Harga Honda Odyssey Baru Bekas dan Rahasia Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangannya

Harga Honda Odyssey | Hadir dengan banyak kelebihan, spesifikasi tampilan inteiror maupun eksterior dari mobil ini memang sangat mumpuni.

Walaupun bukan berarti tanpa kekurangan namun, tetap saja, Honda Odyssey adalah salah satu mobil idaman keluarga.

Bisa kita perhatikan bahwa di jalan-jalan sekarang semakin banyak mobil tipe MPV yang mengaspalt.

Menanggapi antusiasme dari masyarakat ini banyak produsen mobil yang semakin sengit bersaing membuat mobil-mobil Jenis MPV. 

Sebagai salah satu produsen mobil yang telah memiliki nama, Honda sepertinya tidak mau ketinggalan. 

Produk yang dipilih Honda untuk bersaing di kancah dunia MPV nasional adalah Honda Honda Odyssey

Mobil ini sebenarnya sudah mengglobal sejak tahun 1995. 

Sedangkan di Indonesia sendiri, Honda Odyssey telah mulai dipasarkan sejak tahun 2005 yang lalu. 
Sampai sekarang Honda Odyssey sudah mencapai pada generasi yang ke lima. Versi terbaru Honda Odyssey ini diluncurkan pada tahun 2014 lalu. 

Kira-kira bagaimanakah kelebihan yang dimiliki oleh versi terbaru Honda Odyssey ini?

Mari kita ulas secara lebih lengkap mengenai mobil ini.

Dahulunya versi perdana dari Honda Odyssey sudah memiliki tampilan yang sporty dan stylish seperti halnya pada mobil sedan. 

Padahal pada saat itu mobil MPV kebanyakan masih menerapkan tampilan kotak yang konvensional. Jadi bisa dikatakan bahwa Honda Odyssey memang sudah lebih modern sejak awal diluncurkan. 

Untuk versi terbaru dari Honda Odyssey kali ini mengusung tema besar Best of Both World. Tema ini kemudian diaktualisasikan melalui tampilan yan gbegitu elegan dan performa mesin yang handal. 

Dari segi kenyamanan Honda Odyssey juga memiliki banyak fitur penunjang yang dikhususkan untuk penumpangnya. 

Mesin yang digunakan oleh Honda Odyssey adalah tipe DOHC i-VTEC dengan kapasitas mencapai 2.4L. 

Untuk ukuran mobil MPV mesin ini tentu sudah cukup tangguh. Bagaimana? Apakah anda semakin penasaran terhadap segala kelebihan yang ada dalam mobil ini? 

Tenang, kami telah menyiapkan ulasan komplit berkaitan dengan Honda Odyssey.

Mari kita simak bersama review berikut ini. 

Spesifikasi Lengkap Honda Odyssey 

Tampilan Luar Mobil Honda Odyssey yang Sporty dan Mewah

Di segmen yang pertama ini kita akan membahas mengenai tampilan luar dari Honda Odyssey. Mobil ini memiliki lekukan halus pada badannya sehingga nampak begitu mewah dan sporty. 

Mulai dari tampilan fascia bagian depan yang elegan dengan andanya aksen krom yang tersemat hingga foglamp di bagian ujung sisi yang semakin menimbulkan kesan mewah dan kokoh.
Sementara itu grill depan di desan dengan brelapi dan disemati emblem Honda yang menawan. Honda Odyssey juga menggunakan bumper kuat dan besar dilengkapi dengan rongga-rongga yang rapat. 

Di bagian sampingnya Honda Odyssey memiliki tampilan garis futuristic yang memburat dari bagian bawah sampai pada bagian body tengah.

Baca Juga Review Kami tentang Produk Honda Lainnya

Sedangkan untuk pintu Honda Odyssey menggunakan tipe sliding door yang memiliki hadle dengan aksen krom yang menawan. 

Desain ini dirasa sesuai dengan kesan sporty yang ingin ditampilkan dan bisa di bilang pula lumayan unik. 

Pada bagian belakang tampilan yang diberikan tidak terlalu neko-neko. Namun demikian, Honda Odyssey menggunakan sistem penerangan yang lengkap. 

Sistem ini terdiri dari beberapa lampu di antaranya LED high mount stop lamp, active cornering light dan LED rear combination light. 

Sistem pencahayaan yang lengkap ini akan semakin membantu pengemudi di belakang mobil Honda Odyssey.

Kabin Honda Odyssey Nyaman dan Lega

Sebenarnya jika kita mengamati tampilan luar dari Honda Odyssey, kita akan mendapati tampilan luar yang sedikit bongsor. 

Desain ini sengaja dibuat untuk mendapatkan kabin dalam yang lebih lega. Sebagai mobil kelauarga Honda Odyssey mampu menampung penumpang mencapai tujuh orang termasuk sang sopir. 

Sedangkan untuk pengaturan kenyamanan, Honda Odyssey memiliki dashboard yang didesain secara simple dan tidak berlebihan. 

Namun hal inilah yang justru membuat Honda Odyssey semakin nampak mewah dan elegan.
Material yang digunakan untuk menyusun kabin ini terlihat begitu berkualitas yang sengaja digunakan untuk memberikan kenyamanan selama melakukan perjalanan dengan Honda Odyssey

Di bagian kemudi atau Steering Wheel-Mounted Control terdapat banyak fitur tersemat sehingga pengemudi akan lebih mudah untuk mengakses berbagai fitur lain dari kabin kemudi. 

Failitas penghibus standar juga dipasngkan pada Honda Odyssey, yaitu fasilitas audio layar sentuh. 

Perbedaan fasilitas ini dengan mobil-mobil lainnya adalah teknologi yang tersemat, teknologi yang digunakan pada sistem audio Honda Odyssey terlihat lebih modern.
Untuk menambah kenyamanan penumpang dan pengemudi selama berkendara di dalam Honda Odyssey, mobil kelas MPV ini menggunakan pula fitur Removable Front Center Console with Storage and Flip-Up Trash Bag Ring dan juga Seat Configuration. 

Dari segi penampungan, Honda Odyssey mampu membawa banyak barang bawaan dengan lebih nyaman karena memiliki faisilitas Cargo Configuration yang juga didukung dengan fitur One-Motion 60/40 Split 3rd-Row Magic Seat.

Dimensi Honda Odyssey Tangguh dan Dirasa Pas

Kita selanjutnya akan beralih pada segmen berikutnya yaitu dimensi yang dimiliki oleh Honda Odyssey

Secara umum ukuran mobil MPV kesayangan keluarga ini dirasa pas untuk menerjang keramaian kota ataupun untuk melakukan perjalanan antara kota. 

Honda Odyssey memiliki ukuran panjang mencapai 4,830 mm, cukup panjang untuk sebuah mobil. Lalu memiliki lebar 1,800 mm dan tinggi 1,695 mm. 

Dimensi ini mengantarkan Honda Odyssey menjadi mobil paling panjang untuk ukutan mobil MPV lainnya. 

Sehingga seperti yang telah disinggung pada segmen sebelumnya, mobil ini memiliki kabin yang lebih lega. 

Walaupun memiliki tampilan yang tidak terlalu tinggi, namun rasanya Honda Odyssey tetap mudah untuk dikendalikan, ditambah lagi dengan ukuran berat bersihnya yang mencapai 1,792 kg membuat mobil keluarga ini menjadi lebih responsive dan stabil. 

Untuk kapasitas penampungan bahan bakar Honda Odyssey memiliki daya tampung bahan bakar mencapai lima puluh lima liter, angka yang dirasa sudah cukup untuk melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh. 
Di bagian kaki-kaki Honda Odyssey memakai velg tipe alloy dengan ukuran enam belas inchi yang pastinya akan secara maksimal menyalurakan energy yang dimiliki oleh Honda Odyssey ini. 

Pada bagian suspendi Honda Odyssey mempercayakan suspensinya pada teknologi Torsion Bear untuk bagian belakang dan juga menggunakan MacPhershon Strut untuk bagian depannya. 

Dengan dipilihnya kedua teknologi suspensi ini anda akan mendapatkan kenyamanan yang prima saat digunakan selama berkendara menerjang keramaian perkotaan maupun untuk melakukan perjalanan yang jauh.

Sementara untuk pengereman, Honda Odyssey menggunakan sistem pengereman Ventilated Disc untuk bagian depan yang dipadukan dengan Drum ini Disc. 

Teknologi pengereman ini tentunya akan menghentikan mobil dalam waktu yang relative lebih singkat dan juga lebih aman.  

Mesin Honda Odyssey DOHC 4 silinder, 16 Valve dengan i-VTEC berkapasitas 2.4L

Kini kita akan mulai membahas mengenai dapur pacu dari Honda Odyssey, yang tentunya setelah kita mengetahui mengenai tampilan interior dan eksteriornya mesinnya pun tidak akan kalah berkualitas. 

Honda Odyssey memakai mesin DOHC empat silinder dan16 Valve menggunakan i-VTEC yang memiliki kapasitas mencapai 2400 cc. 

Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 175 PS saat putarannya mencapai 6,200 rpm. 

Dan torsi maksimal yang bisa dikeluarkan adalah 23 Kgm saat putarannya 4,000rpm. Dengan mesin berspesifikasi seperti ini, sepertinya Honda Odyssey akan mampu menghasilkan akselerasi yang maksimal.

Selain itu spesifikasi tenaga dari Honda Odyssey juga sesuai untuk mengibas perjalanan di daerah perkotaan maupun perjalanan antar kota. 
Speed yang akan dihasilkan juga lebih maksimal sehingga waktu tempuh suatu perjalanan menjadi lebih singkat. 

Untuk menyalurkan tenaga yang besar dari Honda Odyssey ini digunakan teknologi Continues Variable Transmision (CVT), sehingga mobil akan mencapai akselerasi maksimalnya secara lebih cepat, serta perpindahan giginya pun menjadi lebih halus. 

Honda Odyssey memiliki rasio kompresi pembakaran 10,1:1. Sedangkan untuk kualitas penyuplaian bahan bakar Honda Odyssey menggunkan teknologi PGM-FI meskipun demikian dapat dikatakan bahwa mobil ini termasuk dalam kategori yang cukup efisien karna untuk setiap liternya Honda Odyssey hanya mampu menjangkau jarak sejauh empat belas kilometer. 

Selain itu Honda Odyssey juga mengusung teknologi Earth Dreams Technology, yang merupakan penyempurnaan teknologi pada mesin Honda yang menggunakan struktur mesin paling baru serta memiliki beban tidak terlalu berat sehingga diharapkan akan semakin mengefisiensikan pemakaian bahan bakar.

Fitur Penunjang Honda Odyssey yang Mendukung Kenyamanan

Setelah membahas mengenai berbagai tampilan dari Honda Odyssey dan mesin yang digunakan, kini kita sampai pada segmen yang terakhir yaitu bagian fitur penunjang dari Honda Odyssey

Sebagai mobil MPV yang menjadi andalan Honda, mobil ini memiliki fitur penunjang keamanan dan kenyamanan yang maksimal. 

Pada segi kenyamanan, terdapat fitur Three Zone Climate Control dan Air Filtration yang dapat menyesuaikan suhu dalam kabin dengan suhu udara yang dihasilkan oleh sinar matahari. 

Beralih ke bagian hiburan, Honda Odyssey mengoptimalkan fasilitas hiburan audio dengan beberapa fitur penunjang yaitu USB with external media control and Auxiliary audio input yang berkombinasi dengan dua ratus tujuh puluh watts stereo output seven speaker serta 1 subwoofer. 

Ditambah lagi dengan adanya Radio Data System (AM/FM Stereo) sehingga Honda Odyssey akan memiliki fitur penunjang kenyamanan dari segi audio yang sangat komplit dan pastinya akan semakin menambah kenyamanan di dalam kabinnya. 

Nah untuk mengatur kualitas audio ini serta mengatur pemutaran music terdapat fitur Song by Voice dan Audio Touch-Screen. 
Menginjak ke segi kenyamanan dari pengemudi, Honda Odyssey juga memiliki fitur Honda Link yaitu sebuah fitur yang memungkinkan pengemudi untuk mengetahui berbagai informasi mengenai keadaan yang ada di sekitar mobil. 

Terdapat pula 8-inch Inteligent Multi-Information Display (i-MID) yang menyediakan informasi berkaitan dengan kondisi dari mobil saat digunakan oleh pengemudi. 

Untuk mengetahui informasi berkaitan dengan benda yang ada di sekitar mobil, pengemudi akan memiliki fasilitas berupa Blind Spot Information System sehingga akan semakin memudahkan dalam mengendalikan mobil Honda Odyssey ini. 

Untuk mempermudah pengemudi saat melakukan parkit Honda Odyssey juga di semati fitur Angle Rearview Camera with Guidelines. 

Dengan fitur ini pengemudi dapat melihat tampilan bagian belakang yang lebih luas. 

Sedangkan untuk memudahkan komunikasi Honda Odyssey juga disemati fitur Bluetooth HandsFreeLink yang memungkinkan sopir bisa melakukan komunikasi dengan menghubungkan melalui teknologi Bluetooth.


Honda Odyssey juga dilengkapi dengan fitur penunjang keselamatan yang cukup lengkap. Fitur-fitur ini tentunya dapat memberikan keamanan ekstra untuk para penumpnangnya. 

Fitur keamanan yang pertama adalah penggunaan kerangka berteknologi G-Force Control (G-CON)+ACE. Ini merupakan teknologi yang berupa kerangka kokoh yang berfungsi menahan getaran besar saat terjadinya sebuah tubrukan. 

       Baca Juga Ulasan Kami Tentang :  Honda Civic Terbaru          

Terdapat pula fasilitas air bags yang lengkap terdiri atas SRS Side Airbags, Dual Front i-SRS Airbag, dan juga dan Side Curtain Airbag. Fitur ini akan memberikan keamanan ekstra dan meminimalisir risiko kecelakaan. 

Untuk memaksimalkan pengereman dan mecegah terjadinya ban slip saat dilakukan pengereman mendadak Honda Odyssey telah dilengkapi beberapa fitur penunjang yaitu BA (Brake Assist), BOS (Brake Override System), dan juga ABS (Anti-lock Braking System). 

Dengan demikian dirasa Honda Odyssey akan lebih menjamin keselamatan penumpangnya. Sebagai tambahan Honda Odyssey juga memiliki fitur keselamatan Pedestrian Protection yaitu fitur yang akan memberikan perlindungan bagi pejalan kaki, jika sewaktu-waktu mobil ini menabraknya. 

Beranjak ke bagian fitur keamanan, Honda Odyssey juga disemati dengan fitur penunjang keamanan yaitu diantaranya adalah Motion Adaptive EPS &VSA dan juga Hill Start Assist (HSA) yang difungsikan untuk memberikan bantuan kepada pengemudi untuk berkendara di medan yang menanjak ataupun menurun. 

Semakin memudahkan pengemudiny, Honda Odyssey juga dilengkapi dengan teknologi Emergency Stop Signal (ESS) yang mampu menghidupkan mesin secara mudah jika tiba-tiba mesinnya mati menggunakan fitur Hill Start Assist (HSA). 

Dan karena mobil ini dirasa cukup mewah, maka Honda juga telah menyiapkan fitur keamanan untuk mencegah dari tidakan pencuurian dengan menyematkan fitur Smart Key Type, Immobilizer, serta menggunakan pula teknologi Security Alarm.

Spesifikasi Honda Odyssey Terbaru

Mesin
  • TTipe : In-Line 4-Cylinder, i-VTEC DOHC, 16-Valve
  • Sistem Suplai Bahan Bakar : PGM-FI
  • Diameter x Langkah : 87mm x 99,1mm
  • Isi Silinder : 2356
  • Perbandingan Kompresi : 10,1:1
  • Daya Maksimum : 175PS / 6.200rpm
  • Momen Puntir Maksimum : 23 kg.m /4.000 rpm
Dimensi
  • PanjangxLebarxTinggi : 4,830 x 1,820 x 1,695mm
  • Jarak Sumbu Roda : 2,900mm
  • Jarak Pijak Depan/Belakang : 1,560mm / 1,560mm
  • Kapasitas Tangki : 55 liter
  • Berat Kosong : 1.860kg
Transmisi
  • Tipe : CVT
Sistem Suspensi
  • Suspensi Depan : MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang : H-Shape Torsion Beam
Sistem Kemudi
  • Sistem : Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)
  • Tilt Steering
  • Telescopic Steering
Sistem Rem
  • Depan : Ventilated disc
  • Belakang : Drum in Disc
  • Brake Override System
  • ABS + EBD
  • Brake Assist (BA)
Ban
  • Ban : 215 / 55 R17
  • Roda : Alloy Wheel 17″ x 7j
Interior
  • Audio : 7″ Audio Display
  • Multi Information LCD Display (MIL)
  • ECO Assist
  • One Push Ignition System
  • Leather Steering & Shift Knob
  • Audio Steering Switch
  • Paddle Shift
  • Cruise Control
  • Auto Door Lock by Speed
  • Power Window
  • Tweeter
  • Green Glass
  • Driver Seat Height Adjuster
  • Premium Cradle Seat
  • NAVI System
  • Rear Ventilation AC
  • Power Seat Adjustment
  • Auto A/C with Smart Touch
  • Second Layer Roof Monitor
Eksterior
  • Front Lamp : LED Headlight w/ auto leveling
  • Fog Lamp
  • Door Mirror : Body Color (Power Retractable w/ LED
  • Turning Signal)
  • Door Handle : Chrome
  • Led High Mount Stop Lamp
  • Tailgate Spoiler
  • Exhaust Pipe Finisher
  • LED Daytime Running Light
  • Auto Off Headlight
  • Auto Leveling Headlight
  • Smart Parking Assist System
Fitur Keselamatan
  • Struktur Rangka Bodi : G-CON + ACE
  • Side Impact Beam
  • Side Airbags
  • Side Curtain Airbags
  • Pedestrian Protection
  • Dual Front SRS Airbags
  • Sabuk Keselamatan (Front) : Seatbelt 3P ELR (x2)
  • Sabuk Keselamatan (Rear) : Seatbelt 3P ELR (x2)
  • Pretensioner w/ Load Limiter Seatbelt
  • ISOFIX & Tether
  • VSA
  • Hill Start Assist
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Motion Adaptive EPS
Fitur Keamanan
  • Key Type : Smart Key
  • Keyless Entry
  • Immobilizer
  • Alarm System

Kelebihan Honda Odyssey

  1. Memiliki kesan yang mewah
  2. Tampilan long lasting yang menawan
  3. Mobil nyaman digunakan
  4. Kabin sangat lega
  5. Tenaga yang dimiliki responsive
  6. Harga jual kembali tetap tinggi
  7. Suku cadang mudah didapatkan
  8. Fun to drive

Kekurangan Honda Odyssey

  1. Mobil yang boros
  2. Ground clearancenya terlalu rendah
  3. Perawatan mobil cenderung mahal
  4. Transmisi serta power steeringnya mudah rusak
  5. Biaya perbaikan untuk sistem kelistrikan cenderung mahal 

Review Honda Odyssey

Berikut ini kami juga menyiapkan review Honda Odyssey dalam bentuk tayangan video, namun jika anda kurang menyukai tampilan dalam bentuk video anda bisa melewati bagian ini.

Harga Honda Odyssey

Sebelumnya kita telah mengulas mengenai berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Honda Odyssey ini, mulai dari tampilan eksterior, interior, kualitas mesin hingga berbagai fitur yang disematkan pada mobil ini. 

Sekarang kita sampai pada segemen terakhir yaitu mengenai pembahasan Harga Mobil Honda Odyssey. Ngomong-ngomong soal harga, tentunya akan sangat dipengaruhi oleh fitur-fitur dan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Honda Odyssey sendiri. 

Nah sebelum mulai membahas lebih jauh mengenai harga dari Honda Odyssey ini, mungkin sebaiknya kita buat sedikit kesimpulan mengenai mobil ini. 

Honda Odyssey hadir dengan tampilan yang begitu sporty dan nampak mewah. Sebagai mobil MPV andalan Honda, mobil ini dijejali dengan berbagai fitur penunjang yang sangat keren. 

Mulai dari tampilan luarnya, Honda Odyssey memiliki desain body kokoh namun berukuran paling panjang dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya.

Tentu saja hal ini sengaja dilakukan oleh Honda agar Honda Odyssey memiliki ruang kabin yang lebih lega untuk keluarga. Secara umum, kabin dari Honda Odyssey mampu menampung hingga tujuh penumpang. 

Di bagian kabin ini juga tersemat banyak fitur kenyamanan yang pastinya akan membuat penumpangnya merasa nyaman selama berkendara menggunakan mobil ini. 

Untuk mesinnya, Honda Odyssey memiliki mesin berperforma tinggi didukung dengan teknologi PGM-FI andalan Honda. 

Nah dengan berbagai kelebihan ini, kira-kira berapakah harga yang dibandrolkan untuk Honda Odyssey?

Mengingat berbagai kelebihan yang dibawa oleh Honda Odyssey tentunya mobil ini akan dihargai dengan nilai yang fantastis. Dan benar, berdasarkan laman resmi dari Honda Prospect Motor (HPM), untuk versi Odyssey 2.4 L Prestige dihargai mencapai Rp 710 juta.

Seiring dengan perjalanan pembuatan mobil Honda Odyssey, sekarang Honda menjadi lebih fokus pada pemasaran mobil tipe Prestige saja, walaupun dulunya Honda memasarkan dua tipe mobil Honda Odyssey yaitu tipe prestige dan standar. 

Memang dari segi harga Honda Odyssey memiliki harga yang paling tinggi dan terpaut jauh dengan teman-temannya. 

Namun jika melihat kembali dari segi kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan rasanya harga ini sudah cukup sesuai. Menurut anda bagaimana? Apakah anda ingin meminang mobil ini ?

Daftar Harga Mobil Honda Odyssey Baru

Harga Honda Odyssey 2.4L BaruRp.602.000.000,-
Harga Honda Odyssey 2.4L Prestige Baru Rp.707.000.000,-
Harga Honda Odyssey 2.4 L (ATPM) 2014 Bekas Rp.500.000.000,-

Yang perlu kami sampaikan adalah bahwa harga yang ditampilkan di sini adalah harga mobil OTR untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. 

Sehingga kemungkinan akan mengalami sedikit perbedaan jika anda membelinya di daerah lain. 

Namun perbedaan ini tidak akan terlalu besar. Untuk anda yang masih penasaran dengan harga asli dari mobil ini, silakan anda mengunjungi dealer resmi Honda di daerah anda.

Daftar Harga Honda Odyssey

Model/TypeTahunHarga (Rp)
Honda Odyssey Absolute 2.42004230.000.000
Honda Odyssey Absolute 2.42005245.000.000
Honda Odyssey Absolute 2.42006275.000.000
Honda Odyssey Absolute 2.42007310.000.000
Honda Odyssey Absolute 2.42008375.000.000
Honda Odyssey Absolute 2.42009425.000.000
Honda Odyssey Absolute 2.42010475.000.000
Honda Odyssey 2.4 M2004200.000.000
Honda Odyssey 2.4 M2005220.000.000
Honda Odyssey 2.4 M2006235.000.000
Honda Odyssey 2.4 L2004235.000.000
Honda Odyssey 2.4 L2005245.000.000
Honda Odyssey 2.4 L2006250.000.000
Ada baiknya juga jika anda melakukan test drive untuk mobil ini agar anda mengetahui sejauh mana kualitas dari mobil ini. Demikian ulasan kami mengenai Honda Odyssey.

Baca juga ulasan lengkap kami tentang mobil Honda HR-V dan Honda CR-V

Harga Honda Odyssey Baru Bekas dan Rahasia Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania