Spesifikasi Kelebihan dan Kelemahan serta Harga Honda CBR 150 Terbaru 2017

Spesifikasi Kelebihan dan Kelemahan serta Harga Honda CBR 150 Terbaru- Honda CBR 150R semakin sering dibicarakan oleh banyak orang. Sejak awal kehadirannya motor ini memang sudah berhasil menyita banyak pasang mata. Motor ini sendiri sebenarnya bisa dikatakan sudah cukup berumur. Pasalnya Hnda CBR 150R pertama kali diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2011 lalau oleh vendor resmi Honda di Indonesia yaitu PT Astra Honda Motor atau PT AHM.

Motor ini sendiri di import langsung dari negara Gajah Putih Tailand, sehingga segala hal yang berkaitan dengan motor ini dilakukan oleh pihak luar. 

Banyak yang mengatakan bahwa dengan dibuatnya motor ini secara keseluruhan oleh pihak luar menjadikannya sebagai motor dengan kualitas yang prima. 

Sayangya kualitas prima ini menjadikan Honda CBR 150R memiliki Harga Motor yang begitu mahal. 

Pantas saja jika walaupun banyak orang yang menginginkan motor besutan Honda ini, namun hanya sedikit saja yang kesampaian untuk merasakan kesportyan dari motor ini.
Penampilan Honda CBR 150R
Penampilan Honda CBR 150R
Beberapa waktu yang lalu Honda kembali membuat gebrakan dengan memperbaruhi Honda CBR 150R nya. 

Hal ini sepertinya dilakukan oleh Honda guna menjawab tantangan yang diajukan oleh Yamaha melalui garapan terbarunya yaitu Yamaha YZF R15. 

Produk terbaru dari Honda yang merupakan rombakan dari CBR 150R membawa nama All New Honda CBR 150R. Jika sebelumnya 

Honda CBR 150R merupakan produk motor sport asli Thailand dan memiliki harga yang tinggi sehingga dianggap kurang kompetitif, sekarang untuk motor All New Honda CBR 150R mulai melibatkan tangan anak bangsa. 
All New CBR 150 R
All New CBR 150 R

Dengan demikian tentunya harga dari Motor Sport terbaru dari Honda ini menjadi lebih terjangkau. 

Setelah menyandang harga baru yang lebih murah tentunya Honda CBR yang sekarang menjadi lebih kompetitif dan bisa bersaing dengan kekuatan penuh dengan para pesaingnya. 

Sedikit tambahan informasi bagi anda adalah bahwa motor ini sebenarnya sangat mirip dengan saudaranya yaitu CBR 250 R seing juga yang mengatakan bahwa tampilan dari Honda CBR 150R ini mirip dengan motor Supersport milik honda yaitu CBR 1000 RR.

Karena sudah mendapatkan sentuhan dari tangan para anak bangsa, maka tentunya terdapat perbedaan diantara CBR 150R buatan asli Thailand dengan yang telah digarap oleh orang Indonesia. Perbedaan ini nampak cukup jelas. 

Kali ini kami akan melakukan pembahasan mengenai hal ini. Berikut telah kami rangkum part-part yang berbeda dari motor ini.

Perbedaan Ukuran Body

Perbedaan ukuran body Honda CBR 150R lokal dan hasil besutan Thailand terletak pada ukuran panjang lebar serta tingginya. 

Untuk CBR lokal menang soal ukuran panjag dan lebarnya sedangkan untuk buatan Thailand ukurannya lebih tinggi. 

Ukuran CBR 150R lokal adalah dengan panjang  1995 mili meter dengan lebar 711 mili meter dan tinggi 1117 milimeter sedangkan untuk CBR 150R karya Thailand memiliki panjagn 1977 lebar 695 mili meter dan memiliki tinggi mencapai 1130 mili meter.

Lampu depan atau Headlamp

Perbedaan mencolok terlihat pada tampilan lampu depan CBR ini. Pada versi buatan Thailand Honda CBR 150R menggunakan tipe lampu tunggal yang berukuran besar (Single Lamp) sedangkan untuk CBR versi lokal menggunakan tipe lambu ganda (dual lamp). 

Karena dari segi jumlah saja sudah berbeda tentunya ukuran wat yang digunakan pun berbeda. Pada versi lokal karena menggunakan lampu ganda tentu menggunakan ukuran waat lamp yang lebih kecil yaitu 35 watt. 

Sedangkan untuk lampu pada versi thailand yang hanya satu digunakan ukuran lebih besar yaitu mencapai 60 watt atau 55 watt. 

Nah setelah digunakan terlihat versi lokal ternyata memiliki kualitas penerangan yang lebih baik, tentunya karena versi lokal menggunakan lampu ganda walaupun untuk ukuran wattnya memang lebih kecil.

Fairing Yang Digunakan

Pada bagian fairing kedua motor yang sangat dekat ini ternyata juga memiliki perbedaan. Honda CBR 150R lokal cenderung memiliki ukuran fairing yang lebih besar. 

Besar dari Fairing ini kurang lebih hampir menyerupai Fairing Honda CBR 250R. 

Sedangkan untuk fairing Honda CBR 150R karya Thailand justru memiliki ukuran fairing yang justru lebih kecil.

Perbedaan Frame Kerangka

Perbedaan tempat pembuatan ini ternyata juga mempengaruhi pemilihan tipe frame yang digunakan. Pada HOnda CBR versi Thailand kita akan mendapati pemakaian frame tipe Twin Tube sedangkan untuk Motor CBR 150R versi lokal justru menggunakan frame tipe Trellis atau rangka teralis. 

Dari segi penampilan kita tidak bisa berbohong jika penampilan CBR versi Thailand ini lebih unggul dibandingkan dengan versi lokalnya. 

Karena dengan pemakaian Frame tipe Tube menjadikan Honda CBR ini nampak semakin gagah dan sporty.

Perbedaan Tenaga Mesin yang Digunakan

Pada segi performa mesin, ternyata juga terdapat perbedaan antara dua motor sama namun beda ini. 

Sebenarnya kedua motor ini sama-samaa menggunakan mesin tipe DOHC dengan sebuah silinder yang memiliki kapasitas mencapai 149.5 tetapi ternyata tenaga yang dihasilkan oleh keduanya berbeda. 

Berdasarkan spesifikasi mesin yang tertulis dalam pemasaran kedua motor ini disebutkan bahwa MOtor CBR 150 versi Thailan mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 13.11 kW atau 17.8 Ps untuk setiap 10500 RPM dan mampu menghasilkan torsi maksimal mencapai 12.66 Nm atau pada satuan lain adalah 1.29  kgf.m untuk setiap mencapai 8500 rpm. 

Lalu pada HOnda CBR versi lokal tertulis bahwa mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 12.6 kW atau 17.1 Ps pada putaran 10500 rpm, sedangkan torsi yang dihasilkan mampu mencapai 13 Nm atau 1.32 kgf.m untuk setiap putaran mencapai 7500 rpm. 

Jika kita pandang dari spesifikasi tenaga mesin yang tertulis ini maka tentu kualitas dari mesin Honda CBR versi Thailan lebih tinggi. 

Tetapi hasil berbeda diperoleh saat test dilakukan oleh AHM. 

Hasil yang ditunjukkan test itu justru berbeda. CBR lokal terbukti memiliki performa mesin yang lebih baik dibandingkan dengan CBR versi Thailannya. 

Hasil test itu juga menunjukkan bahwa Honda CBR versi lokal mempu mencapai kecepatan maksimal hingga 131 km/jam sedangakn untuk versi Thailannya hanya mampu mengcapai 130 km/jam. 

Memang perbedaan ini tidak terlalu signigikan tetapi tentu saja hasil test ini bisa merubah mindset kita mengenai produk dalam negeri.

Perbedaan Penampilan Knalpot

Dari segi desain knalpot juga terdapat perbedaan penampilan andara CBR versi Thailand dan CBR versi lokal. Tampilan knalpot motor CB versi thailan bisa digambarkan seperti knalpot milik motor gedhe alias moge. 

Bentuknya memendek dan besar serta dibuat cenderung menghadap ke atas. Sedangkan pada motor Honda CBR versi lokal digunakan desain knalpot yang cenderung memanjang dengan tampilan yang lebih standar.

Dari segi penampilan jelas CBR versi thailan menang banyak tetapi jika dilihat dari keramahan lingkungan sebagai pembuangan gas emisi, knalpot versi lokal jauh lebih unggul karena sudah memiliki sensor oksigen dan EURO 3.

Perbedaan Suspesi Bagian Belakang

Sebenarnya kedua motor ini memiliki tipe suspensi belakang yang sama yaitu sama-sama menggunakan suspensi tipe monoshock, tetapi ternyata tetap terdapat perbedaan pada teknologi yang digunakan. 

Jika ditanyakana manakah yang lebih bagus kualitasnya maka kami akan memberikan poin yang lebih tinggi untuk suspensi pada CBR versi lokal. 

Hal ini dikarenakan pada CBR versi lokal terdapat sistem Pro-Link yang biasanya hanya di pasangkan pada motor-motor honda kelas atas saja. 

Sedangkan untuk CBR versi thailand hanya menggunakan sistem suspensi monoshock standar saja.

Perbedaan Pada Regulator Rectifier

Bagian regulator rectifier merupakan salah satu komponen yang membedakan antara CBR 150R versi lokal dan CBR 150R versi Thailand. 

Tambahan informasi bahwa regulator rectifier merupakan alah bagian dari sepeda motor yang memiliki fungsi berkaitan dengan sistem kelistrikan pada motor itu. 

Perbedaan ini terlihat jelas pada penampilan bentuk dari regulator recfifier yang dimiliki keduanya. Pada versi lokal VBR 150R mengusung tampilan dengan bentuk menyerupai segi enam sedangkan CBR 150 R versi Thailang menggunakan tampilan berbentuk kotak. 

Bagi anda yang jarang bersentuhan langsung dengan bagian-bagian motor tentu bagian ini terdengar begitu asing tetapi pada intinya benda ini merupakan salah satu pembeda di antara kedua motor ini.

Perbedaan Pada Sistem Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump)

Perbedaan selanjutnya yang dimiliki oleh kedua motor ini terletak pada bagian pompa bahan bakar yang dimilikinya. 

Memang sebenarnya dari segi penampilan pompa bahan bakar ini tidak begitu nampak mengingat posisinya yang berada di bagian dalam, tetapi hal ini tentu sangat membedakan keduanya dari segi pemakaian bahan bakar. 

Nah pernedaanya adalah peletakan penyaringan bahan bakar. Pada CBR versi lokal peletakan penyaringan bahan bakarnya berada di bagian dalam sedangakn untuk CBR versi Thailand filter ini diletakkan pada bagian luar.

Teknologi Bank Angle Sensor

Perbedaan antara kedua motor ini juga sampai pada teknologi Bank Angle Sensor yang disematkan pada bagian dalamnya. Tahukah anda apakah itu Fitur Bank Angle Sensor? 

Secra gampangnya fitur Bank Angle Sensor merupakan fitur yang dapat mematikan atau menghentikan aliran bahan bakar saat motor terjatuh. 

Dengan dihentikannya pasokan bahan bakar ini tentunya mesin secara otomatis juga ikut mati. 

Ini juga yang menyebabkan kenapa anda pastinya akan merasa kesulitan untuk menghidupkan sebuah motor injeksi yang baru saja mengalami kecelakaan. 

Dalam kasus itu jelas lah fitur ini memegang peranan yang sangat penting, terutama untuk mencegah terjadinya kebakaran motor saat terjadinya kecelakaan. 

Nah perbedaan antara keduanya sebenarnya terletak pada penggunaan jumlah kabelnya. 

Untuk CBR versi lokal digunakan dua kabel yang diletakkan pada bagian sasis tubularnya sedangakn untuk CBR versi Thailand menggunakan 3 buah kabel yang diposisikan pada bagian tebeng depan motornya.

Honda CBR Terbaru
Honda CBR Terbaru

Demikian tadi uraian kami mengenai perbedaan antara Mtor CBR 150R buatan Thailand dan motor CBR 150 R versi lokal. 

Keduanya sebenarnya memiliki penampilan yang begitu mirip dan hanya pada hal-hal yang telah kammi sebutkna itulah perbedaan yang paling mencolok. 

Bahakan jika secara spintas mungkin saja anda akan salah dalam membedakan keduanya. Tentunya ini dikarenakan kemiripannya seperti pemakaaian speedometer tipe digital analog yang sama. 

Terdpata pula pemakaian rem cakram tunggal pada masing-masing rodanya dan juga digunakan ban tipe tubles untuk bagian depan dengan ukuran 100/80 -17 M/C 52 P dan untuk bagian belakangnya digunakan ukuran 130/70 -17 M 62 P. 

Kemudian untuk All New CBR 150 R yang merupakan hasil buatatan lokal, dihadirkan dengan tiga pilihan warna untuk versi standarnya dan juga memiliki 1 pilihan warna saja untuk tipe spesial editionnya. 

Ketiga warna ini adalah Champion Red yang didominasi oleh warna merah, Tree Colors yang merupakan perpaduan antara tiga warna merah putih dan juga biru kemudian warna Speedy Black yang didominasi warna hitam. Sedangkan untuk versi spesialnya nya menggunakan tipe warna repsol.

Setelah membahas mengenai perbedaan di antara keduanya dan sedikit menyinggung masalah fiturnya yang sama, kami akan melanjutkan pada pembahasan mengenai kekurangan atau kelemahan dari motor All New Honda CBR 150R versi local. 

Karena bagaimanapun tidak mungkin jika sebuah motor memiliki banyak keunggulan tanpa kekurangan sedikitpun.

Kekurangan Honda CBR 150R diantaranya :

  1. Masih menggunakan kerangka Tralis yang las-lasannya terkesan kurang rapi
  2. Pada bagian mesin terdapat bagian yang berlubang, hal ini mengakibatkan kesan janggal.
  3. Di bandingkan dengan versi Thailand materi plastik yang digunakan kalah bagus.
  4. Belum memiliki Pass Beam dan juga Engine Cut Off
  5. Masih menggunakan Swing Arm model biasa belum seperti saingannya Yamaha R15 yang telah menggunakan Banan Swing Arm

Baca juga : Spesifikasi dan Harga terbaru Yamaha R15

Spesifikasi Honda CBR 150 R

Dimensi Honda CBR 150

  • Memiliki panjang mencapai 1995 milimeter
  • Memiliki Lebar mencapai 711 mili meter
  • Memiliki tinggi mencapai 1117 mili meter
  • Jarak Sumbu Roda Honda CBR 150 R adalah 1296 mili meter
  • Ground Clearance Honda CBR 150R mencapai 160 mm
  • Berat motor kosong adalah 143 kgKapasitas tangki bahan bakar Honda CBR 150 R mencapai 13.2 Liter

Rangka Honda CBR 150R

  • Ban belakang berukuran 130/70 - 17 M/ C 62 P sedangkan untuk ban depan menggunakan ukuran 100/80 - 17M 52 P. Kedua ban ini merupakan ban tubless
  • Memakai rem cakram hidrolik pada bagian depan dan belakang roda hanya saja untuk bagian depan menggunakan tipe piston ganda sedangakn di bagian belakang menggunakan satu piston saja.
  • Rangka yagn diusung masih berupa Diamond Truss Frame
  • Suspensi pada baian depan digunakan jenis Teleskopik sedangkan untuk bagian belakang menggunakan jenis suspensi monosok dengan teknologi Pro Link.

Mesih Honda CBR 150 R

  • Mesin motor yang digunakan oleh CBR 150R memiliki kapasitas mencapai 149.5 CM3 tipe DOHC 4 tak dan memiliki 4 katub silinder dengan sistem pendingin berupa cairan. 
  • Untuk urusan Diameter x langkah CBR 150 memiliki ukuran 63.5 mm x 47.2 mm
  • Perbagingan kompresi mesin Honda CBR 150 R adalah 11: 1
  • Tenaga maksimum dari mesin Honda CBR 150 R adalah 12.6 kW atau 17.1 untuk setiap 10500 rpmnya. Lalu torsi maksimumnya mencapai 13 NM atau 1.32 kgf.m untuk setiap 7500 rpm nya.
  • Kapasitas pelumas minyak pada Honda CBR 150 R adalah 1 liter untuk setiap perdantiannya.
  • Sistem transmisi Honda CBR 150 R menggunakan 6 speed dengan pola  [1-n-2-3-4-5-6]
  • Menggunakan mono starter
  • Kopling Honda CBR 150 R adalah tipe manual dan menggunakan wet multilate coil spring

Sistem Kelistrikan Honda CBR 150 R

  • Pengapian Honda CBR 150 R menggunakan sistem full transistarized
  • Menggunakan tipe batteray MF 12V- 5.0 Ah
  • Menggunakan tipe busi NGK CPR(E-9 atau ND U27EPR 9

Harga Terbaru Honda CBR 150 R

Honda CBR 150 R Standar Rp 29.900.000
Honda CBR 150 R Repsol Edition Rp 30.500.000

Baca juga ulasan kami tentang : Spesifikasi dan Harga Honda Supra GTR 150 cc


Spesifikasi Kelebihan dan Kelemahan serta Harga Honda CBR 150 Terbaru 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania