Harga Suzuki Amenity dan Rahasia Kelemahan Kelebihannya

Harga Suzuki Amenity | Hadir dengan penampilan yang menawan, spesifikasi Suzuki Amenity memang menyimpan banyak kelebihan, baik itu dari segi penampilan interior maupun eksteriornya. 

Mobil ini yang sudah berumur ini, cukup diminati pada masanya. 

Walaupun sebenarnya banyak juga kelemahan yang dibawanya. Suzuki Amenity adalah mobil jenis mini hatchback yang dikeluarkan pata tahun 90 an. 

Mobil ini terus mempertahankan bentuk tampilannya hingga mendapatkan versi facelift nya yang kemudian diberinama Suzuki Eleny.

Seperti kebanyakan mobil lainnya, Suzuki Eleny juga memiliki nama lain. Mobil ini mengusung nama Suzuki Cultus di negara asalnya dan juga di beberapa kawasan Eropa. 

Dari segi dapur pacu mobil ini menggunakan mesin tipe DOHC yang dilengkapi dengan penyupali bahan bakar injeksi. 
Suzuki Amenity
Suzuki Amenity
Sedangkan untuk mobil ini yang dipasarkan didalam negeri menggunakan dapur pacu bermesin SOHC dengan karburator.

Dulunya mobil Suzuki Amenity pernah dikembangkan untuk menjadi sebuah mobil tipe sedan. Kemudian jenis sedan ini dinamai sebagai Suzuki Esteem. Pengembangan ini, tidak membuat terlalu banyak perbedaan di antara keduanya.

Selain perbedaan bentuk yang mencolok, perbedaan lainnya hanya terlihat pada bagian dapur pacu dan ukuran bagasinya saja. 

Sebagai pecinta otomotif, anda tentunya telah mencatat perkembangan mobil keren yang pernah berjaya di masanya ini. 

Pada kesempatan ini, tim GarasiOtoMania akan secara lebih jelas mengulas spesifikasi Suzuki Amenity dan juga berkaitan dengan Harga Suzuki Amenity.

Eksterior Suzuki Amenity

Pada pembahasan pertam ini, tim GarasiOToMania akan lebih mengulas mengenai tampilan luar yang dimiliki oleh Suzuki Amenity. 

Harga Suzuki Amenity bisa dikatakan sangat dipengaruhi oleh tampilan luar yang dimilikinya.

Tampilan luar mobil ini hadir dnegan dua pilihan tipe body yaitu body yang menggunakan dua pintu dan juga yang menggunakan empat pintu. 

Di tahan air, mobil ini lebih banyak dipasarkan dalam bentuk body dengan 4 pintu. Kemungkinan besar hal ini karena untuk tipe 4 pintu dirakit dengan cara CKD sehingga Harga Suzuki Amenity menjadi lebih murah. 

Eksterior Suzuki Amenity
Eksterior Suzuki Amenity
Untuk Suzuki Amenity versi dua pintu, kabarnya hanya dijual dalam jumlah terbatas saja di Indonesia yaitu sekitar 200 an unit saja. 

Jumlah yang cukup minim ini semakin hari semakin sedikit karena sudah mengalami kerusakan maupun jatuh ke tangan kolektor.

Mulai dari bagian fascianya,, mobil ini sebenarnya memiliki tampilan yang mirip dengan Suzuki Estem. 

Dengan kemiripan yang dimilikinya ini, bahkan kita bisa menggantikan part rusak milik Suzuki Amenity dengan sparepart miliki Suzuki Esteem. 

Tampilan lampu utama berbentuk trapesium membuatnya terlihat begitu gagah. Lampu ini diletakkan pada bagian samping dan seolah mengapir grill depan yang berbentuk sarang tawon. 

Untuk lampu sein kap mesin dan juga tampilan depan lainnya secara umum terlihat begitu boxy khas mobil-mobil 90 an. 

Beralih ke bagian sampingnya, kita akan mendapati tampilan mobil mini hatchback yang sesungguhnya. 

Tampilan ini masih mitip dengan versi mobil pendahulunya yaitu Suzuki Forza. Namun untuk lekukan yang dimilikinya, mobil Suzuki Amenity ini mengusung lekukan lembut yang terlihat lebih feminim. 

Dengan demikian kaum hawapun akan lebih tertarik dengan penampilannya ini.

Sebelumya sudah disampaikan bahwa terdapat dua jenis tampilan body yang dimiliki oleh Suzuki Amenity, nah berikut adalah gambar untuk tampilan mobil Amenity yang memiliki dua pintu dan empat pintu.
Suzuki Amenity 2 Pintu
Suzuki Amenity 2 Pintu
Secara kasat mata, tampilan untuk mobil Suzuki Amenity yang memiliki empat buah pintu menjadi lebih panjang dibandingkan dengan yang hanya memiliki dua pintu. 

Sedangkan untuk tampilan lekuk mobil yang dimilikinya terlihat relatif sama. 

Suzuki Amenity 4 Pintu
Suzuki Amenity 4 Pintu
Nah, kemudian jika kita membandingkan antara mobil Suzuki Amenity dan juga versi facelift nya yaitu Suzuki Eleny maka perbedaan yang cukup terlihat terdapat pada baggian belakangnya. 

Tampilan belakang Suzuki Amenity
Tampilan belakang Suzuki Amenity
Pada mobil Suzuki Amenity, lampu henti belakang mengadopsi bentuk persedi panjagn yang bermotif kotak-kotak kecil. 

Kemudian lampu mundurnya diletakkan pada bagian sisi kiri dan kanan dengan mengapit plat nomor yang dimilikinya.

Tampilan Belakang Suzuki Eleny
Tampilan Belakang Suzuki Eleny
Sedangkan pada mobil Suzuki Eleny, tampilan belakangnya, mengusung lampu berbentuk persegi panjang yang digabungkan dengan garnish merah. 

Lampu seinnya dibalut dnegna mika berwarna putih tidak seperti pada Suzuki Amenity yang berwarna kuning. Dan plat nomornya diletakkan lebih ke bagian bawah dibagian tengah bumpernya.

Interior Suzuki Amenity

Setelah mengulas mengenai tampilan luar yang dimiliki oleh mobil ini, kini saatnya tim GarasiOtoMania untuk mengulas isi kabin yang dimilikinya. 

Harga Suzuki Amenity sendiri tentu juga dipengaruhi oleh interior yang dimilikinya. 

Walaupun kini harga dari mobil ini sudah turun sangat banyak, namun dulunya komponen inteiror sangatlah mempengaruhi harga mobil ini. 

Sebagai sebuah mobil mini hatchback, Suzuki Amenity memiliki ruang kabin yang cukup lega. Apalagi pada versi Suzuki Amenity yang menggunakan empat pintu. 

Interior Suzuki Amenity
Interior Suzuki Amenity
Pada Suzuki Amenity yang memiliki 4 pintu, ruang kaki dan juga ruang lutut menjadi lebih lega. Sayangnya, memang jika kita amati tampilan inteiror dari mobil ini terkesan terlalu monoton atau biasa-biasa saja. 

Tampilan ini juga bisa dikatakan jauh dari kesan mewah. Namun, walaupun mobil ini belum memiliki tampilan yang mengesankan tetapi dari segi fiturnya, Suzuki Amenity cukup lumayan.

Mobil ini sudah memiliki fitur power windows, AC blower dan juga electric mirror. Sayangnya untuk versi mobil Suzuki Amenity dua pintu belum memiliki kesemuanya dari fitur yang disebutkan tadi. 

Sebagai gantinya mobil ini dilengkapi dengan jok yang lebih nyaman yaitu menggunakan jok semi bucket seperti halnya pada mobil tipe sport. Terdapat pula tampilan stir three spoke yang terlihat begitu sporty.

Mesin Suzuki Amenity

Selanjutnya kita akan mengulas mengenai dapur pacu yang diusung oleh Suzuki Amenity. Sebagai salah satu mobil mini hatchback legendaris miliki Suzuki, mobil ini tentunya dipersenjatai dengan mesin yang mumpuni. 

Tetapi untuk Suzuki Amenity yang dipasarkan di Indonesia hanya memberikan satu pilihan mesin saja yaitu mesin berkapasitas 1300 cc (1.3L). Mesin ini menggunakan 4 silinder segaris dan delapan katub. 

Kemudian untuk pengabutan bahan bakar digunakan karburator sehingga akan lebih mudah dalam perawatannya.
Mesin Suzuki Amenity
Mesin Suzuki Amenity
Mesin ini adalah tipe G13BA dan akan mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 71 tenaga kuda diputaran 6000 rpm. 

Sementara untuk torsi maksimumnya mencapai 102 Nm diputaran 4000 rpm. Jika dilihat dari ukuran tenaga yang dihasilkan ini bisa dibilang bahwa, memang tenaga Suzuki Amenity tidak lah terlalu besar bahkan lebih kecil jika dibandingkan dengan saingannya yaitu Toyota Starlet Kapsul yagn notobene memiliki kapasitas sama. 

Sedikit informasi bagi anda bahwa komponen mesin yang dimiliki oleh mobil ini banyak yang mirip dengan milik Suzuki Carry Futura, sehingga anda bisa secara mudah menggantinya. Ketersediaan sparepart untuk mobil berumur inipun menjadi lebih terjamin.

Handling Suzuki Amenity

Untuk masalah handling, sepertinya Suzuki Amenity tidak terlalu bisa memberikan kesan bagi para pengemudinya.

Seperti halnya pada Esteem, mobil ini memberikan kesan yang biasa-biasa saja. Adanya power steering yang pada saat itu menjadi salah satu fitur mainstreem malah menambah nilai minus untuk mobil ini. 

Untungnya bobot dari mobil ini tidak lah terlalu berat sehingga untuk melaju di kecepatan 120 km / jam pun akan tetap mudah bagi mobil ini. 

Tentu saja, hal ini hanya bisa dicapai jika semua komponen yang dimilikinya dalam keadaan prima.

Rangkuman Spesifikasi Suzuki Amenity

  • Tipe Mesin yang digunakan : G13BA berkapasitas 1.3 L dengan karburator
  • Konfigurasi mesin : 4 silinder linier dengan 8 katub
  • Tenaga maksimum : 71 tenaga kuda diputaran 6000 rpm
  • Torsi Maksimum : 120 Nm diputaran 4000 rpm
  • Ukuran bore x stroke : 74 mm x 75.5 mm
  • Angka rasio kompresi L 9.5 : 1
  • Perkiraan konsumsi bahan bakar : 10-12 km per liter (jika didalam kota) dan 13-16 km per liter (untuk perjalanan luar kota)
  • Sistem transmisi : 5 speed
  • Sistem suspensi : suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dan belakang menggunakan Independent
  • Saingan : Honda Civic, Mazda Astin, Daihatsu Charade CX, Toyota Starlet

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Amenity

Pada bagian  ini kami telah menyiapkan pembbahasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Amenity. Pembahasan ini kami buat secara lebih ringkas sebagai berikut.

Kelebihan Suzuki Amenity

  1. Harganya murah
  2. Mesin masih tetap bandel
  3. Sparepart mudah didapatkan
  4. Irit bahan bakar
  5. Perawatan mudah
  6. Kabin yang luas

Kekurangan Suzuki Amenity

  1. Penampilannya sudah ketinggalan jaman
  2. Masih menggunakan karburator
  3. Part body mulai susah didapatkan
  4. Tenaganya terlalu kecil
  5. AC kurang nyaman
  6. Kaki-kaki mobil kurang kuat

Review Suzuki Amenity

Berikut ini kami juga menyiapkan review Suzuki Amenity dalam bentuk tayangan video, anda bisa melihatnya. 

Harga Suzuki Amenity 4 Pintu dan 2 Pintu

Harga mobil tentunya akan sangat dipengaruhi oleh spesifikasi yang dimilikinya, nah sebelum mengulas lebih lanjut mengenai harga Suzuki Amenity , Tim GarasiOtoMania seperti biasanya akan memberikan sedikit garis bawah pada spesifiksi Suzuki Amenity. 

Dari segi tampilan luar, mobil ini hadir dengan dua pilihan pintu yang digunakannya yaitu pintu 2 dan pintu 4. 

Secara umum tampilan keduanya sangatlah mirip, namun untuk versi 4 pintu memiliki ukuran yang lebih panjang. 

Kemudian untuk tampilan inteirornya memang keduanya juga memiliki perbedaan.

Pada mobil Suzuki Amenity versi 4 pintu sudah memiliki fitur power windows dan juga AC blower, sedangkan untuk versi 2 pintu belum memiliki kesemuanya namun diimbangi dengan bahan jok mobil dan stir yang berkualitas. 

Untuk bagian dapur pacunya, mobil ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 71 tenaga kuda diputaran 6000 rpm dan torsi maksimum 102 Nm diputaran 4000 rpm. 

Nah, dengan spesifikasi seperti ini kira-kira berapakah harga yang dibandrolkan?

Berdasarkan berbagai sumber yang kami peroleh harga Suzuki Amenity untuk saat ini adalah sebagi berikut

Harga Suzuki Amenity 2 Pintu

Harga Suzuki Amenity 2 Pintu tahun 1990 : 30-35 Juta
Harga Suzuki Amenity 2 Pintu Tahun 1991 : 26- 49 juta
Harga Suzuki Amenity 2 Pintu Tahun 1992 : 35- 45 juta
Harga Suzuki Amenity 2 Pintu Tahun 1993 : 35 juta
Harga Suzuki Amenity 2 Pintu Tahun 1994 : 33 - 38 juta

Harga Suzuki Amenity 4 Pintu

Harga Suzuki Amenity 4 Pintu tahun 1990 : 36 Juta
Harga Suzuki Amenity 4 Pintu Tahun 1991 : 45 juta
Harga Suzuki Amenity 4 Pintu Tahun 1992 : 38  juta

Harga Suzuki Amenity terbilang sangat murah untuk ukuran sebuah mobil, sehingga mungkin mobil ini bisa menjadi salah satu solusi bagi anda yang menginginkan mobil murah. 

Demikian tadi ulasan kami mengenai Spesifikasi Kelebihan, kekurangan dan Harga Suzuki Amenity, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Dan jangan lewatkan juga pembahasan kami lainnya mengenai Mitsubishi Delica Royal dan Mitsubihsi XM Concept


Harga Suzuki Amenity dan Rahasia Kelemahan Kelebihannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania