Rahasia Kelebihan, dan Kekurangan Daihatsu Copen serta Harga Baru dan Bekas Terbaru

Harga Daihatsu Copen- Daihatsu Copen hadir dengan Spesifikasi yang mumpuni, Banyak kelebihan yang dimilikinya walaupun juga tidak lepas dari kekurangan.

Walaupun Daihatsu sendiri sebenarnya masih kalah saing jika dibandingkan dengan mobil-mobil Merk Toyota dan Honda untuk pasar otomotif di Indonesia namun nampaknya Daihatsu Motor Company tidak gentar.

Hal ini terbukti dengan dikeluarkannya produk Daihatsu Copen sendiri. Mobil Daihatsu Copen sebenarnya merupakan produk reboot dari versi mobil ini pada tahun 2002 sebelumnya.

Secara percaya diri dan tidak tanggung-tanggung kali ini Daihatsu Motor Company menghadirkan kembali Daihatsu Copen di Indonesia dengan berbagai fasilitas dan fitur teranyar. 

Kali ini Daihatsu Motor Compay mengusung tema Fun With Your Best Friend dalam membawakan produk terbarunya.

Dari tema ini saja kami yakin jika anda sudah bisa membayang kan kalau Daihatsu company kali ini akan menyuguhkan kenyamanan yang lebih dibandingkan dengan mobil-mobil sebelumnya.
Review Lengkap dan Harga Daihatsu Copen Terbaru 2016
Daihatsu Copen
Dan ternyata benar, meskipun untuk masalah pasar Daihatsu Motor Company memang masih kalah saing dengan Honda dan Toyota, Daihatsu tetap berani menampilkan mobil mini sport yang hanya menggunakan kapasitas mesin dibawah seribu cc saja. 

Lebih tepatnya mobil Daihatsu Copen hanya menggunakan kapasitas mesin sebesar 658 cc.

Namun dengan mesin yang cc nya tidak terlalu besar ini tetaplah dilengkapi dengan turbo intercooler tiga silinder yang mampu menghasilkan tenaga efektif mencapai enampuluh empat tenaga kuda.

Yang lebih menarik adalah tenaga ini dapat dihasilkan dengan tidak merubah suhu normal ruangan pada mesin, sehingga anda tidak perlu khawatir mobil ini akan berasap atau terlalu panas saat anda gunakan secara maksimal. 

Dengan mesin yang digunakan, Kecepatan Daihatsu Copen bisa mencapai seratus tujuh puluh kilo meter perjam.

Pada bagian dalam mobil mini sport ini Daihatsu menyulapnya dengan pemasangan dua DIN Audio Touch Screen selebar tujuh inc yang dilengkapi pula dengna adanya multi information display.

Tentu tambahan fitur ini menimbulkan kesan mewah layaknya mobil sport pada mobil Daihatsu Copen ini.

Sebagai salah satu mobil mini sport mobil ini tetap menjunjung tinggi keselamatan pengengendaranya.

Mobil ini dilengkapi dengan adanya SRS Airbag dan brake override system. Sytem ini merupakan system yang memungkinkan mesin mobil mengabaikan perintah gas yang diinjak bersamaan dengan dedal rem.

Dengan demikian keamanan anda akan lebih terjamin dan pengereman menjadi lebih optimal. Untuk body Daihatsu Copen sendiri menggunakan rangka bertipe D-frame yang dibungkus dengan body yang terbuat dari resin sehingga dapat anda ganti.

Perpaduan dua hal ini menimbulkan kesan yang lebih staylish dan elegan. Dari uraian singkat ini apakah anda makin penasaran dengan mobil apik ini?

Pada kesempatan ini tim Garasiotomania akan membahas secara komplit dan lengkap mengenai Daihatsu Copen. Mari kita simak penjelasnannya sebagai berikut.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Copen

Tampilan Eksterior Mobil Daihatsu Copen Terbaru


Seperti biasanya untuk yang pertama tim garasiotomania akan membahas megenai tampilan eksterior dari mobil Daihatsu Copen ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa mobil ini mengusung tema Fun With Your Best Friend. Tema ini teraplikasi dengan baik oleh bagian eksterior dari mobil ini.

Body mobil ini dibuat dnegna tampilan yang cenderung bulat dan memiliki sudut tajam untuk bagian kanan dan bagian kirinya. 

Kami yakin anda akan ikut terkagum jika telah melihat tampilan stylish dari mobil Daihatsu Copen ini.

Apalagi ditambah dengan digunakannya konsep dual tone colour body pada mobil ini.

Konsep ini memberikan kesempatan agar tampilan konsep stylish dan fun yang diusung menjadi lebih menyatu pada body mobil Daihatsu Copen dengan warna hitam sebagai paduan utmananya.
Eksterior Daihatsu Copen
Eksterior Daihatsu Copen

Tampilan badan dari mobil Daihatsu Copen dibuat sehingga menimbulkan kesan menyempit dari depan kebelakangnya.

 Jika anda terbiasa mengamati mobil-mobil sekarang yang cenderung kotak maka sepertinya tampilan ini akan menjadi daya Tarik tersendiri bagi anda.

Sebagai salah satu pengusung konsep mobil mini sporty tampilan depan mobil Daihatsu Copen berusaha ditampilkan secara sporty pula.

Dari sisi spionnya pengedara akan merasakan kesan sportynya jika dilihat dari tampilan depan. Benar-benar seperti mobil sporty pada umumnya walaupun tampilan kotaknya sudah dikurangi.

Kesan sporty ini semakin didukung dengan adanya heandlamp yang ditempatkan pada bagian-bagian sudut.

Kemudian tampilan ini lebih diperindah lagi dengan tambahan aksen grill yang membuatnya semakin sporty dan elegan.

Keunggulan lain dari desain body Mobil Daihatsu Copen  adalah adanya atap yang bisa dibuka dan ditutup seperti halnya pada mobil mewah lainnya.

Fasilitas ini adalah Electric Convertible Roof yaitu fasilitas yang dalam waktu sekejap mampu membuka dan menutup atap.

Sobat tidak perlu khawatir kalau saat hujan dan atap mobil ini ditutup air akan merembes ke dalam. Hal ini tidak akan terjadi mengingat atap ini sudah didesain secara canggih oleh Daihatsu Motor.

Desain Interior yang Dimiliki oleh Mobil Daihatsu Copen 

Pada bagian ini tim garasiotomania akan membahas mengenai desain interior yang diterapkan oleh Daihatsu dalam karya terbarunya ini.

Mobil Daihatsu Copen tentu saja memiliki desain interior yang tidak kalah mewah dengan desain eksteriornya.

Mengingat bahwa bagian body nya saja memiliki fasilitas convertible roof akan memalukan rasanya jika bagian interiornya dibuat secara biasa-biasa saja.

Menyadari hal ini Daihatsu Motor memberikan tampilah mewah pula pada tampilan interiornya. Mulai dari warna yang digunakan yaitu hitam dan krem yang menjadi salah satu ciri khas mobil keas atas.
Interior Daihatsu Copen
Interior Daihatsu Copen

Warna hitam digunakan sebagai warna paduan untuk setiap komponen sehingga kesan elegan semakin tercipta di dalam interior mobil Daihatsu Copen ini.

Sedangkan warna krem dikhususkan untuk menambahkan konsep yang diusung yaitu  fun dan stylish. Bagi anda yang menyukai konsep friendly nya maka warna krem ini akan sangat memanjakan mata. 

Beralih pada kenyamanan yang diberikan kepada pengemudi, mobil ini memberikan tampilan kemudi yang menarik pula.

Untuk bagian kemudi digunakan Leather Steering Wheel dengan tipe Rack & Pinion with Electric Power Steering yang terkesan mewah dan stylish.

Tentu saja dengan diberikannya fasilitas ini pengemudi akan menjadi lebih nyaman selam mengemudikan mobil Daihatsu Copen.

Masih berbicara mengenai kemewahan, anda akan semakin dimanjakan dengan adanya chrome Inside Handle yang digunakan pada handle transmisinya.

Benar-benar memberikan kesan mewah dan elegan. Ditambah lagi Daihatsu Copen menggunakan Optitron Combimeter untuk bagian informasi yang dibutuhkan pengemudi saat menyetir mobilnya. 

Sepertinya Daihatsu kali ini memang tidak main-main dalam produksi mobil Daihatsu Copen ini, setelah dilengkapi dengan berbagai fasilitas sebelumnya, mobil inimasih dilengkapi pula dengan fitur Audio Steering Switch yang akan memanjakan penumpang dalam mendengarkan music atau audio lainnya. Selain itu masih ditambah pula dengan 2 DIN Audio Touchscreen 7 yang mendukung tampilan multimedia.

Wah benar-bener niat nih Daihatsu dalam produksi. Sayangnya jika kita beranjak pada bagian seatnya kita hanya akan menjumpai couple seat saja atau hanya bisa ditempati oleh dua orang saja.

Memang sih sejak awal Daihatsu Copen memang dibuat untuk menjadi mobil mini sporty sehingga sangat tidak cocok untuk mobil keluarga.

Mobil ini lebih cocok jika digunakan oleh pasangan muda atau kalangan yang suka dengan mobil sport.

Dimensi Mobil Daihatsu Copen dan Sistem Suspensi yang Digunakan

Setelah membahas mengenai tampilan eksterior dan interiornya maka selanjutnya tim garasiotomania akan membahas mengenai dimensi dan sistem suspensi yang digunakan oleh mobil Daihatsu Copen.

Mobil ini memiliki ukuran badan yang cukup stylish dengan ukuran 3.395 mm x 1.475 mm x 1.280 mm.

Dengan panjang tiga meteran dan tinggi yang hanya 1 meteran ini membuat Daihatsu Copen menjadi lebih mudah untuk dikendarai di daerah perkotaan.

Tentu karena Mobil ini lebih mudah bermanufer jika dibandingkan dengan mobil yang berukuran lebih besar.

Ukuran ini pula yang menjadikan Daihatsu Copen tidak meninggalkan kean stylishnya meskipun tetap dengan perawakannya yang lebih kecil.

Pada bagian lainnya Mobil ini menggunakan body tipe D Frame dengan sumbu antara roda belakang dan roda bagian depan berjarak 2230 milimeter.

Kemudian ada sedikit kabar yang mungkin patut anda pertimbangkan sebelum mobil ini bahwa kita mengingat mobil ini mengusung konsep mini sporty sehingga sepertinya memang tidak layak jika kita menggunakan mobil ini untuk melewati daerah-daerah terjal ataupun jalan-jalan yang rusak.

Hal ini lebih dipertegas dengan jarak groud clearance Daihatsu Copen yang hanya 115 mm dari permukaan tanah.

Bagi anda yang ingin memiliki mobil ini pastikan anda tidak berencana untuk melewati rute atau jalur terjal dengan mobil ini.

Ukuran ground clearance yang berjarak tidak terlalu tinggi dari tanah bukan tanpa alasan.

Keadaan ini akan mempertahankan keseimbangan mobil Daihatsu Copen saat melaju dengan kecepatan yang tinggi.

Jadi secara tidak langsung ini akan mempengaruhi keselamatan. Sedangkan untuk berat dari mobil ini sebenarnya tidak terlalu berat, yaitu sekitar delapan ratus limapuluh kilogram.

Kemudian jika anda ingin tetap mempertahankan performa terbaik dari mobil ini saat melaju sebaiknya anda tidak membawa beban yang melebihi 1040 Kilo gram.

Seperti yang telah disampaikan tadi bahwa bentuk yang mini ini dapat memberikan performa bagi Daihatsu Copen untuk bermanufer dengan  baik.

Untuk kemampuan putarnya sendiri dapat mencapai 4.6 m. Angka ini menunjukkan bahwa mobil Daihatsu Copen mampu melakukan tajam hingga jari-jari sekitar dua meter.

Untuk masalah suspensi, roda depan mengandalkan Mc Pherson Strut Coil Spring sedangkan untuk roda belakang menggunakan Torsion Beam Coil Spring sehingga akan lebih kuat dalam menyokong beban mobil.

Sebagai penunjang suspensi mobil ini menggunakan ban dengan ukuran 165/50 R16 tentunya dengan tambahan Allow Wheel dan distabilkan dengan fitur pengereman dari bagian depan dan belakang.

Pada pengereman belakang diguanakn sistem Trailing dan sistem deum sedangakn untuk pengereman pada bagian depan digunakan Ventiled Disc Brake.

Fitur pengereman keren ini semakin menambah pengaplikasian konsep stylish yang diusung oleh Daihatsu Copen.

Mesin yang digunakan Pada Mobil Daihatsu Copen


Pembahasan selanjutnya akan difokuskan pada bagian mesin yang digunakan oleh Daihatsu Copen.

Sebagai salah satu mobil tipe mini Sport mobil ini menggunakan mesin dengan tipe DOCHC yang dilengkapi dengan intercooler Turbo yang memiliki kapasitas mesin 658 cc.

mesin yang digunakan sebagai jantung dari Daihatsu Copen ini termasuk mesin yang tangguh dan bisa mengeluarkan performa yang baik.

Mesin ini mampu menghasilkan kekuatan enampuluh empat tenga kuda dan kecepatan maksimumnya bisa mencapai seratur tujuh puluh Kilo meter per jam nya.

Dari segi akselerasi mobil ini memiliki kemampuan yang sangat baik, dari kondisi diam mobil ini mampu menggunakan kecepatan 100 Km/ Jam dalam kurun waktu yang hanya sekitar 11.7 detik saja.

Tampilan Mesin Daihatsu Copen
Tentu informasi ini sangat menarik bagi anda yang menyukai modil dengen tipe kecepatan. Keadaan ini didukung pula dengan adanya satu gigi reverse yang memiliki kecepatan yang hampir sama dengan gigi satunya.

Untuk masalah pemakaian bahan bakar mobil Daihatsu Copen mempercayakannya pada alat berteknologi Electronic Fuel Injection atau EFI.

Teknologi ini diletakkan pada Karburatornya dan memiliki fungsi untuk optimasi penggunaan bahan bakar yang di bandingkan secara baik dengan udara yang digunakan, sehingga pemakaian bahan bakar akan semakin efisien.

Kapasitas tangki yang ada pada mobil Daihatsu Copen adalah sebanyak tiga puluh liter, dengan catatan yang digunakan adalah premium tanpa timbal. 

Fitur Keselamatan yang ada pada Mobil Daihatsu Copen

Setelah berbagai aspek dibahas mengenai Daihatsu Copen tiba saat nya kita membahas bagian yang tidak kalah penting yaitu fitur keselamatan yang ditawarkan.

Anda tentu sependapat dengan kami bahwa keselamatan adalah hal yang paling penting dalam berkendara.

Sepertinya Daihatsu pun berpikir demikian. Terbukti dengan diberikannya konsep keamanan Advance Safety pada mobil ini.

Fitur advance Safety dilengkapi dengan active dan passive safety. Konsep keamanan ini dirancang agar anda bisa tetap tenang meskipun menghadapi berbagai keadaan yang tidak terduga.  

Fitur Penunjang Daihatsu Copen
Fitur Penunjang Daihatsu Copen
Sebagai wujud dari active safety specs, Daihatsu melengkapi mobilnya dengan fasilitas Antilock Braking System, fasilitas ini akan mengcegah mobil terpelanting saat pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Terdapat pula Electronic Brake Distribution yang akan mendistribusikan kekuatan mengerem yang setara untuk setiap titik pada rem yang terpasang dalam Daihatsu Copen.

Selain itu juga terdapat fitur Over Ride System yang akan mengabaikan printah gas saat anda menginjak gas dan rem secara bersamaan.

Keadaan ini biasanya terjadi saat anda mengalami keadaan darurat misalnya sebelum terjadinya suatu kecelakaan. Dengan demikian anda akan terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

Sebagai pelengkap Daihatsu Copen juga dilengkapi dengan adanya dual Airbag yang akan mengembang saat terjadi suatu tubukan.

Airbag system merupakan fitur keselamatan standar yang berlaku secara internasional. Di sisi lain, untuk fitur keselamatan passive safety system, Copen dilengkapi dengan desain mobil bertipe TAF System.

Desain ini merupakan desain yang cocok untuk mengurangi dampak akibat adanya suatu tubrukan. Dengan spesifikasi seperti ini layak memang jika Daihatsu Copen bertengger di jajaran mobil mini sport.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Copen

Tim garasi Oto Mania telah menyiapkan rangkuman kelebihan dan kekurangan Daihatsu Copen khusus untuk anda pembaca setia berita otomotif GarasiOtomania. Berikut adalah rangkumannya.

Kelebihan Daihatsu Copen
  1. Menggunakan konsep Fun Styling yang akan memanjakan penumpangnya
  2. Mengusung konsep Fun to Drive
  3. Memiliki konsep keamanan kelas tinggi menggunakan Active dan Pasice Safety
  4. Memiliki kapasitas mesin mencapai 660 cc berpadu teknologi turbo

Kekurangan Daihatsu Copen

  1. Memiliki Harga yang mahal 
  2. Harga jual kembali turun cukup cepat
  3. Sparepart juga mahal

 Spesifikasi Lengkap Daihatsu Copen

 Untuk mempermudah anda dalam mengetahui seluk beluk dari Daihatsu Copen, berikut kami telah membuat rangkuman spesifikasi Daihatsu Copen untuk anda.

Dimensi
P x l x t3.395 x 1.475 x 1.280
Wheelbase(mm)2230
Minimum Turning Radius(mm)04/06/16
Ground Clearance(mm)115
Curb Weight(kg)850
Gross Vehicle Weight(kg)1040
Mesin
ModelKF
TipeDOHC with intercooler turbo
Ruang Bakar658
Jumlah Silinder3
Jumlah Katup12
Bore x Stroke(mm)63.0 x 70.4
Maximum OutputPS/rpm64/6.400
Maximum TorqueKg.m/rpm09/04/00
Sistem bahan BakarEFI (Electronic Fuel Injection)
Tipe Bahan BakarUnleaded Gasoline
Kapasitas Tangki30
Transmisi
TypeManual, 5 – speed
Gear RatioI : 3.181
II : 1.842
III : 1.250
IV : 0.917
V : 0.750
Reverse : 3.143
Tipe Kemudi
TypeRack & Pinion with Electric Power Steering
Sistem Pengereman
DepanVentilated Disc Brake
BelakangDrum, Leading and Trailing
Suspensi
DepanMc Pherson Struts Coil Spring
BelakangTorsion Beam Coil Spring
Ban
Ukuran165 / 50 with Alloy Wheel

Review Daihatsu Copen

Berikut ini kami juga sudah menyiapkan reveiw Daihatsu Copen dalam bentuk video, namun jika anda kurang menyukai tayangan video anda bisa melanjutkan membaca.


Harga Daihatsu Copen

Tibalah kita pada bagian yang paling ditunggu, yaitu bagian Harga Mobil Daihatsu Copen.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan mungkin anda bisa mengira-ira berpakah harga yang ditawarkan untuk mobil keren ini.

Untuk lebih jelasnya, pada bagian ini akan ditampilkan secara lebih lengkap mengenai harga dari Daihatsu Copen.

Namun sebelum harga ini ditampilkan, mari sedikit kita simpulkan mengenai tulisan mengenai Daihatsu Copen yang ada di atas.

Daihasu Copen merupakan mobil yang mengusung konsep mini sport.

Mobil ini memiliki tampilan layaknya mobil sport dengan posisi tempat duduk yang terbatas. Sebagai mobil yang sejak awal membawa branding Fun Stylist, mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mumpuni.

Desain interior dibuat secara detail dan Desain eksteriornya dibuat dengan tampilan sporty nan mewah.

Mobil Daihatsu Copen juga dilengkapi dengan fitur keamanan dua arah yaitu active safety dan passive safety.

Dengan berbagai kelebihannya, dan didukung dengan fitur keamanan yang lengkap maka layaklah jika mobil ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.

Namun demikian rasanya harga ini sesuai bagi anda yang ingin menikmati konsep sporty fun stylish dan terjamin oleh fitur keamanan yang lengkap.

Bagi anda yang ingin meminang Daihatsu Copensebagai sahabat yang akan setia menemani anda, Daihatsu membandrol mobil tersebut dengan harga Rp 421.550.000,-.

Harga ini sudah meliputi BBN-KB dan juga PKB.
Harga Daihatsu Copen
Rp 421.550.000,- 
Sejak awal Daihatsu Copen memang mengincar pasar dikalangan para pengusaha dan kalangan tingkat atas.

Sehingga wajar memang jika harga yang ditawarkan terhitung mahal terutama untuk masyarakat secara umum.

Namun bagi anda kaum entrepreneur tentu mobil ini nantinya akan menambah kepercayaan mitra bisnis anda.

Harga Daihatasu Copen Bekas

Berikut ini tim GarasiOto Mania juga telah mengumpulkan informasi mengenai harga Daihatsu Copen bekas.

Harga Daihatsu Copen Bekas 2003 Black On Black Bulilt Up - Rp 285 Juta
Harga Daihatsu Copen Bekas 2005 Silver Antik                       - Rp 250 juta

Bagaimanapun juga harga Daihatsu Copen masih berada pada kisaran dibawah 1 milyar sehingga terdapat kemungkinan besar jika lembaga-lembaga pembiayaan mau membantu anda untuk memiliki mobil Fun stylish ini.

Nah, demikian tadi pembahasan mengenai mobil Daihatsu Copen yang dilakukan oleh tim garasiotomania.

Semoga ulasan lengkap ini dapat membantu anda untuk menentukan mobil idaman anda.  Jangan lewatkan ulasan lainnya mengenai Daihatsu Xenia dan Daihatsu Sigra


Rahasia Kelebihan, dan Kekurangan Daihatsu Copen serta Harga Baru dan Bekas Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania