Rahasia Dibalik Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan dan Harga Mazda Biante

Harga Mazda Biante | Hadir dengan Spesifikasi mumpuni, tampilan inteiror maupun Eksterior Mazda Biante menyimpan banyak kelebihan. 

Memang beberapa waktu lalu perusahaan mazda sempat Down. Namun, tidak semerta-merta hal ini mengakibatkan mandeknya industry mobil di Indonesia.

Sebaliknya, industry-industri mobil tetap mengeluarkan berbagai produk terbarunya untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. 

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai mobil keluaran dari salah satu pabrikan Jepang yang bagaimanapun juga sampai sekarang masih menjadi kiblat teknologi dunia.

Produk Jepang yang akan kita bahas adalah All New Mazda Biante yang dirilis beberapa waktu yang lalu.

Mazda Biante merupakan mobil yang termasuk dalam kategori Mobil MPV kelas atas atau premium. Mobil ini merupakan jenis mobil keluarga yang memiliki aura kemewahan yang sagat mencolok. 

Mazda digadang-gadang untuk menjadi pesaing sengit dari Toyota Alphard, Toyota Villfare dan juga Nissan Serena yang merupakan unit MPV kelas satu terlaris di pasar otomotif nasional. 

Mazda Biante
Mazda Biante


Dalam mempersiapkan diri untuk bersaing dengan mobil-mobil MPV kelas atas ini, Mazda Biante dijejali dengan berbagai fitur lengkap dan tampilan mewah baik di bagian interior maupun eksteriornya. 

Mazda Biante juga dijejali dengan mesin bertenaga besar yang akan menjadi motor utama penggeraknya. 

Mesin yang dipakai mazda ini memiliki kapasitas yang cukup tinggi yaitu sekitar 2000 cc. Mesinnya sendiri adalah tipe DOCH empat silinder.

Yang menjadi keunggulannya lagi, pada bagian mesin Mazda Biante juga dilengkapi dengan teknologi Skyactive yang merupakan teknologi ciptaan asli dari perusahaan Jepang itu. 

Teknologi Skyactiv merupakan teknologi paten dari perusahaan Mazda yang telah dibuktikan mampu memberikan peningkatan performa dan meningkatkan kesetabilan mesin.

 Produk sebelumnya dari Mazda Biante telah berhasil menjamah pasar mobil MPV premium dengan penjualan yang cukup banyak, nah bagaimanakah untuk produk terbaru Mazda Biante kali ini? Mari kita simak baik-baik uraian berikut ini. 

Spesifikasi Lengkap Mazda Biante

Desain Ekterior Mazda Biante yang Eksklusif Khas MPV Premium

Untuk yang pertama kita akan membahas mengenai tampilan luar dari Mazda Biante. Secara kasat mata, tampilan dari Mazda Biante baru ini memang bisa dikatakan cukup mewah, benar-benar sesuai untuk masuk dalam kategori Mobil MPV Premium.

Kali ini Mazda menghadirkan dua tipe All New Biante yaitu Mazda Biante Limited Edition dan Mazda Biante Skyactiv tipe standar. 

Pada tipe Mazda Biante Skyactiv standar, ciri khas dari Biante sebelumnya masih dipertahankan oleh Mazda yaitu tampilan headlamp yang sipit dengan perpaduan grill depan yang berbentuk V.

Grill v shape ini memiliki warna krom sehingga membangkitkan aura kemewahan yang kuat. 

Sedangkan utuk jenis Mazda Biante limited Edition, perusahaan asal jepang ini memberikan tampilan ruang yang lebih mewah dengan adanya aksen krom yang berbentuk seperti alis pada lampu utamanya. 
Eksterior Mazda Biante
Eksterior Mazda Biante

Tidak berhenti sampai di sini, tipe limited edition juga dilengkapi dengan body kit berukuran minimalis yang berada dibawah spoiler.

Body kit ini kemudian dipadukan dengan fog lamp pada ujung bawah sehingga nampak lebih manis. 

Di bagian sampingnya, Mazda Biante ini memiliki lekukan di ujung depan dan bagian ujung belakangnya, yang membuatnya semakin tampil mewah dan elegan. 

Desain yang menjadi cirikhas dari Mazda Biante sebelumnya yaitu front side window bagian depan yang memang terlihat sedikit menonjol kea rah depan tetap dipertahankan. 

Tampilan versi lama yang juga masih dipertahankan adalah tampilan buritan pada body yang berpadu dengan desain vertical dari stop lampnya.

Sedangkan perbedaan untuk versi Limited Edition terletak pada adanya tambahan aksen dengan warna mengkilat dibagian bawah kaca belakang. 

Interior Mazda Biante Yang Nyaman dan Mewah

Setelah mengulas mengenai tampilan luar dari mobil Mazda Biante, kali ini kita akanberalih ke bagaian interiornya.

Mazda Biante menawarkan ukuran kabin yang cukup lega dengan kapasitas maksimum sebanyak 6 orang penumpang. Tampilan interior dari New Mazda ini juga terlihat begitu mewah dengan berbagi fitur penunjang di dalamnya. 

Untuk menimbulkan kesan yang lebih mewah dan elegan Mazda memberikan sentuhan warna ganda pada dashboard Biante.

Kedua warna ini adalah warna krem dan warna coklat gelap. Di tengah dashboard terdapat layar VGA touchscreen berukuran 6 inchi dengan lampu latar LED untuk mengatur audio secara langsung. 

Interior Mazda Biante
Interior Mazda Biante

Pada bagian bawah layar ini terdapat sistem audio player yang dapat diguanakan untuk memutar CD Player dan juga DVD player.

Di bagian stir pun tidak kalah mewah, stir Mazda Biante dibalut dengan kulit berkualitas tinggi yang mendukung tampilan mewah interiornya. 

Masih di bagian stirnya, terdapat pula speedometer dan beberapa indikator yang akan membantu pengemudi untuk mengetahui kondisi mobil.

Khusus untuk Mazda Biante Limited edition memiliki fitur tambahan berupa backhead monitor yang berukuran 10.1 inchi. Monitor ini sengaja di pasang untuk menambah kenyamanan pengendara saat berkendara. 

Untuk ukuran kabin, baik Mazda Biante Standar maupun Biante Limited Edition memiliki konsep yang hampir sama.

Keduanya memiliki kabin yang luas dengan posisi tempat duduk yang sudah di atur sedemikian hingga penumpangnya bisa senyaman mungkin.

Bagasi belakang dari mobil ini juga memiliki ruang yang cukup luas sehingga memungkinkan anda untuk membawa barang yang lebih banyak. 

Dimensi Berukuran Besar Mazda Biante Menghadirkan Kesan Mewah

Untuk menghadirkan kabin yang lebih lega, tentu mobil ini memiliki ukuran yang lebih besar. Mobil MPV kelas premium ini memiliki penampilan keren walaupun menggunakan body yang cukup lebar.

Ukuran tubuh dari Mazda Biante ini adalah 4,715 milimeter x 1,770 mili meter x 1,835 mili meter. Sedangkan jarak pada poros rodanya sebesar 2,850 mili meter.  

Besar body New Biante ini mengakibatkan pengemudi mudah untuk mengendalikannya. Ukuran fisik ini memungkin kan Mazda Biante lebih stabil selama dikendarai untuk menerjang keramaian di daerah perkotaan. 

Selain itu penumpangya pun akan semakin nyaman dengan kesetabilan dan kelegaan kabin yang disediakan.

Mazda juga semakin memanjakan penumpangnya dengan menggunakan suspensi depan berjenis MacPherson dan Suspensi belakang berjenis Multi-Link.

Sementara untuk Mazda Biante Limited Edition, dibekali dengan suspensi depan Hydraulic dengan dukungan Power Assist Steering System dan juga suspensi belakang Independent MacPherson Strut. Suspensi yang kokoh pastinya juga membutuhkan sistem pengereman yang baik pula. 

Nah kali ini, spesifikasi Mazda Biante dibekali dengan sistem pengereman Ventilated Disc pada masing-masing roda yang menggunakan velg 16 inci.

Dengan Teknologi Skyactiv Mazda Biante Memiliki Tenaga yang Besar namun tetap Halus

Kita akan berlanjut untuk membahas mengenai spesifikasi mesin yang digunakan oleh Mobil MPV premium Mazda Biante.

Dengan tampilannya yang begitu mewah dan elegan, ternyata New Mazda Biante juga hadir dengan mesin berperforma tinggi.

Kehadiran salah satu teknologi yang sudah menjadi paten dari perusahaan asal Jepang ini yaitu Skyactiv memungkinkan New Mazda untuk memiliki mesin bertenaga namun tetap halus dan irit bahan bakar. 

Keberadaan mesin Skyactiv-G dengan kapasistas mencapai 1.997 cc menjadi salah satu persiapan dari Mazda Biante untuk menyusup di segmen Mobil MPV premium.

Dengan adanya mesin ini, New Biante memiliki salah saru performa terbaik di kelas Mobil MPV premimum. 

Mesin Skyactiv sendiri memiliki 4 silinder segaris dengan DOCH enam belas katup. Ditambah lagi pada versi Mazda Biante Limited Edition terdapat fitur pelengkap berupa Dual Sequential Valve Timing (S-VT) dan ada pula teknologi Electronic Throttle Control (ETC).

Walaupun kedua varian ini memiliki perbedaan teknologi penyusun mesinnya, namun tenaga yang dimiliki keduanya tidak berbeda terlalu jauh.

Kedua varian Mazda Biante ini mampu memuntahkan tenaga mencapai 151 PS saat putaran mesin mencapai 6,000 rpm dan bisa menghasilkan torsi hingga 19,4 kgm saat putarannya mencapai 4,100 rpm. 

Untuk meningkatkan kualitas fungsi pembakaran yang ada di dapur mesin, maka Mazda menambahkan teknologi sistem Direct Injection untuk mobil Mazda Biante tipe standard dan pada mobil Mazda Biante tipe limited Edition digunakan Electronically Controlled Direct Injection.

Perbedaan paling mencolok antara kedua varian Mazda Biante ini adalah dengan adanya teknologi I-Stop Indling Sistem yang hanya disematkan pada Mazda Biante tipe Limited Edition.  

Mazda Biante menggunakan sistem Front Wheel Drive (FWD) dengan transmisi manual 6 percepatan yang digadang-gadang akan memberikan tenaga dan laju yang maksimal.

Fitur Pelengkap Mazda Biante yang Komplit dan berkualitas MPV Premium

Di sesi terakhir ini kita akan membahas mengenai fitur-fitur pelengkap yang disematkan dalam mobil Mazda Biante.

Sebelumnya kita telah membahas mengenai tampilan eksterior dan interior yang begitu mewah. Mengingat mobil ini adalah mobil yang mengincar pada segmen Mobil MPV kelas satu, tentunya Mazda Biante dilengkapi dengan fitur penunjang yang begitu keren. 

Banyak fitur keamanan maupun fitur kenyamanan yang di pasangkan di dalam mobil keren ini.

Diantaranya adalah : Electronic Brake Force Distribution (EBD), Anti-lock Brake System (ABS), serta ada juga Emergency Brake Assist (EBA) yaitu fitur yang akan memungkinkan pengendara untuk melakukan pengereman secara maksimal mesi dalam kondisi yang tidak terduga sekalipun dan tentunya fitur ini menjadmin keamanan pengereman yang dilakukan. 

Guna membantu pengemudi mengendalikan mobil Mazda Biante, mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur pembantu kemudi diantaranya adalah Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), dan juga Dynamic Stability Control (DSC). 

Fitur Mazda Biante
Fitur Mazda Biante
Fitur kemudi ini akan membantu pengemudi dalam mengenali dan juga mengemudi dengan cara yang paling efektif untuk segala jenis medan. 

Dari segi keamanan mobil Mazda Biante dipasangi juga dengan sabuk pengaman pada masing-masing jok yang dirancang untuk mengurangi terjadinya cidera saat mobil menabrak atau terjadi benturan yang terlalu keras.

Layaknya mobil-mobil mewah lainnya, Mazda Biante juga dibekali dengan fitur keamanan internasional untuk anak yaitu sistem Isofix Child Seat yang akan menjamin keselamatan anak saat duduk di kursi khusus mereka.

Pada bagian pintunya, Mazda Biante juga dilengkapi dengan fitur keamanan berupa Power Lock Sistem yang menggunakan teknologi Speed-Sensitive Audio Door Loock System. 

Mengingat bahwa mobil Mazda Biante termasuk mobil yang mewah maka, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang akan menghindarkannya dari tindakan pencurian.

Fitur ini adalah Immobilizer yang memang wajib dipasang pada mobil-mobil kelas Mobil MPV Premium. 

Rangkuman Spesifikasi Mazda Biante

Mesin
  • Type mesin yang digunakan SKYACTIV-G 2 L In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve dengan
  • Sistem Penyuplai Bahan Bkar memakai Electronically Controlled Direct Injection
  • Diameter x Langkah sepanjang 83.5 x 91.8
  • Kapasitas Isi Silinder : 1,997 cc
  • Perbandingan Kompresi mesin yang digunakan : 12.0 : 1
  • Tenaga Maksimal mesin : 111 kw  (110) / 6,000 rpm
  • Torsi Maksimal mesin : 190 (19,45) / 4,100 rpm
  • Sistem kemudi menggunakan Electric Power Assist Steering (EPAS)
  • Sistem bahan Bakar memakai Direjk Injection
  • Kapasitas bahan bakar mencapai 50 L
Dimensi
  • Ukuran Dimensi mesin 4,060 x 1,695 x 1,495 mm
  • Jarak Sumbu Roda mencapai 2.850 mm
  • Jarak terendah ketanah mencapai 1,150mm
  • Kapasitas Tanggki mencapai 50 Liter
  • Jarak Poros Roda mencapai 2,850 mm
Transmisi
  •  SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Sistem Suspensi Depan : MacPherson strut
  • Sistem Suspensi Belakang : Multi-link
  • Sistem Pengereman Depan : Ventilated disc
  • Sistem Pengereman Belakang : Solid disc
  • Ukuran Ban Depan adalah 205/65
  • Ukuran Ban Belakang adalah 205/60
Fitur  Keamanan
  • Antilock Brake system (ABS)
  • Immobilizer
  • Traction Control System (TCS)
  • Smart City Brake Support (SCBS)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Dual SRS air bags
  • Hill Launch Assist (HLA)

 Review Mazda Biante

Tim Garasi Oto Mania juga menyiapkan tayangan video mengenai review Mazda Biante, namun jika anda kurang menyukai tayangan video, anda bisa melewatinya. 
 

Kelebihan dan Kekurangan Mazda Biante

Kelebihan Mazda Biante

  1. Memiliki mesin Khusus bensin dengan kapasitas 2 liter
  2. Memiliki fitur canggih i-Stop
  3. Memiliki fitur Hill Launch Assist

 Kekurangan Mazda Biante

  1. Harganya terbilang cukup mahal
  2. Jaringan after sale minim
  3. Sparepart memiliki harga yang mahal

Harga Mazda Biante

Akhirnya sampailah kita di segmen harga Mazda Biante setelah tadi kita sama-sama telah mengulas spesifikasinya dari masing-masing sektor.

Bagaimana? Benar-benar mewah bukan? Spesifikasi mewah pastinya akan diikuti dengan harga Mazda Biante yang juga ‘mewah’. 

Sampailah kita pada bagian yang paling ditunggu yaitu Harga Mobil Mazda Biante. Sebelumnya kita telah mengulas secara lengkap mengenai berbagai kelebihan yang ada pada Mazda Biante.

Benar-benar mewah bukan? Tentu anda sepakat dengan kami bahwa mobil ini memang cocok untuk masuk dalam kategori Mobil MPV Premium. Soal harga tentunya juga akan menyesuaikan dengan segala kemewahan yang dibawa oleh mobil ini. 

Nah, sebelum menginjak pada harga mobil Mazda Biante mari kita buat sedikit rangkuman dari uraian panjang tadi. 

Mazda Biante hadir untuk menyasar pada segmen Premium MPV, oleh karena itu mulai dari tampilan eksterior hingga interiornya semua tampil dengan nuansa elok nan mewah.

Dimensi yang bongsor dan lebih besar membuat Mazda Biante menjadi lebih mudah untuk dikendalikan. 

Dari segi dapur pacunya, mobil ini menggunakan mesin DOHC dengan 16 katup yang memiliki kapasitas mencapai 2000 cc.

Yang menjadi keunggulan dari mesin Mazda Biante adalah adanya teknologi Skyactiv yang memungkinkan Mazda Biante memiliki performa prima namun tetap halus. Dengan kemewahan ini berpakah harga yang dibandrol untuk Mazda Biante?

Berdasarkan situs resmi Mazda Indonesia Tim Garasiotomania mengetahui bahwa mobil Mazda Biante dengan skyactive dibandrol harga sebesar Rp 428.9 juta.

Rasanya harga ini sesuai jika dibandingkan dengan performa mesin yang diberikan dan tampilan interior serta eksteriornya yang wah.

Sedangkan utnuk Mazda Biante tipe Limited Edition harganya terpaut cukup lumayan yaitu menjadi Rp 457.5 juta. 

Harga ini menyesuaikan dengan kualitas Mazda Biante limited edition yang memang lebih baik daripada tipe standarnya. Perbedaan mendasarnya terletak pada fascia belakang dan depannya serta sistem yang ada di interiornya. 

Anda tentu juga masih ingat uraian sebelumnya yang menyebutkan bahwa Mazda Biante versi limited edition memiliki kualitas mesin yang  lebih unggul dari tipe standar nya. 
Harga Mazda Biante Terupdate
Tipe MobilHarga Mobil
New Mazda Biante SkyactivRp 428.900.000,-
New Mazda Biante Limited EditionRp 457.500.000,-

Yang perlu kami garis bawahi adalah bahwa harga yang ditampilkan di atas merupakan harga OTR Jakarta yang pastinya akan berbeda jika nantinya kalian membelinya di daerah masing-masing.

Memang harga yang dibandrol oleh Mazda Indonesia untuk produk terbarunya ini cukup mahal.

 Namun kami rasa harga ini memang sesuai dengan kulitas yang ditawarkan oleh New Mazda Biante

Sebagai informasi tambahan bahwa sebenarnya harga yang ditawarkan oleh Mazda ini sebenarnya lebih murah jika dibandingkan dengan mobil-mobil saingannya seperti Nissan Serena dan Toyota Villfare. Baca jua artikel tentang Toyota Villfare dan Toyota Alphard.

Rahasia Dibalik Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan dan Harga Mazda Biante Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania