ini masih belum terpasang. Tentunya anda akan mendapati perbedaan yang cukup signifikan antara motor Yamaha YZF 1 dan juga versi lamanya. 

Untuk mengentahui secara lebih lengkapnya mengenai Spesifikasi Yamaha R1 1000cc terbaru mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Yamaha YZF R1 Review

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai Review Yamaha YZF R1. Pembahasan ini akan mencakup beberapa hal berkaitan dengan Yamaha R1 mulai dari penampilan desain luarnya hingga fitur penunjang yang dimiliki oleh Yamaha R1. Baiklah langsung saja kita mulai pembahasannya.

Desain Yamaha R1 Terbaru

New Yamaha YZF R1 memiliki desain yang mentereng, yang merupakan renovasi dari desain motor Yamaha YZF M1. 

Desain ini tentunya memberikan kesan yang baru kepada Yamaha R1 dibandingkan dengan desain lamanya. Motor YZF M1 sendiri merupakan tipe motor balap yang berpenampilan keren sehingga Motor Yamaha R1 terbaru kali ini memiliki penampilan yang begitu keren. 

Desain keren milik motor GP ini bukan hanya memenangkan Yamaha R1 dari segi penampilan namun juga meningkatkan performanya.

Desain Rangka Yamaha R 1 Terbaru

Desan rangka yang diusung oleh New Yamaha YZF 2015 ini adalah tipe desain rangka Aluminium Deltabox Frame. 

Jika dibandingkan dengan sistem rangka yang digunakan sebelumnya, tentu rangka ini lebih berkualitas. Sistem rangka Deltabox akan memebrikan fleksibilitas yang lebih tinggi. 

Selain itu rangka Yamaha R1 terbaru ini juga lebih ringan digunakan. Dengan demikian pengendara akan merasa lebih nyaman saat memacu Yamaha R1 ini.

Mesin Yamaha YZF R1 yang Tangguh

Mesin Yamaha R1 termasuk mesin yang tangguh. Motor super sport ini memiliki kapasitas mencapai 998 cc, dan merupakan mesin tipe Double Over Head Camshaft atau lebih dikenal dengan istilah mesin tipe DOHC. 

Piston pada mesin Yamaha R1 ini berukuran 79 mm x 50.9 mm dengan perbandingan kompresi mesin mencapai 13:1. 

Selain itu Yamaha R1 terbaru juga menggunakan Titanium Intake Valves dan juga Steel Exhaust Valves yang berdiameter lebih lebar yaitu 22 mili meter, pada versi lamanya hanya 31 mili mter, dan juga 26.5 mili meter, untuk diversi lamanya hanya 25 mili meter.

Mesin yamaha R1 juga didukung dengan adanya teknologi Yamaha chip Controlled Intake (YCC-I) dan juga teknologi Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T), yang membuatnya semakin sempurnya. 

Spesifikasi mesin Yamaha R1 terbaru ini mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 147.1 kW atau mencapau 200PS untuk tiap 13500 rpm dan menghasilkan torsi tertinggi hingga 112.4 Nm atau 11.5 kg-m untuk tiap 11500 rpm. 

Motor kebanggaan Yamaha ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 300 km / jam.

Yamaha R1 terbaru memang memiliki kecepatan yang mengagumkan. Namun ternyata berbeda dengan tipe-tipe motor cepat lainnya yang biasanya boros bahan bakar, Yamaha R1 ini malah cenderung lebih hemat bahan bakar. 

Hal ini dikarenakan Yamaha R1 terbaru telah dilengkapi dengan sistem injecsi Mikuni ganda. 

Sistem ini sebenarnya pernah diterapkan pada motor kebanggaan Yamaha seperti Yamaha R6 dan juga pada motor yamaha YZR-M1. 

Yamaha menyatakan bahwa kehadiran teknologi ini menjadikan Yamaha R1 terbaru bisa lebih hemat bahan bakar dengan konsumsi bahan bakar 1 liter untuk setiap 15 kilo meter yang ditempuhnya.

Selain itu Yamaha R1 juga telah dilengkapi teknologi Ezhaust Ultimate Power Valve (EXUP) System yang akan membuat emisi motor ini menjadi lebih ramah lingkungan. 

Tentunya ini menjadi salah satu keunggulan dari motor super sport ini.

Sistem Pembuangan Titanium Exhaust System

Yamaha R1 terbaru sudah menggunakan new Titanium Exhaust System. 

Penggunakan pembuangan berupa kenalpot titanium ini membuat Yamaha R1 menjadi lebih berpenampilan menarik. 

Selain itu bahan baku Titanium dikenal lebih kuat dan juga lebih cepat dingin jika kita membandingkannya dengan bahan-bahab seperti hanya stainless steel atau besi. 

Dengan digunakannya New Titanium Yamaha R1 terbaru juga jadi memiliki suara yang lebih halus, karena bahan titanium akan lebih efektif dalam meredam suara. 

Dengan demikian performa dari Yamaha R1 akan menjadi lebih maksimal.

Yamaha R1 menggunakan Sistem Suspensi yang Handal

Yamaha YZF R1 menggunakan sistem suspesi tipe inverted Fork 43 mili meter pada bagian depannya sedangkan untuk bagian belakang digunakan Single Shock / /  Piggyback Resevoir menggunakan empat penyetelan kenyamanan. 

Sistem suspensi ini memang bisa dikatakan sangat handal, kedua sistem suspensi ini dikalaim memiliki kenyamanan yang sangat unggul. 

Pasalnya suspensi yang digunakan oleh Yamaha R1 ini adalah hasil pabrikan perusahaan suspensi terkenal di dunia yaitu Kayaba (KYB. Sehingga kenyamanan dan handling saat berkendara bisa menjadi lebih maksimal.

Pengereman Yamaha R1 dilengkapi ABS dan USB

Pada sektor pengereman Yamaha R1 terbaru menggunakan sistem pengereman yang mumpuni. Tentu saja ini untuk mengimbangi kecepatan tinggi yang dimilikinya. 

Perangkat pengereman yang disematkan pada morot ini adalah penereman tipe cakram pada kedua rodanya, baik itu depan maupun belakang.  

Untuk roda bagian depan yang berukuran 120/70ZR 17M/C digunakan rem cakram hidrolik ganda empat kaliber piston yang berdiameter 320 mili meter sedangakan di bagian belakangnya yang memiliki ukuran roda 190/70ZR 17M/C digunakan rem cakram hidrolik tunggal dengan diamter 220 mili mter. 

Sistem pengereman ini juga terpercaya karena merupakan hasil olahan dari perusahaan terkenal Nissin.

Selain itu sistem pengereman Yamaha R1 juga didukung dengan teknologi Yamaha Unified Braking System (UBS) dan juga teknologi Anti Lock Braking System (ABS). 

Kedua teknologi ini mempunyai fungsi untuk mencegah ban slip saat direm secara mendadak. 

Selain itu dengan fitur canggih ini, pengemudi akan diizikna untuk menggunakan rem depan dan belakang secara serentak hanya dengan menarik tuas rem depan saja.

Untuk membayangkanya mungkin anda bisa menilik pada sistem Combi Brake System yang terdapat pada motor matic.

Memiliki Thin FIlm Transistor LCD Meter

Yamaha R1 juga hadir dengan instrumen canggih yang sudah menggunakan Thin Film Transistor (TFT) LCD meter. 

Layar ini dikhususkan bagi pengendara untuk bisa mengetahui kondisi motor secara keseluruhan dengan tampilan warna yang lebih cemerlang. 

Layar ini memuat informasi berkaitan dengan beberapa informasi seperti indikator suhum ride control system, variable traction control, indikator gigi, indikator kecepatan, indikator bahan bakar, launch control system serta berbagai informasi lainnya. 

Dengan adanya layar ini pengemudi bisa secara lebih mudah mengakses informasi keadaan motor.

Yamaha R1 menggunakan Velg Magnesium

Yamaha R1 memiliki kaki-kaki yang cukup menarik. Motor ini menggunakan velg sporty dengan sepuluh jari yang berbahan dasar magnesium. 

Yamaha R1 terbaru ini mengusung velg berbahan baku magnesium karena dinilai lebih ringan dan bisa mengurangi beban hingga mencapai 0.8 kg dibandingkan velg versi sebelumnya.

Selain itu velg berbagah dasar magnesium ini juga dikenal lebih kuat untuk menahan beban baik saat menikung maupun bermanuver. Dengan demikian handling motor akan menjadi lebih mudah.

Jarak Sumbu Roda Yamaha R1 Terbaru lebih Pendek

Ternyata, Yamaha R1 terbaru kali ini mengusung konsep wheelbase atau lebih dikenal sebagai jarak sumbu roda yang lebih pendek berkisar 10 mm dibandingkan dengan whellbase motor versi sebelumnya. 

Sehingga ukuran whellbase dari Yamaha R1 ini sekaran hanya menjadi 1405 mm. 

Dengan ukuran whellbase yang lebih pendek, tentunya akan meningkatkan keageresifan dan kegesitan dari Yamaha R 1.

Yamaha R1 Menggungakan Teknologi Immobilizer Ignition System

Immobilizer Ignition System merupakan teknologi yang memungkinkan mesin untuk menyala hanya dengan kunci aslinya. 

Sistem kerjanaya adalah dengan adanya kode khusus yang diletakkan pada kunci aslinya. Konde ini dikenal sebagai ECU. 

Apabila kode yang terletak pada kunci dimasukkan kepada motor maka secara otomatis mesin akan membaca kode tersebut dan menyala. 

Sedangkan jika kunci yang digunakan adalah palsu maka motor tidak akan menyala. 

Teknologi ini dihadirkan untuk mencegah terjadinya tidak pencurian yang belakangan ini semakin marak.

Fasilitas MotoGP yang ada pada Yamaha R1

Keunggulan terbesar dari Yamaha R1 adalah adanya paket firut canggih yang biasanya hanya disematkan pada moto gp saja. sehingga Yamaha YZF R1 menjadi motor pertama yang mengusungnya sebagai sebuah motor supersport legal. Nah berikut ini adalah fitur-fitur tersebut.

Power Delivery Mode, ini merupakan sistem yang memungkinkan pengendara untuk mengontrol sudut bukaan gas sehingga bisa mengatur tenaga yang dikeluarkan oleh Yamaha R 1. 

Fitur ini hampir sama dengan fitur D-Mode. Selain itu sistem in imemiliki 4 pilihan mode ride yagn bisa dipilih sesuai keinginan pengendara.

Inertial Measurenment, adalah fitur yang mempunyai enam sumbu pengukuran.

Variable Traction Control System, Fitur ini berfungsi untuk mengatur sudut kemiringan motor yang digunakan.

Slide Control System, Ini sebenarnya merupakan teknologi yang diusung oleh Yamaha YZR-M1, fitur ini akan mencegah terjadinya slide pada ban bagian belakang.

Lift Control System, fitur ini akan mencegah body terangkat terlalu tinggi jika anda langsung memacu motor dengan kecepatan tinggi.

Quick Shift System, sistem ini memungkinkan motor untuk memberikan shifting lebih cepat tanpa kompling atau bisa menutup gas untuk lap time yang lebih cepat.

Launch Control System, Fitur ini berfungsi untuk membatasi tarikan RPM pada kisaran 10.000 rpm saja.

Rangkuman Spesifikasi Motor Yamaha R1 1000cc

Dimensi Yamaha R1

  • Memiliki lebar badan 690 mili meter
  • Panjang badan mencapai 2055 mili meter
  • Tinggi Yamaha R1 adalah 1150 mili meter
  • Tinggi jok yang digunakan adlaah 855 mili meter
  • Jarak wheelbasenya adalah 1405 mili meter.
  • Ground clearancenya adalah 130 mili meter
  • Trailnya adalah 101 mili meter
  • Memiliki suduk kemudi 24 derajat
  • Kapsitas tanki bahab bakarnya adalah 17 liter
  • Kapasitas tangki olinya adalah 3.9 liter
  • Berat Yamaha R1 dalam keadaan kosong adalah 179 kg

Rangka Yamaha R1

  • Menggunakna rangka Aluminium Deltabox
  • Suspesi bagian depan menggunakan inverted Fork 
  • Suspensi bagian belakang menggunakan single shock Piggyback reservoir menggunakan 4 penyesuaian
  • Rem depan menggunakan cakram hidrolik 4 kaliber piston diameter 320 mili meter
  • Rem belakang menggunakn cakram hidrolik tunggal berdiameter 220 mili meter
  • Ban belakang berukuran 190/70ZR 17 M/C 
  • Ban depan berukuran 120/70ZR 17 M/C

Mesin Yamaha R1

  • Menggunakan mesin tipe DOHC berkapasitas998 cc dengan 4 silinder 16 katub dan menggunakan pendingin berupa cairan.
  • Diameter stroke x piston adalah 50.9 mm 79 mm
  • tenaga maksimalnya mecapai 147.1 kw atau 200 Ps per 13500 rpm dan memiliki torsi maksimal mencapai 112.4 Nm atau 11.5 kg-m / 11500 rpm.
  • Memiliki perbandingan rasio mesin 13:1
  • Menggunakan sistem fuel injection berteknologi YCC-T dan YCC-I
  • Menggunakan sistem pengapian Transistor Control Ignition (TCI)
  • Sistem transmisi 6 percepatan
  • Menggunakan sistem penghidup electric starter
  • Menggunakan rantai tipe O-ring Chain

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha YZF R1 1000cc Terbaru

Pada bagian ini kami telah merangkum hal-hal yang menjadi kelebihan atau keunggulan dan juga kekurangan atau kelemahan dari Yamaha R1 terbaru. Tentunya setiap motor memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Nah untuk Yamaha r1 terbaru mari kita simak penjelasannya.

Kelebihan Yamaha r1 Terbaru

  • Memiliki fitur penunjang yang cukup lengkap
  • Menggunakan sistem Injeksi ganda sehingga hemat bahan bakar
  • Memeiliki desain motor balap yang keren
  • Mampu mencapai kecepatan hingga 300 km/jam
  • Ramah lingkungan karena memiliki teknologi EXUP System

Kekurangan Yamaha r1 Terbaru

  • Walaupun memiliki handiln yang bagus, namun tenaga yang dimiliki dirasa kurang
  • Kenyamanan kurang karena bobot pengendara jatuh ke pergelangan tangan

Harga All New Yamaha YZF R1

Harga YZF r1 baru                             Rp 495.000.000

Nah demikian lah pembahasan kami berkaitan dengen Yamaha R1 terbaru, spesifikasi Yamaha R1 1000cc, Spek Yamaha R1, Kelebihan Yamaha YZF terbaru, Kekurangan Yamaha R1, Keunggulan Yamaha R1, Kelemahan Yamaha R1, semoga pembahasan kami ini bermanfaat untuk anda.

Jangan lupa untuk mebaca review kami lainnya tentang Yamaha R15 dan Yamaha R25.

Rahasia Spesifikasi Kelemahan dan Kelebihan Yamaha YZF R1 serta Harga all new Yamaha YZF R1 Terbaru 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania