Rahasia dibalik Spesifikasi dan Harga Yamaha NMAX Terbaru 2017

Harga Yamaha NMAX Terbaru – Belum lama ini Yamaha telah meluncurkan produk motor Skuter terbarunya. Motor ini hadir dengan nama Yamaha NMAX 150. Kehadiran Yamaha NMAX di kancah otomotif nasional ini sebagai jawaban atas munculnya produk skuter milik Honda yaitu Honda PCX 150 yang telah lebih dulu menorehkan kesuksesan pada kelas motor ini. 

Skuter metik premium ini nantinya diharapkan akan mampu bersaing dan mengalahkan Honda PCX, sehingga Yamaha dengan segala usahanya menyematkan berbagai fitur pendukung guna meningkatkan kualitas dari Yamaha NMAX.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yaitu perusahan resmi pembawa bran Yamaha di Indonesia telah secara resmi meluncurkan Yamaha NMAX sejak bulan Februari lalu. 

Kabarnya motor ini akan memiliki banyak kelebihan yang membuatnya bisa menarik hati para pecinta otomotif di segmen motor skuter. 

Nah, sebenarnya sejauh mana keunggulan yang dimiliki oleh Yamaha NMAX ini?

Pada kesempatan ini tim GarasiOtoMania akan menjelaskan secara lengkap mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan Yamaha NMAX.

Yamaha NMAX
Yamaha NMAX


Sebagai tambahan informasi untuk anda pecinta otomotif, bahwa Yamaha NMAX ini merupakan produk kedua yang dibuat oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Tentunya anda tahu bahwa produk pertama dari YIMM adalah Yamaha YZF R25 yang menyasar pada segmen motor sport. 

Baca juga ulasan kami tentang Spesifikasi dan Harga Yamaha YZF R25

Yamaha NMAX mengususng beberapa fitur canggih yang akan menambah kenyamanan pengemudi saat berkendara. 

Beberapa fitur ini adalah adanya Variable Valve Actuation (VVA), Blue Core dan juga Anti Lock Brake System (ABS). 

Informasi yang diperoleh tim GarasiOtoMania, Yamaha NMAX nantinya akan dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan rivalnya Honda PCX 150. 

Bagaimana bisa Harga Yamaha NMAX lebih murah? Sebernarnya bagaimanakah Spesifikasi Yamaha NMAX? Mari kita ulas secara lebih mendetail.

Spesifikasi Yamaha NMAX 150

Desain Yamaha NMAX yang Sporty dan Modern

Yamaha NMAX memang memiliki tampilan yang terkesan begitu sporty dan mewah. Motor tipe skutik premium ini mirip dengan produk lain Yamaha yaitu Yamaha Majesty. 

Anda akan menemui kemewahannya mulai dari bagian depan, belakang maupun sampingnya.

Tampilan futuristic begitu namapak pada penampilan Yamaha NMAX apalagi dengan adanya perbedaan warna pada body samping dan juga sisi sampingnya. 

Tampilan ini juga dipercantik dengan adanya emblem NMAX yang dipasangkan pada bagian belakang. Di bagian samping depannya, Yamaha NMAX menggunakan fairing seperti halnya pada motor skutik mode lainnya.

Kesan sporty menjadi semakin terlihat dengan adanya visor pada bagian depannya. Lalu untuk bagian joknya sendiri Yamaha NMAX menggunakan jok berbahan empuk yang pastinya akan memberikan kenyamanan ekstra bagi para penumpangnya.

Tidak berhenti hanya sampai disitu Yamaha NMAX juga memiliki pijakan kaki yang didesain secara khusus hingga menjadi sangat mirip dengan tampilan pijakan pada motor gedhe seperti Harley Davidson. 

Pijakan ini akan memberikan kenyamanan tambahan bagi penggunanya. 

Untuk bagian stangnya sendiri Yamaha NMAX menggunakan stang bertipe Cruiser dengan ketinggian pas yang akan semakin menyamankan pengendaranya. Secara umum desain dari Yamaha NMAX ini memang mewah dan juga futuristic.

Desain Lampu Yamaha NMAX yang Modern dan Futuristik

Setelah membahas mengenai desain Yamaha NMAX secara keseluruhan, kini kita akan lebih fokus membahas mengenai tampilan dari Desain lampu Yamaha NMAX. 

Tampilan lampu Yamaha NMAX terlihat begitu modern dan juga futuristic. Pada lampu utamanya Yamaha NMAX sepertinya sedikit meniru tampilan dari Headlamp motor sport Kawasaki ninja. Hal ini membuat Yamaha NMAX menjadi tampak begitu keren. 

Sayangnya belum diketahui mengenai jenis lampu yang digunakan pada motor ini. Tetapi diperkirakan Yamaha NMAX sudah menggunakan lampu jenis LED yang dapat memberikan pencahayaan maksimal mesikipun dalam keadaan yang gelap gunita. 

Tentu anda nantinya akan tetap nyaman berkendara meski di daerah yang tidak ada penerangannya sama sekali.

Desain Tampilan Yamaha NMAX
Desain Tampilan Yamaha NMAX

Di bagian fairing depannya, anda akan menjumpai lampu sein ganda yang membuat tampilan Yamaha NMAX menjadi semakin futuristic dan sporty. 

Beralih ke bagian belakangnya, motor skutik ini memiliki tampilan belakang yang cukup besar seperti halya motor skutik Gedhe pada umumnya. 

Di bagan belakang ini disematkan dua buah lampu sein yang mengiringi lampu stop yang menawan. Lampu ini termasuk cukup terang karena sudah menggunakan lampu tipe LED.

Panel Speedometer Yamaha NMAX

Kini tim GarasiOtoMania akan mulai membahas mengenai tampilan Speedometer Yamaha NMAX. Motor ini memiliki tam pilan speedometer yang cukup menarik. 

Speedometer ini diletakkan pada bagian stang kemudi Yamaha NMAX. Speedometer yang dipasangkan pada Yamah NMAX ini berukuran tidak terlalu besar sehingga sering nampak kurang proporsional. 

Namun, kekurangan ini akan tertutup dengan adanya tampilan speedometer yang Full LCD yang dilengkapi dengan banyak fitur tombol pendukung. 

Speedometer Yamaha NMAX
Speedometer Yamaha NMAX

Speedometer Yamaha NMAX akan memberikan informasi pada pengendara terutama untuk indikator trip meter, indikator lampu utama, lampu sein, indikator mesin dan juga indikator bahan bakar. 

Fitur-fitur ini dirasa sudah cukup mumpuni untuk sebuah motor tipe skuter.

Dimensi Yamaha NMAX yang Besar dan Tangguh

Dari segi dimensi Yamaha NMAX terlihat begitu besar dan tangguh. Terlihat dari ukurannya ini, Yamaha NMAX sepertinya akan lebih handal dibandingkan saingannya yaitu Honda PCX 150. Ukuran nyata dari Yamaha NMAX adalah 1966 mm x 740 mm x 1115 mm. 

Ukuran ini sedikit lebih besar dari saingannya Honda PCX 150. Tentu saja dengan ukurannya yang lebih besar ini, Yamaha NMAX juga memiliki bobot yang lebih berat yaitu mencapai 127 kg. 

Ukuran dimensi ini memberikan kemantapan pada Yamaha NMAX terutama untuk melakukan perjalanan jauh seperti touring.

Tetapi ternyata walaupun Yamah NMAX memiliki ukuran yang lebih besar dari Honda PCX 150 namun Yamaha NMAX 150 ternyata memiliki bobot yang lebih ringan 3 kg dibandingkan saingannya itu.

Dimensi Yamaha NMAX
Dimensi Yamaha NMAX

Kapasitas penampungna bahan bakar dari Yamah NMAX juga lebih unggul dibandingkan dengan Honda PCX 150 yaitu mampu mebawa bahan bakar hingga mencapai 6.8 liter sedangkan untuk Honda PCX hanya mampu membawa bahan bakar sebanyak 5.9 liter saja. 

Desain ini sepertinya memang sudah dirancang untuk digunakan menempuh jarak yang lebih jauh.

Untuk ukuran bagasinya Yamaha NMAX juga memiliki kapasitas yang lebih besar, apalagi didukung oleh dimensi keseluruhan yang cukup besar. 

Dengan demikian pengendara akan bisa membawa lebih banyak barang pada bagasinya.

Kaki-Kaki Yamaha NMAX yang Tangguh dan Besar

Pada bagian kaki-kakinya, Yamaha NMAX menggunakan jenis rangka underbone yang pastinya akan lebih ringan jika dibandingkan dengan tipe rangka PCX 150 yang menggunakan backbone. 

Lalu untuk ukurannya sendiri kaki-kaki Yamaha NMAX cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan kaki-kaki para rivalnya.  

Keadaan ini membuat Yamah NMAX menjadi lebih stabil saat digunakan untuk berkendara.

Ukuran ban yang digunakan pada bagian depan mencapai 110/70 sedangkan untuk bagian belakangnya berukuran 130/70, sementara itu untuk velg yang dipakai memiliki ukuran 13 inchi. 

Ukuran velg ini berbeda dengan motor-motor tipe skutik lainnya yang biasanya menggunakan tipe velg dengan ukuran 14 inchi. 

Perbedaan ini bisa saja menakibatkan pemiliknya akan merasa kesulitan dalam menggan ban yang digunakan.
Roda Yamaha NMAX
Roda Yamaha NMAX

Suspensi yang dipakai pada motor Yamaha NMAX juga lebih unggul jika dibandingkan dengan suspensi yang dimiliki oleh para rivalnya. 

Untuk suspensi bagian belakang Yamaha NMAX menggunakan suspensi tipe Unit Swing, sedangkan untuk bagian depannya digunakan suspensi tipe teleskopik.

Keunggulan pada bagian kaki ini kemudian semakin dimantapkan dengan digunakannya fitur pengereman tangguh yaitu single disc brake pada kedua rodanya. 

Hal ini menjadi salah satu keunggulan dari Yamah NMAX mengingat para pesaingnya masih menggunakan tipe pengereman tromol pada bagian belakangnya. 

Sistem pengereman Yamaha NMAX juga dilengkapi teknologi ABS yang akan mencegah terkuncinya ban saat dilakukan pengereman mendadak.

Mesin Yamaha NMAX yang Bertenaga

Spesifikasi dari Yamah NMAX ini sepertinya memang dirancang untuk bisa menalahkan pesaingnya Honda PCX. Yamaha NMAX menggunakna mesin tipe SOHC 4 stroke yang memiliki kubikasi lebih besar yaitu mencapai 155 cc. 

Sedngkan untuk kommpresi mesinnya Yamaha NMAX memiliki perbandingan kompresi 10.5 : 1 yang menjadikannya memiliki tenaga lebih besar dibangingkan para pesaingnya. 

Dengan spesifikasi mesin yang diusungnya ini Yamaha NMAX mempu menghasilkan tenaga hingga mencapai 14.8 tenaga kuda di putaran ke 8000 rpm. 

Sedangkan untuk torsi maksimumnya bisa mencapai 14.4 Nm di putaran 6000 rpm. Hal ini membuat Yamaha NMAX menang tanding dengan Honda PCX yang memiliki spesfikasi sedikit di bawahnya yaitu dengan tenaga 13.1 Hp di putaran 8500 rpm dan memiliki torsi maksimum 13.1 Nm diputaran 5500 rpm.

Didukung dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan Honda PCX 150, membuat Yamaha NMAX menjadi memiliki Power to Weight Ratio yang lebih besar dibandingkan dengan pesaingnya yaitu di angka 0.0874 kW/Kg sedangkan untuk Honda PCX hanya 0.0749 kW/Kg. 

Selanjutnya utnuk sistem transmisinya, Yamaha NMAX menggunakan sistem transmisi otomatis jenis V-Belt yang diyakini akan menghasilkan kecepatan maksimal. 

Yamaha NMAX ini juga telah dilengkapi teknologi Blue Core yang akan menjadi salah satu keungguland dari Yamaha NMAX.

Fitur ABS pada Yamaha NMAX 150

Yamaha NMAX memiliki banyak fitur penunjang yang memang sengaja disematkan pada motor ini untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan dari pengendaranya. 

Salah satu fitur penunjang yang akan memberikan keamanan lebih bagi penumpnagnya adalah fitur Anti Lock Brake System (ABS) fitur ini disematkan pada sistem pengereman depan dan belakangnya. 

 Fitru ABS akan mengurangi risiko kecelakaan karena akan mencegah terjadinya ban slip saat motor direm secara mendadak.

Fitur yang selanjutnya adalah fitur Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi VVA merupakan hasil kerjasama antara Yamaha dnegan perusahaan besar yang bekerja dalam bidang permobilan yaitu Toyota Motor Corporation. 

Teknologi ini sendiri bisa disandingkan dengan teknologi VVT-I yang biasanya disemetkan pada mobil. 

Teknologi VVA diklain akan mampu meningkatkan efesiensi dari mesin yang digunakan dan juga meningkatkan kemampuan mesin serta lebih ramah lingkungan. 

Teknologi VVA ini kemudian juga diintegrasikan dengan fitur Blue Core yang membuat tarikan Yamaha NMAX menjadi semakin nyaman dan aman untuk dikendarai.

Selain itu Yamaha NMAX juga menggunakan rangka yang ringan namun tetap kuat. Tentunya dengan tipe rangka seperti ini akan membuat Yamaha NMAX menjadi lebih responsive saat digunakan. 

Di bagian speedometer sendiri, ditambahi fitur MID yang akan membuat speedometernya semakin berguna. 

Lalu dengan ukuran velg 13 inchi yang berbeda dengan motor-motor skutik pada umumnya, membuat Yamaha NMAX menjadi lebih mudah untuk dikendalikan.

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha NMAX

Pada bagian ini akan kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Yamaha NMAX. Kelebihan dan kekurangan ini kami simpulkan dari uraian yang sudah dijelaskan sebelumnya. Nah untuk kelebihan dan kekurangan Yamaha NMAX adalah sebagai berikut ini.

Kelebihan Yamaha NMAX

  1. Memiliki tampilan yang modern dan Stylish
  2. Memiliki harga yang lebih murah dibandingkan pesaingnya
  3. Menggunakan lampu tipe LED yang sangat terang
  4. Memiliki kapasitas bagasi yang Besar
  5. Memiliki kapasitas penampuangan bahab bakar lebih banyak

Kekurangan Yamaha NMAX

  1. Karena memiliki body yang besar maka cenderung cukup berat
  2. Memakan terlalu banyak space jika digunakan di jalan raya
  3. Bagian depan terlihat kurang proporsional
  4. Ukuan velg nyeleneh, dimungkinkan pengguna akan kesulitan dalam mengganti ban

Rangkuman Spesifikasi Yamaha NMAX

Pada bagian ini kami sudah menyiapkan rangkuman Spesifikasi Yamaha NMAX. Rangkuman ini kami peroleh dari uraian sebelumnya, dengan tujuan untuk mempermudah anda dalam mengetahui seluk beluk dari Yamaha NMAX. Berikut rangkumannya. 

Mesin
  • Jenis mesin 4 Stroke, SOHC dengan pendingin cairan
  • Menggunakan silinder tunggal
  • Diameter x Langkah Yamaha NMAX adalah 58,00 mm X 58,7 mm
  • Perbandingan Kompresi Mesin Yamaha NMAX adalah 10,5:1
  • Tenaga Maksimal Yamaha NMAX  11,1 kw/8000 rpm
  • Torsi  maksimal yang dihasilkan14,4 Nm/6000 rpm
  • Tipe Strarter yang digunakan adaldah tipe Electric
  • Menggunakan sistem pelumas basah
  • Daya tampung oli mesin 1,00 liter
  • Sistem penyuplai bahan bakar Fuel Injection
  • Menggunakan kopling kering Sentrifugal otomatis
  • Menggunakan sistem transmisis tipe V - Belt Otomatis
Dimensi
  • Dimensi panjang :1955 mm, lebar : 740 mm dan lebar 1115 mm
  • Bobot Yamaha NMAX adalah 127 kg
  • Jarak Sumbu Roda Yamaha NMAX adalah 1.2350 mm
  • Ground Clearance atau Jarak terendah ke tanah adalah 135 mm
  • Tinggi jok motor yang digunakan adalah 765 mm
  • Kapasitas penampung bahan bakar 6,8 liter
Rangka
  • Menggunakan Ranka tipe Underbone
  • Menggunakan suspesi tipe Teleskopik untuk bagian depan
  • Menggunakan suspensi Unti Swing di bagian belakang
  • Ukuran ban depan  110/70 – 13M/C 48P
  • Ukuran Ban Belakang adalah 130/70 – 13M/C 63P
  • Sistem pengereman bagian depan menggunakan  Single disc brake (ABS)
  • Sistem pengereman bagian belakang menggunakan  Single disc brake (ABS)
Kelistrikan
  • Sistem pengapian yang digunakan adalah Transistor Control Ignition (TCI)
  • Menggunakan Battre tipe YT27V
  • Jenis Busi yang digunakan adalah NGK CPR8EA-9

Review Yamaha NMX

Berikut ini kami juga menyiapkan Review Yamaha NMAX dalam bentuk video, jika anda ingin melihat review yamaha NMAX dalam bentuk video silakan saksikan tayangan berikut ini.

Namun jika anda lebih suka untuk membaca, anda bisa melewati bagian ini. 


Harga Yamaha NMAX 150

Akhirnya sampailah kita pada pembahasan mengenai Harga Motor Yamaha NMAX 150. Tadi kita sudah membahas mengenai spesifikasi yang diusung oleh Yamaha NMAX. 

Tentunya harga dari Yamaha NMAX ini nantinya akan sangat dipengaruhi oleh kelebihan, kekurangan serta spesifikasi yang diusungnya. 

Sehingga rasanya perlu jika Tim GarasiOtoMania memberikan sedikit rangkuman mengenai spesifikasi yang dibawa oleh Yamaha NMAX.

Motor ini tampil dengan begitu elegan dan terkesan begitu futuristik. Membawa desain body yang lebih besar dibandingkan dengan pesaingnya, Yamaha NMAX ini akan memiliki kestabilan yang lebih. 

Selain itu dengan desain besar ini Yamah NMAX 150 juga mengusung ruang penampungan bahan bakar yang lebih banyak.

Dengan demikian motor ini akan sesuai bila diajak untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Yamaha NMAX juga sudah menggunakan lampu tipe LED yang akan memberikan penerangan maksimal saat digunakan berkendara di malam hari. 

Lalu untuk speedometer yang digunakan juga sudah dilengkapi dengan fitur yang cukup komplit. 

Walaupun ukurannya kecil sehingga nampak kurang proposional namun dengan adanya fitur yang disematkan dalam speedometer itu mampu menutup kelemahan ini. 

Lalu sempat tersiar kabar juga bahwa nantinya Harga Motor Yamaha NMAX akan lebih murah jika dibandingkan dengan harga motor pesaingnya yaitu Honda PCX 150. 

Sebenarnya berapakah harga yang dibandrolkan untuk motor ini?

Harga yang dibandrolkan untuk motor Yamaha NMAX di Indonesia sepertinya memliki keterpautan yang lumayan jauh jika dikomparasikan dengan motor Skutik Honda PCX 150. 

Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena motor ini diproduksi di dalam negeri sehingga bisa menekan biaya produksinya. 

Langsung saja untuk Harga Motor Yamaha NMAX 150 versi ABS dihargai mencapai Rp 27,4 juta sedangkan untuk Harga Motor Yamaha NMAX 150 versi non ABS lebih murah yaitu Rp24 juta. 

 Harga Yamaha NMAX Baru

Yamaha NMAX ABSBaru : Rp. 27.900.000
Yamaha NMAX Non-ABS Baru : Rp. 23.500.000,-

Menurut kami harga yang dibandrolkan ini sudah cukup sesuai mengingat banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Yamaha NMAX. 

Perlu menjadi perhatian bagi anda bahwa harga yang kami tampilakan ini masih merupakan harga OTR wilayah Jakarta sehingga akan mengalami sedikit perbedaan jika anda membelinya di daerah lain. Mungkin akan lebih baik jika anda mencoba untuk menyambangi dealer motor Yamaha kesayangan anda untuk mengetahui secara tepatnya Harga Yamaha NMAX 150 ini. 

Harga Yamaha NMAX Bekas

Yamaha N-Max ABS 2015                Harga Rp 25.300.000
Yamaha N-Max ABS 2016                Harga Rp 26.300.000
Yamaha N-Max Non ABS 2015        Harga Rp 22.100.000
Yamaha N-Max Non ABS 2016        Harga Rp 21.100.000 

Memang untuk memboyong motor ini anda memerlukan biaya yang luamayan mahal, tetapi dengan berbagai spesifikasi dan kelebihan yang diusungnya harga ini memang sudah pantas untuk Yamaha NMAX. 

Sehingga saat ini anda hanya perlu menyiapkan budget yang sesuai untuk membeli motor skutik premium ini.

Yamaha sendiri menaruh harapan yang besar agar motor ini bisa meraih kesuksesan seperti halya produk-produk Yamaha lainnya.

Yamah NMAX dihadirkan sebagai calon pesaing kuat dari Honda PCX 150. Sebelumnya sudah diuraikan bahwa Yamaha NMAX memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan Honda PCX namun perbedaan yang paling mendasar sebenarnya terletak pada proses produksinya, Untuk Honda PCX 150 dibuat secara Completely Built Up (CBU) sedangkan untuk motor Yamah NMAX diproduksi di Indonesia.

 Dengan demikian logis jika perbedaan harga di antara keduanya bisa sangat jauh padahal untuk spesifikasinya tidak terpaut jauh.

Walaupun dikerjakan sendiri di Indonesia namun menerut rumor yang beredar kualitas dari Yamaha NMAX juga sangat baik. 

Sehingga kami mungkin akan lebih merekomendasikan Yamaha NMAX jika dibandingkan dengan pesaingnya Honda PCX 150. 

Nah demikian tadi adalah ulasan lengkap kami mengenai Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harga Yamaha NMAX. 

Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda yang membutuhkan. Baca juga arikel kami mengenai motor Honda Beat dan Yamaha R15 serta Yamah YZF R1.

Rahasia dibalik Spesifikasi dan Harga Yamaha NMAX Terbaru 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania